Apa Jadinya Jika Tidak Ada Hutan di Dunia? #cegahkarhutla #byebyekarhutla

robertino



Dari kecil, kita selalu denger hutan dinamain “paru-paru dunia”. Dan selain buat napas, hutan juga jadi rumah buat segala jenis …

Kok-bisa?
Dari kecil kita selalu dengar hutan dinamain paru-paru dunia
selain buat nafas Hutan juga jadi rumah buat segala jenis binatang-binatang lucu dan langka
dan pastinya Enggak cuma itu tapi berbagai hasil dari hutan juga bermanfaat untuk seharian kita
lebih sebenarnya Seberapa penting sih hutan buat kita lalu apa jadinya kalau suatu hari tak ada hutan di dunia ini
Satu hal yang jelas kalau ada hutan Mungkin kita nggak bisa lagi foto-foto cantik diantara pepohonan buat media sosial
udah gitu nggak bisa juga nonton acara TV yang host nya suka nemenin ular di tengah hutan (ciyee)
oke itu baru sebagian kecilnya aja karena nyatanya ini juga bakal ngaruh ke lingkungan dunia
sekitar 80%
binatang dan tumbuh-tumbuhan di daratan bumi
bakalan terancam punah
siklus hujan jadi kacau dan dunia tambah panas air bersih menghilang dan pastinya
nafas kita semua jadi lebih sesak karena hutan ngasilin udara bersih untuk kita bisa bernafas
tapi apakah kita masih bisa bertahan di kondisi kayak begini?
Ngelihat fakta kalau hutan itu nyatanya deket banget sama kehidupan kita maka jawabannya hampir nggak mungkin dan kalau ternyata
bisa pun kehidupan bakal jauh berubah
ya hidup tanpa hutan ibarat ikan tanpa air saking pentingnya hutan ini buat kita semua
bahkan negara enggak punya hutan kayak kataraja bela-belain mau bikin hutannya sendiri
Mungkin kita bisa dibilang beruntung karena Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan yang terbesar di dunia
tapi nyatanya ada juga ancaman tersembunyi yang lebih nunggu kita dari tahun ke tahun hutan di Indonesia terus berkurang
dan bayangin hampir semua kebakaran hutan itu terjadi karena sengaja dibakar dan gambut
dikeringkan sama perusahaan rakus yang pengen membuka lahan 🙁
bagian cuman di tahun 2015 dan 2019 kemarin aja kalau ditotal udah ada hutan dan lahan seluas tujuh pulau
Bali yang kebakar, gila bingits
kebakaran itu bikin jutaan orang sakit pernapasan dan ratusan ribu diantaranya meninggal
sekaligus mengancam hewan-hewan khas daerah Indonesia ini pun jadi ikut lenyap ke bahkan juga menyebabkan kerugian sampai
300 trilyun rupiah
uang yang cukup ngebiayain 100.000 orang pelajar terbaik kita untuk kuliah free of charge di Harvard
Andai kita enggak pernah bakar hutan Mungkin aja Indonesia udah jadi negara maju yang cemerlang
Dan masalah hutan yang makin botak ini enggak cuma di Indonesia di seluruh dunia pun tiap tahunnya ada
15.000.000.000 pohon yang ditebang
kalau penebangan dan pembakaran ini enggak langsung kita ubah
200 tahun lagi semua pohon di bumi bakalan habis gitu aja
Jadi mungkin sekilas kelihatannya masa depan Emang suram tapi sebenernya kita masih punya harapan buat ngejaga hutan
kita mesti gotong-royong buat ngejalanin berbagai solusi untuk nyegah api biar enggak lahap hutan kita lagi
Dengan membeli produk yang berasal dari hutan yang diperoleh dengan cara baik pun kita udah ikut meladeni
dan pastinya yang bisa kita lakuin adalah nyebarin information tentang ini dan bikin banyak orang makin sadar bahaya kebakaran hutan dan lahan
observe media sosial
organisasi-organisasi ini untuk tahu lebih jauh gimana kita bisa ikutan ngejaga hutan sebarin video ini biar kita bisa
berjuang bersama-sama
dan seperti biasa, Terima kasih
Terima kasih sudah nonton Kok bisa, punya pertanyaan lagi? Tulis aja di kolom komentar di bawah
Maintain Asking and Keep Curious!

