NGOBROL BARENG LEGISLATOR – Potensi Ekonomi Digital dan Perkembangan Startup di indonesia

robertino

Panggilanmu tuk siapkan bangsaku agar semua cerdas nanti pakai teknologi digital literasi dan konten positif ada di sini bisi berkreasi Mari ciptakan pemuda masa depan yang semakin mengerti digital literasi web kita bersih kuatlah Generasi Indonesia bersama maju Indonesia [Musik] panggilanmu untuk siapkan bangsaku agar semua cerdas nanti pakai teknologi

Digital literasi dan konten positif ada di sini bisi berkreasi [Musik] depan yang semakin mengerti digital literasi web kita bersih kuatlah Generasi Indonesia bersama maju semua [Musik] Generasi Indonesia [Musik] Indonesia bersama maju masa depan kita generasi bersama maju enaklah generasi [Musik] Indonesia [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] kawan sebelum bibir berucap katamu terekam jejak

Jemarimu berdansa kawan jangan kau salah berpijak Pilihlah kata yang bijak [Musik] kau memangsa hati-hati [Musik] Ingatkan hatimu untuk tahu jawabannya Oh Jangan mudah percaya kau [Musik] [Musik] [Musik] apa saja hati yang penuh [Musik] cantik [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] hari ini mulai hari ini jangan lepas kesempatan di depan mata

Bebas mencari yang jadi inspirasi bebas mencipta Apa yang disuka telusuri [Musik] Oh temukan kuncimu tanpa ragu lagi masa depanmu penuh warna-warni di dunia maya kita semua punya cerita di dunia maya kita semua bisa berkarya selama dunia masih berputar Selamat glad birthday [Musik] yang terbaik [Musik] jangan lagi [Musik] Janganlah lagi bukan yang

Berbeda dengan jati diri tiada lagi perundungan Panti mari berlari bersama menebang mimpi di dunia maya kita semua punya cerita di dunia maya kita semua bisa berkarya [Tepuk tangan] [Musik] selama dunia masih berguna [Musik] semakin dekat kita peri yang terbaik tentunya [Musik] dihindari namun ku percaya kita pasti bisa menilai sama [Musik]

Kita semua punya cerita semua bisa berkarya punya cerita bisa berkarya di dunia maya kita semua punya cerita semua bisa berkarya selama bunga masih berputar selama hati masih berdebar semakin cakap kita [Musik] beri yang terbaik dengan bisa yang terbaik [Musik] ku [Musik] [Tepuk tangan] Di mananya penasehatku ini ah makan kejutan aja kerjanya halo

[Tertawa] di sebelah aku itu ada orang botak kayak yang mulia ini Eh Bang Sopir ini kok kerja tapi nggak kerja halal kok ini aku bilang kan masa kerja bawa tuyul gitu terus ketawa Google kau itu namanya physique shaming kita harus punya etika baik di dunia nyata maupun dunia maya biar kau tahu ya

Diam-diam udah kukirim algojo ke sana untuk hukum mereka-mereka yang melanggar etika biar jadi pelajaran untuk kita juga itu hah dia itu A3 komentar dalam sosial medianya buruk itu enggak kenal Tapi ngomongnya enggak sopan dia suka nyebarin hoax tindakan kayak gini nih nunjukin bahwa dia enggak ngerti etika sosial media [Musik]

Menjaga Etika itu bukan cuma di dunia nyata tapi juga di dunia maya Karena pada dasarnya kita sama-sama berinteraksi dengan manusia tata krama yang harus dijaga saat bermedia sosial antara lain jangan menyebarkan hoax menghargai keberadaan orang lain Jangan kasar saat berkomentar dan jangan memposting karya orang lain tanpa izin atau mencantumkan sumber [Musik]

[Tepuk tangan] ini kenapa belakangan ini kok suka panas ya panas kan tapi susah enggak kayak gitu maksudnya pokoknya ini handphonenya dia jadi cepat habis baterai Terus apa lemon lemon Manalah aku tahu aku ini raja kerajaan Bukan Raja seluler Lagian kau sibuk terus kau sama hp-mu

Itu kau tengok itu lagi itu Oh ini kayak ini kakak ini kayak aku nih dia ini pasti dapat WhatsApp dari orang yang enggak dikenal Terus kata whatsapp-nya itu klik hyperlink ini pasti dapat promo besar kali memang kalian ini orang-orang yang suka ngetik sembarangan macam kalian ini

