Seberapa Bobrok Indonesia Gara-gara Korupsi?

robertino



Bakso lovers, siap-siap besok bakal ada debat capres! Ini video yang musti kamu tonton buat siap-siap nonton debat besok!

Imbarat mahasiswa pemerintah dalam menjalanin tugas negaranya juga dapat nilai IPK dan yang paling gampang yang tebak, Ehm… Nilai-nilai sering jebluk bagi negara kita Indonesia. Bahkan dipemilu nanti nyata masih banyak para mantan, bukan-bukan mantan yang itu tapi mantan yang koruptor yang bisa tetap jadi calon lagi diminggu nanti Ada apa dengan Indonesia?

Apakah Indonesia sudah ber bobrok itu gara-gara korupsi? Faktanya Indonesia itu sebernarnya gak ber bobrok-bobrok banget, karena kita itu ternyata berprestasi rating tiga tapi sebagai negara terkorupsi se-ASEAN, atau sekitar peringkat 90 se-dunia Kita bisa punya prestasi sebab itu karena Indonesia saingnya bisa kehilangan uang triliunan tiap tahunnya cuma gara-gara korupsi, mungkin

Sebagai nusa dari kita ngelihat kasus korupsi itu kayak nonton infotainment, yang kita nggak rasain dampaknya secara langsung, tapi duit sebanyak itu kalau dihitung-hitung bisa bantu membiayain puluhan ribu anak disekolah dari SD sampai mereka lulus sarjana. Nah, kalau dibiarin negara kita bisa aja bernasib sama dengan Brasil sekarang,

Yang alamin krisis besar, salah satu faktor pendukungnya adalah terungkapnya kasus korupsi terbesar dalam sejarah di Brasil yang bikin sampai hampir dari seperti dekabinet presiden diselidikin sama KPKnya Brasil, mengakibatkan 13,000 orang di PHK dan berimbas secara ekonomi hingga ke-tujuh negara tetangganya, dan tentunya selain Brazil banyak juga negara budaya

Korupsinya udah prime banget dan juga akhirnya mengakibatkan perekomonian negara merekapun jadi terhambat. Oke, tapi gimana cara mengatasi korupsi ini? Meskipun kita nggak bisa ngehilangin korupsi dengan cara mengontrol populasi tikus disebuah negara, tapi kalau ditanya gimana cara terbaik ngatasinya, kita bisa nyonton negara ke Singapura dan Finlandia yang menanamkan nilai orang jujur itu pasti

Selalu menang di sistem pendidikannya bahkan contoh lain kayak Hong Kong mereka itu mendorong banget warga untuk bisa nyium bau-bau tingkatan korupsi dan ngajarin gimana cara melapor ini? Mungkin itu langkah kecil bisa dilakuin kita orang Indonesia untuk bisa angkat senjata sama musuhnya tak terlihat ini.

Biar kita bisa bangun lebih banyak sekolah dan web di perdesaan, nyelamatin orang yang terpaksa mati karena nggak bisa bayar perawatan, dan bisa bangun infrastuktur nggak cuma di Jakarta tapi juga bisa sampai di Papua. Ya, jadi daripada important salah-salahan mending kita ikutan debat aja tapi buat debatin solusi perbaikan kasim korupsi di Indonesia.

Lagian, kalau aja Indonesia berhasil bebas korupsi, mungkin semua orang di dunia jadi pengen berpondong-pondong pindah ke Indonesia. Dan seperti biasa, terima kasih.

39 thoughts on “Seberapa Bobrok Indonesia Gara-gara Korupsi?”

  1. SMANSIXKOJA_XI-F7_NAYLA PUTRI

    Saya setuju bahwa korupsi merupakan masalah serius yang perlu diatasi dengan tekad dan kerja keras bersama.

    Korupsi dapat menghambat pembangunan, merugikan rakyat, dan menghambat peningkatan kualitas hidup. Oleh karena itu, tindakan pencegahan dan penegakan hukum yang tegas terhadap kasus korupsi sangatlah penting. Selain itu, meningkatkan integritas dan transparansi di semua lapisan masyarakat, termasuk dalam pemerintahan dan sektor bisnis, dapat membantu mengurangi korupsi.

