Gimana Caranya Bisa Jago Banyak Bahasa?

robertino



Mungkin kita sering liat orang yang bisa banyak bahasa. Pasti kebanyakan dari kita ngiri karena ngebayangin enaknya kalo bisa …

Mungkin kita sering melihat orang yang bisa banyak bahasa. Pasti kebanyakan dari kita juga ngiri karena ngebayangin enaknya kalo bisa kayak mereka. Kita bakal bisa nonton ini, ini, atau ini tanpa harus baca teks subtitle. Tapi tiap mau belajar bahasa baru, gak jarang kita ketemu aja sama mitos-mitos yang seakan-akan jadi halangan.

Jadi sesusah apa sih belajar bahasa baru? Benar enggak sih kita udah terlambat dan gak bisa lagi belajar banyak bahasa? Jawabannya, tentu aja bisa. Faktanya kebanyakan dari mereka yang jago banyak bahasa belajarnya itu pas udah dewasa. Emang, bayi lebih jago belajar bahasa karena otak mereka masih lebih fleksibel.

Tapi beda sama bayi, kita tahu gimana caranya belajar. Hm, kalo gitu gimana sih caranya kita belajar banyak bahasa? Pertama, tentunya harus rajin. Sama kaya otot, otak kita bakal lebih “kuat” semakin sering kita latihan. Dan latihan ngobrol sama orang lain juga bakal sangat, sangat, sangat meladeni.

Ya, ngobrol pake bahasa asing itu jauh lebih efektif dibanding ngobrolin bahasa asing. Ini karena bahasa gak disimpan di satu tempat aja, tapi nyebar ke banyak bagian di otak. Ibarat olahraga, gak lucu juga kalo latihan kita gak menyeluruh dan otot kita jadi … gede sebelah! Jadi semakin sering dipake di berbagai situasi,

Otak kita bakal lebih terbiasa sama bahasa baru. Selain rajin, kita juga harus kasih bahasa ini kehidupan lewat ingatan dan pengalaman. Misalnya kita suka kesusahan ngapalin kosakata, tapi ada beberapa yang selalu keinget karena pengalaman lucu, menyenangkan, atau bahkan memalukan. Tapi ini gak apa-apa karena semakin banyak kesalahan makin banyak juga yang bisa kita ingat.

Mungkin pengalaman tadi malah bikin kita minder karena takut salah, apalagi pas ngomong sama orang yang cuma bisa bahasa asing. Kalau begini, kita harus ngubah cara pandang kita sama bahasa yang lagi kita pelajarin. Bayangin bahasa bukan sebuah seni yang harus kita kuasain, tapi sebuah alat yang harus kita pake buat berkomunikasi.

Karena percuma juga kalau kita jago, tapi diajak ngomong ternyata … gak ngerti! Bisa ngomong lebih dari satu bahasa emang banyak keuntungannya. Selain buat ngobrol, tahu banyak bahasa juga bisa bikin kita jago multitasking bahkan bisa nunda penyakit otak. Dan pastinya bahasa kita jadi jendela kita buat belajar budaya dunia. Dan seperti biasa …

Terima kasih! Terima kasih udah nonton Kok Bisa? Punya pertanyaan lagi? Tulis aja di kolom komentar di bawah! Preserve asking and keep curious.

39 thoughts on “Gimana Caranya Bisa Jago Banyak Bahasa?”

  1. Author, how about the culture's village that clings n hinder us to develop? I confuse now, I don't know what must I do now

    Coz I stay n live at small village in East Java especially Probolinggo regency that can make me difficult to improve skill what I want n the culture's is so cling, that made me to difficult to forget this violent culture. I mean that violent culture in the form of a limited marriage age, educational status, knowledge, and others which are still very thick also that old age of generation is too restrained about culture and also wants about language in the sense of both of them in me but they doesn't know about the capacity of each person who carries it out

    What should I do now? I'm not fluently English yet :'(

    Reply
  2. Aku suka 12 bahasa saja

    Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Kanton, Bahasa Filipina, Bahasa Thailand, Bahasa Vietnam, Bahasa Hindi, Bahasa Dzongkha, Bahasa Lao, Bahasa Arab, Bahasa Turki

    ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ผ๐Ÿ‡ญ๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ญ๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ญ๐Ÿ‡ป๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ฑ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ‡ช๐Ÿ‡ช๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ถ๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท

    Reply
  3. Bahasa ibuku adalah bahasa Kanton, aku bisa bahasa Korea, Jepang, Hokkien, Hakka, Mandarin, Rusia, Spanyol, Inggris, Vietnam, Tailand dan Turki. Akir-akir aku lagi belajar bahasa Indonesia otodidak. Bahasa Indonesia lebih sulit dari yang kuharapkan ๐Ÿ˜… Tapi dari bahasa yang aku pelajari sejauh ini, bahasa yang paling sulit adalah bahasa Rusia.

    Reply
  4. Gw pengen belajar bahasa Arab & Inggris.
    1. Bahasa arab alasannya bisa mengerti kalo ada baca Al Qur'an, atau ayatยฒ lain.
    2. Bahasa Inggris ya alasannya sudah internasional yg paling sering digunakan di belahan dunia, apalagi pas masuk kerja /kelur negeri yg terutama itu bisa bahasa Inggris.

    Reply
  5. Kalo mau aku ajarin dikit dikit ya biar kalian tau kosakata yang benar
    I=Saya
    I could=saya bisa
    I can speak english
    Advanced=I can speak English and
    Bird=burung
    Chicken=ayam
    Kelinci=Rabbit
    Meat=daging
    Nah coba nama hewan dulu terus kata yang gampang ya dikit dikit bisa kok lama lama yang penting giat

    Reply

Leave a Comment