24 thoughts on “Apa Jadinya Jika Tidak Ada Hutan di Dunia? #cegahkarhutla #byebyekarhutla”

  1. Tempat saya di madiun kawasan hutan sudah beralih fungsi menjadi lahan pertanian dengan kondisi alam yg semakin tidak baik baik saja kenapa pemerintah tidak bertindak demi kenyamanan dan keberlanjutan kehidupan umat manusia

    Reply
  2. Menjaga hutan Peran Pemerintah dalam bentuk sosialisasi dan aparat penegak hukum dalam menindak pelaku penting . Namun sayangnya itu gak begitu bisa berjalan di imdonesia.

    Reply
  3. Nama: sabrina azzahra.M.
    Kelas:72
    Sekolah: SMP kartika XI-3

    Kita harus lebih baik lagi menjaga hutan seperti tidak memotong pepohonan
    Harusnya hukum di Indonesia tegas tentang pembakaran hutan yg di sengaja dengan hukuman matii di depan publik agar efek jera terngiang bagi mereka yg ingin berencana dan mau melakukan pembakaran hutan.

    Reply
  4. Nama: Andriani Oktavia
    Kelas:7.2
    SMP Kartika XI-3
    Jika hutan tidak bisa memberi oksigen dari perubahan karbon menjadi oksigen seharusnya pemerintah lebih fokus untuk melebihkan rebosasi daripada menyuruh stay at home

    Reply
  5. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  6. nama = rani / dwi ayu
    kelas = 7.2
    SMP. = kartika X1-3 Jakarta

    kesimpulan tentang video ini:

    kita harus selalu menjaga hutan, karna hutan adalah sumber kehidupan bagi kita, kalau di dunia tidak ada hutan dunia akan hancur, karna kita juga memerlukan oksigen bersih yang berasal dari hutan. Hutan juga bisa melindungi hewan hewan langka jika hutan tiada, hewan hewan akan punah

    Reply
  7. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  8. Nama:m.rizky rahmadani
    Kalau tidak ada hutan kita akan mengalami siklus hujan jadi kacau dan dunia tambah panas air bersih menghilang dan pastinya nafas kita semua lebih sesak karena hutan ngasilin udara bersih untuk kita bernafas

    Reply
  9. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  10. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  11. Nama: Andriani Oktavia
    Kelas:7.2
    SMP Kartika XI-3
    Tidak boleh membakar/menebang hutan sembarangan untuk dirinya sendiri karena kebakaran hutan mengakibatkan hutan tidak mampu menampung cadangan air disaat musim hujan sehingga mengakibatkan longsor dll

    Reply
  12. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  13. NAMA:iffat Rakha.w
    KELAS:7.2
    SEKOLAH:SMP KARTIKA XI-3 JAKARTA
    KESIMPULAN:udara akan tercemar
    Oksigen yang ada di pohon tidak ada
    Akan menyebabkan banjir dan longsor dan kita juga harus menjaga hutan dengan baik dan benar.

    Reply
  14. kesimpulannya adalah sudah banyak sekali hutan-hutan yg dibakar untuk keuntungan semata-mata karna untuk lahan pabrik dll, mrka tidak memikirkan dampak apa yg kedepannya akan terjadi, hewan-hewan terancam dan banyak orng yg terkena sakit pernafasan dan ada juga yg meninggal dengan kebakaran itu banyak sekali kerugian yg sangat banyak nominalnya. Permasalahan seperti ini tidak hanya di Indonesia tetapi jg ada di negara-negara lain dengan ini kita harus bisa menjaga hutan-hutan yg tersisa dengan membeli produk yg terbuat dengan hutan dengan cara yg baik sudah bisa membantu

    Syaqilla Mesya Putri
    SMP KARTIKA X1-3
    kelas:7.2

    Reply
  15. Nama:Mutiara lathaaif ziqrillah (7.2)
    Sekolah: SMP Kartika XI-3 Jakarta
    Jika kita tidak melestarikan hutan akibatnya adalah kualitas oksigen akan menurun. Semakin maraknya penebangan liar akan membuat hutan semakin gundul, hal ini tentu akan menjadi pemici terjadinya banjir besar dan juga banjir bandang. karena sedikitnya pohon yang terdapat dihutan tidak akan mampu menyerap air hujan.

    Reply

Leave a Comment