    Penting juga untuk memberikan perhatian pada pendidikan, akses internet, dan kesejahteraan masyarakat agar semua warga negara memiliki peluang yang sama untuk sukses dan berkontribusi pada kemajuan negara. Partisipasi dalam debat dan dialog terbuka adalah langkah positif dalam memunculkan kesadaran dan solusi untuk permasalahan sosial ini.

    Reply
  2. smansixkoja_f3
    Nabil Faiz
    Kelas XI F3
    komentar:
    korupsi yang terjadi di indonesia sampai saat ini belum menemui solusi yang terbaik,yang harus di ubah dalam menangani kasus korupsi adalah aparat pemerintah dan penegakaan hukum yang ada di indonesia,namun sampai saat ini hal tersebut belum ter realisasi dengan baik,sehingga korupsi di indonesia masih ada sampai saat ini dan cukup membuat kerugian pada negara

    Reply
  3. Smansix Koja
    M Aditiya
    F3

    Korupsi adalah tindakan yang mengambil hak bukan milik, seringkali para koruptor adalah seorang tikus berdasi, yang membuat banyak masyarakat tidak percaya lagi kepada para pemerintah, ini lah yang membuat masyarakat kurang yakin akan pemerintahan. Namun kita dapat menolak koruptor dengan perlahan dengan tolak anti korupsi. Dan kita dapat menolak korupsi mulai dari hal mudah.

    Reply
  4. sma 6 koja
    kelas XI F3
    Galih Satria
    komentar: indonesia kini banyak mengalami kasus kasus,yang paling utama yaitu kasus korupsi.
    tersangka kasus korupsi kini merajalela dan terbang bebas dalam penjara karena kini tersangka korupsi malah mendapat fasilitas yang memadai ketika di rutan KPK
    akibatnya dari fasilitas itu membuat banyak koruptor koruptor yang tidak takut akan hukum yang ada

    Reply
  5. smansixkoja_F3
    korupsi udah sering didenggar di negara ini karena udah turun menurun dari zama penjajahan sampai sekarng, itu di karenakan kurangnya kejujuran dan kedisipilnan yang menggakibatkan tejadinua korupsi, penyuapan dan dll.
    untuk mengatasinya itupun juga susah karena itu harus dari diri sendiri kalo gak dari dari diri sendiri cuman dikasih atau di beri sangsi yang berupah hukuman, itupun masih bayak hukuman yang diberi kepada koruptor itu hukuman yang ringgan yang membuat ketidak adilan bagi negara maupun masyarakat yang terkena imbas dari korupsi itu

    Reply
  6. saya harap pemimpin serta seluruh masyarakat indonesia membudidayakan sikap malu, agar memiliki kesadaran atas tindakan korupsi ( tidak jujur, tidak peduli, dan serakah )

    kelas = XI F3
    asal = KOJA

    Reply
  7. Dari sisi ekonomi, dampaknya yaitu lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi, penurunan produktivitas, rendahnya kualitas barang dan jasa publik, menurunnya pendapatan negara dari sektor pajak dan meningkatnya hutang pemerintah

    Reply
  8. Deska Handayani
    F3
    SMAN 6 KOTA JAMBI

    Korupsi menurut saya adalah suatu kejahatan untuk memperkaya diri sendiri maupun orang lain yang dilakukan secara melawan hukum akibat rasa ketidakpuasaan yang dapat merusak menghancurkan semangat pembangunan bangsa yang adil yang dapat menyesengsarakan rakyat. Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa begitu kejamnya tindak pidana korupsi

    Reply
  9. Refany Zahwa Annisa_SMAN 6 KOJA_ XI-F3

    Korupsi di Indonesia semakin merajalela dan ini menjadi permasalahan sosial yang cukup besar di Indonesia. Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai negara dengan korupsi terbanyak se ASEAN. Korupsi ini memengaruhi banyak orang, karena korupsi itu tentang lemahnya integritas. Integritas itu adalah sebuah kepribadian dan pendirian, sehingga dampak dari korupsi ini awalnya memang tidak terasa kepada individu namun setelah di telaah lebih lanjut, uang yang dikorupsi oleh para pejabat negara berdampak pada perekonokian masyarakat dan membuat masyarakat kesusahan. Sedangkan para pejabat tadi berfoya foya dengan uang dan hartanya. Banyak oknum oknum mantan koruptor menikmati uang hasil korupsinya dengan mencalonkan diri menjadi pejabat negara. Jika hal ini terus terjadi maka indonesia akan bernasib sama dengan brazil. Maka dari itu Indonesia perlu menegaskan hukum dan memperbaiki sedikit demi sedikit akar dari korupsi ini agar korupsi di Indonesia dapat berkurang secara bertahap.