Ini yang rawan Kena malu ya kulit tapi enggak tuh jadi lemot jadi cepat panas baterai cepat habis sama kayak apa yang mau kan kemungkinan Ini kalian udah kena jebakan malware Malware itu bisa disebarkan dan masuk lewat hyperlink atau situs yang kita kunjungi lampiran Electronic mail iklan berbahaya bahkan pesan teks selain dapat merusak

Perangkat Malware juga dapat digunakan untuk mencuri knowledge Makanya jangan suka asal klik sembarangan mulai sekarang kita harus lebih conscious sama malu ya [Musik] setahu aku yang mulia ini adalah keturunan dari orang tua yang berbeda suku ya betul Indonesia Jepang Ibuku Batak bapakku Uzumaki [Tertawa] kalau aku tuh mamaku itu suku Jawa Nah

Kalau Bapak Putu suku dinas kebersihan [Musik] kalau bicara suku beragam di Indonesia ya Indonesia itu harusnya mengusung budaya Bhinneka Tunggal Ika Jadi kita itu harus berasaskan Pancasila tapi kenapa ya masih banyak aja netizen yang menyebarkan kebencian tidak bertoleransi di dunia maya itu kurasa ya Karena masih banyak orang yang belum mengerti

Berbudaya dalam ruang digital bukan hanya penampilan aja nih yang menggunakan merk palsu masuk sosial media pun dia pakai akun paling bahaya ini menggunakan pretend akun untuk berlaku seenaknya di dunia maya apalagi sampai memprovokasi dan menyebarkan ujaran kebencian kayak gini bisa terjerat hukum dia [Tertawa] dimanapun kita berada harus menjunjung

Tinggi budaya Indonesia setiap aktivitas di ruang digital harus dilandasi dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Dengan menyebarkan konten positif mendukung toleransi keberagaman dan menjaga kesopan santunan Tunjukkan kalau kita bukan Poisonous netizen dengan menjadi berbudaya di ruang digital [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] perjalanan mantan jurnalis yang pernah disandera 168 jam di daerah konflik Irak

Menorehkan sebuah cerita Budia biada Hafiz ketika mereka masuk saya betul-betul merasa ini sepertinya akhir dari hidup saya Mutia Hafiz resmi ditetapkan menjadi ketua komisi 1 DPR RI dalam rapat terbatas komisi di Kompleks parlemen Senayan pada Selasa 29 Oktober 2019 [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] Assalamualaikum warahmatullahi

Wabarakatuh Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua perkenalkan nama saya Andika Ega dan hari ini saya akan menjadi Grasp of Ceremony dalam acara webinar ngobrol Mbak ngobrol bareng lagi isolator dengan tema potensi ekonomi digital dan perkembangan startup di Indonesia weben kali ini terselenggara atas kerjasama dari Kementerian komunikasi dan Informatika RI bekerja

Sama dengan DPR RI dan hari ini kita akan kedatangan 3 tamu yang luar biasa yang pertama nanti kita akan mendengarkan kinot speech yang akan disampaikan oleh ibu Mutia vid selaku ketua komisi 1 DPR RI yang kedua ada Pak Samuel abrijani selaku Direktur Jenderal abtika dan juga ada Mas Jason christophers laku funding affiliate

Asianteras Capital jadi hari ini teman-teman kita akan membahas mengenai bagaimana ekonomi digital dan juga perkembangan startup Saya ingin menyapa dulu teman-teman yang sudah hadir dalam Zoom teman-teman yang mayoritas berasal dari Sumatera Utara Selamat siang kakak-kakak dan abang-abang selamat datang di webinar kita dan ada ada beberapa ketentuan atau persyaratan yang

Kakak-kakak dan abang-abang harus patuhi selama webinar ini berlangsung yang pertama teman-teman yang sudah menjadi peserta harap mengganti nama akun Zoom kalian sesuai dengan nama akun yang telah kalian daftarkan di hyperlink sebelumnya jadi jangan sampai nanti teman-teman panitia masih melihat beberapa nama yang masih menggunakan nama gawainya ada laptop computer ada handphone

