Penyakit Mematikan yang Tidak Terasa Sakit

robertino



Inget ga, punya kenangan menyakitkan apa aja dari kecil sampe remaja? Pernah jatoh dari sepeda, atau kesakitan waktu abis …

Inget ga, punya kenangan menyakitkan apa aja dari kecil sampe remaja? Pernah jatoh dari sepeda, atau kesakitan waktu abis cabut gigi? Oke, itu emang gak enak. Tapi, temuin orang ini. Dari lahir, dia ngejalanin hidup yang… gak biasa. Waktu gigi susunya baru tumbuh, dia hampir gigit lidahnya sampe putus. Dia pernah masukin tangannya ke air mendidih, digigit ratusan semut api, sampe lari-lari dengan kaki yang patah! Ya, dengernya aja udah merinding. Tapi dia ngejalanin semua itu karena kondisi unik yang bikin dirinya… gak bisa ngerasain sakit. Penyakit langka ini dikenal dengan tiga huruf. Saking langkanya, waktu perempuan tadi dibawa berobat, para dokter sempet ngira dialah satu-satunya yang punya kondisi ini di dunia. Tapi setelah ilmuwan-ilmuwan neliti lebih lanjut, kelangkaan penyakit ini diduga karena, penderitanya bisa meninggal di usia muda. Ya, karena simpelnya, rasa sakit itu kayak alarm yang ngingetin kita dari bahaya. Akibat gak sadar bahaya, ujung-ujungnya banyak pengidapnya yang meninggal, atau nyelakain diri dan berujung jadi difabel. Simpelnya banget, di dalam tubuh kita, ada sinyal yang harus dialirin ke otak, supaya kita bisa ngerasain sakit. Bayangin ini kayak kurir ngirim paket. Kalau di tengah jalan kenapa-napa, paketnya nggak akan sampai ke rumah. Dan inilah juga yang terjadi sama mereka — sinyal sakitnya itu gak sampe ke otak. Makanya sejauh ini, tersangkanya adalah mutasi genetik. Ada gen ini yang bikin sinyal sakit itu gak bisa sampe kayak si kurir paket tadi. Dan ada juga gen ini, yang seakan bisa matiin atau hidupin rasa sakit kayak saklar lampu. Dan gak berhenti di sini, masih ada juga yang lebih parah. Beberapa orang bukan gak cuma ngerasain sakit, tapi juga suhu. Mereka gak bisa keringetan. Padahal keringat punya tugas tremendous penting menjaga suhu tubuh kita. Ya, biar tetep adem. Karena, kalo komputer kepanasan aja bisa nge-hang, tubuh manusia yang kepanasan juga bisa kejang-kejang. Jadiii, adakah solusi untuk mereka? Sedihnya, sampe sekarang penyakit ini belum ada obatnya. Yang bisa dilakuin adalah hidup seaman mungkin dan terus-menerus cek kondisi badan — apakah ada luka, memar, atau penyakit di dalam tubuh. Tapi, di balik kengerian yang mereka alami, mereka bisa jadi sosok penting di dunia pengobatan. Ya, dengan teknologi sekarang, peneliti jadi bisa ngutak-ngatik gen manusia. Mungkin aja di masa depan, gen anti sakit ini bisa diterapin ke pasien-pasien yang sehari-harinya hidup dengan rasa sakit yang menusuk. Pada akhirnya, kita tau meski rasa sakit itu ngebawa derita, tanpanya kita justru jadi celaka. Kalau tiap hari kita keluhin, di luar sana justru ada segelintir orang yang berharap bisa ngerasain sakit. Ya, kadang, hidup memang sebercanda itu. Dan seperti biasa, terima kasih.

35 thoughts on “Penyakit Mematikan yang Tidak Terasa Sakit”

  1. trauma ku adalah…..kuku kaki ku lepas.dan sampe sekarang masih sakit.padahal itu 2 tahun lalu.cerita nya waktu itu aku ngaji terus aku kan bosen main ayunan doang.jadi aku main jungkat-jungkit eh tau-taunya aku ketemu temen tk aku.mereka ber empat,satunya bukan temen aku.1.Gibran(bisa dipnggil,Abon)2.azam(bisa di panggil zam)3.bilal(bisa di panggil lal).trs aku sm temen aku syeril(bisa di panggil syer)naik tuh,yg cowok-cowok yg ngayunin.karna mereka ngayunin nya kuat bgt,jadi aku kyk lompat dikit-dikit gitu.nah trs waktu aku lompat,sendal aku kelepas.disini kuku aku lepas.soal nya SENDAL aku masuk ke selah-selah jungkat-jungkit.waktu aku mw ambil,mereka KENCENG bgt ngayunin nya.trs kuku kaki kelingking aku kejepit.nah kan aku nangis tuh,aku di bawa ke kantor.soalnya UKS kami lagi di renov.di bersihin lah ya ditaruh obat segala macam pokoknya.trs waktu aku di jemput aku di bawa ke puskesmas.kata org nya kuku kaki ak lepas.jadi mama papa aku langsung ke apotik beli alkohol,plester,minyak but-but,kapas,& betadin.dirumah aku diobatin dan……………………………………………………………TaMaT.sampe sekarang masih berdarah dikit-dikit.

    Reply

Leave a Comment