    Reply
  10. Sma 6 kota Jambi
    XI F3
    Vivin tari Yulianti

    Memberikan hukuman yang dapat menimbulkan efek jera agar tidak korupsi tidak terulangi kembali pada masa yang akan datang. Membuat pengendalian transaksi keuangan yang sehat dan transparan sehingga tidak mudah adanya tidak korupsi.

    Reply
  11. Smansix koja
    Talia zulayca br regar
    F3

    Korupsi merupakan tindakan kriminal yang selalu ada di sekitar masyarakat, hukuman yang di trima seorang koruptor juga tidak seimbang dengan nilai yang telah di korupsi, sejak dini lah pembelajaran mengenai anti korupsi harus di terapkan, walaupun harus mengeluarkan dana yang besar, namun diharpakan dapat merubah dikit demi sedikit untuk indonesia anti korupsi.

    Reply
  12. smansixkoja_f3
    Kasus korupsi di Indonesia adalah masalah serius yang perlu ditangani dengan tegas melalui penegakan hukum yang kuat dan transparansi. Upaya pemberantasan korupsi perlu terus ditingkatkan untuk menciptakan tatanan yang lebih bersih dan adil bagi masyarakat.

    Reply
  13. SMANSIX KOJA
    NAMA:M.RAMZI.E
    KRLAS:XI.F4

    Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dalam suatu jabatan kekuasaan, untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi seseorang

    Reply
  14. Smansix Koja
    Nama: Salwa Muhanafista Artanti
    Kelas: F4

    korupsi merupakan suatu kejahatan yang dimana pelaku nya hanya melakukan hal itu untuk kepentingan diri nya sendiri, dan bisa merugikan banyak orang. Oleh karena itu korupsi harus dikikis secara perlahan agar Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

    Reply
  15. SMANSIX KOJA
    Indonesia memiliki tantangan serius terkait korupsi, yang memengaruhi perekonomian dan kepercayaan publik. Peringkatnya sebagai negara dengan tingkat korupsi yang tinggi perlu menjadi perhatian serius pemerintah dan masyarakat untuk melakukan reformasi yang lebih baik dalam mengatasi masalah ini.

    Reply
  16. SMANSIX KOJA
    kelas: F4

    Seharusnya para aparat penegak hukum harus lebih sigap untuk meringkus para oknum yang melakukan korupsi , namun di Indonesia masih banyak orang orang penting yang ada di pemerintahan masih saja melakukannya ,akibatnya karena banyaknya kasus korupsi yang ada Indonesia mengalami kerugian sebab nominal yang mereka korupsi tidak lah sedikit,inilah yang menjadi Indonesia mendapat peringkat kasus korupsi di negara Asean maupun dunia

    Reply
  17. SMANSIX KOJA
    NAMA:DILA JULIA ASTUTI
    KELAS:F4

    korupsi merupakan salah satu budaya yang buruk dimana budaya ini diturunkan ketika masa jaya Voc manjajah indonesia dan korupsi memang harus diberangkas tetapi sekarang ini di indonesia belum bisa menemukan solusi yang benar benar bisa memberontak korupsi ini.karena korupsi memang menjadi salah satu masalah awal dari berbagai macam permasalahan seperti kemiskinan dan lainnya

    Reply
  18. SMANSIX KOTA JAMBI
    NAMA : CAHAYA KEYSHA DIRAYA
    KELAS : Xl F4

    faktanya yang lemah itu hukum indonesia . harusnya koruptor dihukum berat kalo perlu hukum mati , karna banyak rakyat yang menderita karna mereka . indonesia tidak akan bebas dari korupsi jika generasi kita masi tidak jujur , disini nilai lebih dihargai daripada kejujuran . terkadang orang tua hanya memandang kualitas kepintaran anak berdasarkan nilai raport atau perangkat dikelas , padahal semua anak mempunyai keistimewaan nya masing masing , menurut aku guru yang sukses itu adalah guru yang bisa membuat anak menjadi jujur . kita harus seperti negara singapore dan finlandia yang dari kecil sudah diajari untuk jujur dan berintegritas baik di sekola untuk tidak mencontek dan lingkungan masyarakat untuk selalu jujur .

