Pilih Mana: Bikin Sekolah Favorit atau Pendidikan Merata? (Ft. SMSG)

robertino

42 thoughts on “Pilih Mana: Bikin Sekolah Favorit atau Pendidikan Merata? (Ft. SMSG)”

  1. Sekolah merata emang bagus, adil gitu ya, tapi kan zonasi ini sistem nya pake jarak rumah sama umur, nah itu yang salah, karna ada orang yg masuk SD nya pas 5 tahun atau 6 tahun, yg dimana dianggap lebih muda dibanding siswa yang lain, mungkin kata orang sekarang "yaudah kan bisa jalur prestasi" gak segampang itu, jalur prestasi tu sekarang klo ada lomba doang, bayangin klo ada anak yg gak pernah tau ada lomba di sekitar nya sedangkan nilai raport nya bagus tapi ternyata nilai raport itu gak sepenting itu, kan kesian.

    Reply
  2. Lebih baik di hapusnya sistem sekolah favorit dan ganti jadi sistem sekolah lokal, semua siswa bisa masuk di sekolaj yang mereka inginkan tanpa mandang akademik, tapi problemnya kapasitas sekolah negeri indoensia masih sedikit

    Reply
  3. Klo saya pribadi sih mnding sekolah favorit….. Krna ya emng ngrasa sndri sih, bnyak murid yg ga pngen belajar (bandel/nakal),,, yg bsa brpengaruh sma siswa2 yg lain…… Mnding murid2 yg ga mw blajar (bandel/nakal) d'kumpulin d'1 t4 lgi d'gurui sma org yg mmang brkompeten, dri pda hrus d'campur……

    Itu sih mnrut saya….. 🤭🤭

    Reply
  4. Kalo ada zonasi ya gak usah ada SNMPTN lah, orang kebanyakan yang dapet anak2 SMA favorit di kota-kota. Ibarat yang pinter gak bisa ke kota krn zonasi, trus ikut SNMPTN, ya tetep kalah dilihat dri akreditasi sekolah sama history kakel.

    Reply
  5. Pemerintah Indonesia
    Jangan main seenaknya nyamain Sistem Zonasi di Jepang
    Karena Sekolah Di Jepang tuh emang Adil gitu semuanya bagus dan tambah lagi Jepang dah terbiasa
    Dan Zonasi Indonesia kenapa bikin ribut karena sekolah Indonesia kurang adil ada yang bagus ada yang kurang dan tambah lagi Indonesia dah tebiasa ama sekolah favorit jadi wajar aja kalo belum terbiasa

    Reply
  6. Sekolah di jawa : guru profesional, fasilitas bagus, kegiatan sekolah (ekstrakulikuker/seminar/dll) bagus, akses (jarak) terjangkau, banyak chanel (universitas favorit) lulusannya tentu sebagian besar pun bagus. Sekolah luar jawa : guru terbatas, fasilitas terbatas, ekstrakulikuler terbatas, channel (universitas) sedikit, butuh berjam jam sampai ke sekolah. Kenapa ya bisa gitu?

    Reply
  7. Menurut saya, pendidikan merata itu sangat lah penting, karena di daerah saya (HULU SUNGAI TENGAH, KALIMANTAN SELATAN) ada sekolah yang tidak ada muridnya, kalau di Indonesia memilih pendidikan merata, diiringi juga dengan fasilitas yang memadai seperti laboratorium, perpustakaan, dll.

    Gurunya juga memberikan motivasi kepada peserta didiknya

    Sekian dari saya

    Reply
  8. Dulu aku sekolah di sma favorit, 4 tahun kemudian adekku sekolah di sma itu, tapi udah pake sistem zonasi, dan ada satu hal yang aku ga tolerir, yaitu banyak banget anak2 yg moralnya anjlok. Dulu aku gapernah nemu ABK (anak berkebutuhan khusus) dibully di sma itu, tapi dari cerita adekku ada ABK yang dibully psikis maupun fisik. Menurutku lingkungan dimana kita ditempatkan jadi peran besar dalam pembentukan karakter dan sistem zonasi kurang mendukung pembentukan karakter yang lebih baik sih karna aku percaya orang yang menghargai pendidikan persentase 'orang baik'nya lebih besar daripada yang semata2 melihat bahwa sekolah itu hanya kewajiban belaka.

    Reply
  9. Enak nya pendidikan merata, itu anak anak yg nem nya kurang gara gara emang GK pinter salah satu dari 4 mata pelajaran nya bisa masuk negri otak nya pun bisa berkembang, tapi jelek nya banyak anak anak bangsat yg masuk dan siswa pintar GK jadi masuk sekolah bagus

    Reply
  10. menurut kami, sebaiknya diratakan dulu kualitas sekolahnya, termasuk tenaga pengajar dan fasilitas-fasilitasnya.
    dengan meratanya semua itu, para orang tua dan calon siswa akan diberi lebih banyak pilihan, karena memang tidak ada "sekolah favorit"

    Reply
  11. terimakasih pak mentri nadiem makarim atas KEMERDEKAAN BELAJAR ^^ walau ada yg bilang semua ilmu itu berguna…. tapi saya tdk suka belajar penggolongan hewan2 apalagi bahasa Jepang padahal ingin memperdalam masalah kewirausahaan…. bagi guru2 mata pelajaran/kuliah yg tidak favorit tdk banyak peminatnya jangan berkecil hati kalian tetap digaji kok…. dan gausah maksa2 anak masuk kelas IPA lah IPS lah BAHASA lah…. krn kita sudah MERDEKA BELAJAR…. sayang gw udah lulus 7 tahun lalu :'( sad

    Reply
  12. Open mind miinn..

    Td nya saya suudzon dgn zonasi ..
    Ingin rasanya prasangka baik tp blum menemukan penjelasan..

    Lewat video Disini saya menemukan prasangka baik

    Terima kasih min….
    Terima kasih pemerintah…
    Semoga kebaikan tercurah untuk mu pemerintah Indonesia …

    Reply
  13. Afmosfer bumi kok bisa tercipta ya, min? Sehingga ada oksigen di permukaannya dan oksigen tsb. dijebak oleh atmosfer supaya nggak menguap ke luar angkasa. Beda kayak *mars (misalnya)

    Reply
  14. Kalo mau merata gitu, benar, gurunya harus berkualitas, begitu juga dengan fasilitasnya.

    Karna ada guru" sekarang yg cuman ngasih ngasih tugas banyak, udah itu g diperiksa. Bahkan ada yg masuk doang, bentar gatau kemana. Ada beberapa guru yang tidak melakukannya dengan baik.

    Ketimbang ngasih" tugas trus ga diperiksa, kenapa tidak coba membuat siswa kreatif?

    Reply

Leave a Comment