Jadi itu menyulitkan panitia untuk mengabsen teman-teman jadi jangan lupa diganti namanya Kemudian yang kedua peraturan yang tidak kalah penting juga teman-teman diwajibkan untuk menyalakan kamera selama acara webinar ini berlangsung meskipun kita hari ini dipisahkan oleh jarak yang begitu jauh akan Tetapi kehadiran teman-teman begitu berarti ketika teman-teman bisa melihat

Langsung gitu ya berinteraksi secara langsung melalui Zoom kepada para narasumber yang sudah meluangkan waktunya yang sudah secara luar biasa Memberikan ilmu punya kepada teman-teman jadi teman-teman harus menggunakan kamera dan teman-teman disiapkan catatan-catatannya catatan kecilnya untuk mencatat ilmu-ilmu yang hari ini akan sangat akan sangat luar biasa yang akan diberikan oleh para narasumber baik

Teman-teman untuk menambah semangat teman-teman ini di siang hari yang cerah ini yang mungkin teman-teman agak ngantuk gitu ya bisa habis makan siang Habis istirahat kita akan mendengarkan dulu hiburan yang akan disampaikan oleh optimistic silahkan [Musik] ingin rasa hati berbisik untuk melepas keresahan dirimu oh cantik bukan ku ingin mengganggumu tapi Apa arti merindu

Selalu [Musik] hatiku hanya untukmu ada hati yang termanis dan penuh cinta tentu saja kubalas tiadalah kita lagi yang takut kita ini kesungguhan sungguh aku sayang kamu [Musik] bukan ku ingin pandangku tapi Apa arti merindu selalu [Musik] hatiku hanya untukmu ada hati yang temani tak penuh cinta tentu saja akan ku balasnya isi jiwa

Tiada lagi tidak lagi akan [Musik] Abadi untukmu selamanya hanya [Musik] ada hati yang termanis dan penuh cinta tentu saja kan kubalaslah tiada lagi Tiada lagi yang kaku kita ini kesungguhan semua ku sayang ada hati yang terperiksa penuh cinta tentu saja [Musik] sungguh aku sayang kamu [Musik] sungguh aku sayang kamu Heyang Inikah Tuhan

Sungguh aku sayang kamu [Musik] hanya dengan sepatah Kau Buatku larut dalam cinta buat hati Menutup Mata [Musik] berbahaya tersedak aku [Musik] diriku kau dekati Namun bukan cinta ingin kau ingin [Musik] kau bila kau hanya fundamental bareng saja sudah kau buang waktu percuma hati ini bukan untuk coba-coba jadi hanya tak pergi [Musik]

Aku tak seperti bayangan cintamu yang lain dengan kata indah ini aku percaya bahwa ternyata berbahaya tersedak aku dibodohi bakhil jelas suka diriku kau dekati Namun bukan cinta ingin hamil bila kau hanya baik-baik saja sudah kau buang waktu percuma hati ini bukan untuk coba-coba cari hanya dapat Dilan jangan takut aku

Lagi Janganlah kau datang lagi Janganlah kau datang lagi jangan takut aku lagi Jangan ganggu aku lagi Janganlah kau datang lagi jangan kau datang lagi Jangan ganggu aku [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] bila kau hanya main-main saja sudah kau buatku berjalan ini bukan untuk coba-coba cari hanyalah saja bila kau benar

Waktu percuma hati ini bukan untuk coba-coba cari hanya kau pergi rancangan dan ku akui janganlah kau datang lagi jangan takut jangan takutlah datang lagi jangan ganggu datang lagi aku aku lagi jangan [Musik] cek dulu cek dulu cek dulu cek dulu jogging saja kita harus tambah bintang jangan jadi orang yang mudah sebar sebar

Karena belum tentu itu berita benar kalau nggak ngerti Ayo belajar mulailah curiga jika sudah suruh-suruh sebarkanlah Hei Tunggu dulu periksalah kalimat kau banyak tanda seru banyak huruf besar mataku menjadi hidup coba dicari beritanya dulu mendingan begitu daripada keliru Apa untungnya sebar kabar palsu daripada nanti kamu yang

Malu cek dulu cek dulu daripada nanti kamu yang malu cek dulu cek dulu siapa tahu [Musik] konten yang negatif tujuannya itu ya provokatif paling cocok buat orang yang sensitif kalau ke gue ya gak efektif Tapi semua suka yang positif misalnya video yang inspiratif lucu itu juga sih positif kreatif dan produktif coba