    Reply
  19. SMANSIX KOJA
    NAMA: FITRI RAMADHANI
    KELAS: F-4

    Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dalam suatu jabatan kekuasaan, untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi seseorang.

    Reply
  20. Smansix koja, Nisa Liesandani XI Fase F4.

    Perbuatan korupsi yang berkembang di
    lingkungan lembaga pemerintah dan oleh
    jajaran aparatur pemerintah telah diketahui
    oleh sebagian besar masyarakat. Warga
    masyarakat juga mengetahui ragam dan jenis kegiatan korupsi yang dilakukan oleh
    para pelakunya. Perbuatan korupsi yang
    juga dilakukan oleh anggota masyarakat dan
    oleh para pelaku usaha dan perdagangan
    telah diketahui juga oleh sebagian warga
    masyarakat. Warga masyarakat di pedesaan
    dan di perkotaan (di desa-desa dan kelurahan lokasi penelitian) tidak berbeda
    pengetahuannya tentang berkembang dan
    meluasnya korupsi

    Reply
  21. SMANSIK KOJA
    Naqisya Azzahra XI F4

    Indonesia belum bisa mengatasi permasalahan korupsi, sebagaimana Indonesia terletak di peringkat 3 se asean, dan peringkat ke 90 di dunia.
    sampai sekarang indonesia masih mencari solusi bagaimana perlahan mengatasi permasalahan ini, dimana Indonesia kehilangan triliunan rupiah di setiap tahun nya, hal ini tentu saja meresahkan, sebagaimana uang sebanyak itu bisa membangun pemerataan internet, sekolah bahkan pemerataan pembangunan yang ada di pelosok ataupun di desa desa yang sulit untuk menggapai hal seperti ini.
    Jika dibiarkan, hal ini bisa menghambat perekonomian indonesia. Maka dari itu, bisakah indonesia melawan permasalahan korupsi ini? jika saja tikus tikus berdasi masih mengambil hak negara dan masyarakat.

    Reply
  22. SMANSIX KOJA
    Nama : Zakiyah Ratu Qinanti
    Kelas : XI F4

    Tindakan korupsi di indonesia seringkali dianggap remeh, upaya pemberantasan korupsi di Indonesia sudah dilakukan melalui berbagai cara, namun hingga saat ini masih saja terjadi korupsi dengan berbagai cara yang dilakukan oleh berbagai lembaga. Mahasiswa juga dapat membantu dalam hal mencegah tindakan korupsi ini seperti mahasiswa itu bisa memberikan pendidikan tentang bahaya korupsi kepada masyarakat, dan juga bisa menerapkan sikap anti korupsi di lingkungan keluarga.

    Reply
  23. Hidup Sesuai Kemampuan. Salah satu hal yang mendorong kita melakukan korupsi karena seringnya kita tidak merasa cukup dan bergaya hidup yang tidak wajar, atau melebihi dari kemampuan kita.

    Reply
  24. SMANSIX KOJA
    NAMA : RAYNALDY APRILIANSYAH ONG
    KELAS : F-4

    Korupsi adalah salah satu masalah serius di banyak negara, termasuk Indonesia. Untuk memerangi korupsi, penting bagi kita untuk memahami akar permasalahannya, mendukung tindakan pemberantasan korupsi, dan mendesak transparansi dalam pemerintahan. Selain itu, penting bagi kita untuk menanamkan sifat jujur sejak dini, hal ini masih sangat minim di kampanye kan padahal sangat penting untuk diterapkan. Bersama-sama, kita dapat berkontribusi pada perubahan dan kemajuan untuk negara Indonesia.

    Reply
  25. Smansix koja
    Nama: cheysa olivia ananda
    Kelas: f4
    Korupsi dalam kehidupan manusia bukanlah suatu hal yang baru, melainkan sudah ada bersamaan dengan umur manusia itu sendiri. Korupsi pada saat ini menjadi sangat akrab di telinga serta dianggap sesuatu yang tidak baik dan menyebabkan keterpurukan bangsa. Masalah ini perlu dijadikan suatu hal yang harus ditanggulangi bersama dan diperangi bersama.
    "Stop budaya korupsi
    mulai dari diri sendiri
    dan mulai dari sekarang!"

    Reply
  26. Nama : Evan Bona Aristo Sidauruk
    F4
    Smansix Koja

    sangat sulit untuk memerangi korupsi di Indonesia dikarenakan lemahnya hukum di indonesia yang menjadikan para pelaku tidak takut untuk melakukan hal tsb. solusi kecil yang berada di vidio dapat memerangi sebagian kecil itupun jika didukung oleh budaya yang diterapkan sejak kecil seperti yang dilakukan oleh finlandia Singapura.

    Reply
  27. Smansix koja
    Krisna
    F4
    bahwa korupsi merupakan permasalahan global yang merugikan negara dan masyarakat. Ini merusak tata kelola yang baik, memperlambat pertumbuhan ekonomi, dan merusak keadilan sosial. Upaya untuk memberantas korupsi harus terus ditingkatkan melalui tindakan hukum, transparansi, pendidikan, dan partisipasi aktif masyarakat. Korupsi adalah masalah yang kompleks dan sulit diatasi, tetapi perjuangan untuk memberantasnya sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan.

    Reply
  28. smansix koja
    novi amalia
    XI F4

    pengawasan dan transparansi dalam pemerintahan juga perlu ditingkatkan. untuk itu, upaya pemerintah dalam mendorong penerapan e-government dan mewujudkan pemerintah yang bersih dan transparan harus terus dilakukan.
    penting untuk diingat bahwa memberantas korupsi bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan komitmen dari semua pihak. diperlukan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga terkait agar korupsi dapat diminimalisir dan akhirnya dihapuskan di indonesia.

    Reply
  29. Smansix Koja
    Nama: Wirdatul Jannah
    Kelas : XI F4

    Korupsi seharusnya dihilangkan atau diberantas karna Indonesia belum menemukan cara atau solusi untuk memberantas korupsi ini, korupsi sudah menjadi salah satu masalah pertama dari semua permasalahan seperti tingkat kemiskinan dan lainnya , seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia atau pelajar turut andil dalam menyelesaikan masalah terkait korupsi dengan bijak dan seharusnya pemerintah bertindak tegas dalam menyelesaikan masalah korupsi tersebut agar tidak banyak orang yang pengangguran..

    Reply
  30. Smasix koja
    Nama : ruvita Kurnia
    Kelas : f4
    Menuntut Jalur hukum pelaku di hukum seberat-beratnya dan kerja keras bersama dari semua pihak, serta komitmen yang kuat dari pemerintah dalam upaya untuk mengatasi korupsi di Indonesia. Proses ini membutuhkan waktu yang panjang dan upaya yang berkelanjutan untuk mencapai hasil yang signifikan.

    Reply
  31. smansix
    nama novita sesarwati
    kelas XI F4

    mengapa korupsi di Indonesia sulit diberantas?
    1. Kurang adanya teladan dari pemimpin;
    2. Tidak adanya kultur organisasi yang benar
    3. Sistem akuntabilitas di instansi pemerintah kurang memadai
    4. Manajemen cenderung menutupi korupsi di dalam organisasi
    5. Lemahnya pengawasan.

    Reply
  32. SMANSIXKOJA_XI-F4_Qansha Aulia
    korupsi di Indonesia merupakan masalah serius yang harus ditangani. Selain dari pihak pemerintah masyarakat juga harus turut mendukung dan berpartisipasi dalam memberantas korupsi di Indonesia, dengan adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak, diharapkan Indonesia dapat mengurangi tindakan korupsi dan lebih banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

    Reply
  33. Smansix koja
    Nama : Angga Sofyan Hutagalung
    Kelas : F4

    Korupsi merupakan masalah sosial yang terjadi di indonesia. Dengan peringkat 3 seasean dan 90 se dunia membuktikan bahwa pemerintah masih belum bisa mengatasi permasalahan korupsi di Indonesia. Jika permasalahan sosial ini di biarkan, bisa saja nasib indonesia sama dengan negara brazil, yang mengalami krisis ekonomi dikarenakan kasus korupsi yang tinggi. Dana dalam kegiatan korupsi sebenarnya bisa bermanfaat untuk kemajuan suatu negara. Seperti pemerataan pendidikan, pemerataan internet, subsidi kesehatan bagi masyarakat yang kurang membutuhkan, dan juga pembangunan infrastruktur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

    Reply

Leave a Comment