Dicari beritanya dulu mendingan begitu daripada keliru Apa untungnya sebar kabar palsu daripada nanti kamu yang malu cek dulu cek dulu daripada nanti kamu yang malu cek dulu cek dulu siapa tahu [Musik] Baiklah teman-teman untuk memulai acara webinar kita hari ini dan juga menambahkan rasa nasionalisme kita Sebelum mulai kita nyanyikan lagu Indonesia Raya

[Musik] [Musik] [Musik] selanjutnya agar acara kita diberikan kelancaran dan juga kenikmatan dan keberkahan marilah kita mulai acaranya dengan doa yang akan disampaikan oleh saudara Andika kepada saudara Andika dipersilahkan Terima kasih saudara Ega atas pengenalannya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Izinkan saya memimpin doa sebelum acara kita mulai agar apa yang kita pelajari pada siang

Hari ini dapat menjadi wawasan serta ilmu yang bermanfaat bagi kita semua Izinkan saya memimpin doa dengan cara Islam yang akan diikuti oleh seluruh peserta Zoom dengan agama yang keyakinan masing-masing Allahumma ya Rob Tuhan semesta alam hanya kepadamulah kami menyembah hanya kepadamulah kami meminta segala puji bagimu atas rahmat dan karunia yang kau

Limpahkan kepada kami atas nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan webinar pada siang hari ini Ya Allah ya Tuhan kami ampunilah dosa-dosa kami dosa kedua orang tua kami Dan dosa-dosa memimpin kami Bimbinglah kami menjadi manusia yang saling bertoleransi dan saling menjaga kedamaian jauhkanlah kami dari berita-berita tidak benar dan dapat

Memecah belah berikanlah hidayahmu kepada kami agar kami terhindar dari segala perbuatan buruk dan mempersatukanlah rakyat kami serta hindarkanlah kami menjadi perpecahan lalu Lindungilah kami dan bangsa ini dari segala marabahaya jadikanlah kami hamba-hambamu yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang kau berikan menjadikanlah bahasa Indonesia menjadi bangsa yang satu dengan kuat dalam

Menghadapi dinamika permasalahan World saat ini Sesungguhnya engkau tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang Robbana Atina Hasanah amin ya rabbal alamin alhamdulillahirobbilalamin wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya kembalikan kepada saudara Ega amin amin ya robbal alamin baik teman-teman acara utama akan Sebentar lagi kita mulai dan saya mau mengingatkan dua ketentuan lagi

Teman-teman diwajibkan untuk mengganti nama akun Zoom kalian dan juga diwajibkan untuk menyalakan kamera sebagai salah satu atau salah dua persyaratan hadirnya teman-teman baik tanpa berlama-lama lagi teman-teman webinar kita hari ini akan dipandu oleh moderator yang sangat luar biasa Halo Kak Sarah Apakah sudah terhubung baik sudah terhubung terima kasih Assalamualaikum warahmatullahi

Wabarakatuh Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua Shalom Om Swastiastu namo budaya salam kebajikan Selamat siang seluruh teman-teman di Sumatera Utara bagai Bagaimana kabarnya siang hari ini Senang banget hari ini kita bisa bertemu lagi ya teman-teman sudah menyalakan kamera semua berarti sudah sama-sama siap untuk kita belajar

Hari ini tentang potensi ekonomi digital dan perkembangan startup di Indonesia tentunya teman-teman sudah tahu dan sudah sadar bahwa ekonomi digital dan startup ini adalah dua hal yang mengelilingi kita di apalagi di tengah-tengah pandemi covid 19 ini ya Nah kita akan belajar bagaimana sih potensi dan perkembangan kedua hal tersebut di Indonesia dengan warna

Narasumber yang luar biasa Nah pertama kita akan mendengarkan dulu kinot speaker dari kakak kita yang teman-teman pasti sudah acquainted dan sudah kenal dengan beliau itu Kak Mutia by way of ada Hafidz selaku ketua komisi 1 DPR RI Untuk itu kita sapa dulu yuk kamu Tianya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat siang Kak ya

Alhamdulillah baik kamu tuh apa kabar siang hari ini baik alhamdulillah baik alhamdulillah nah Kak Mutia disini sudah ada 250 teman-teman dari Sumatera Utara pelajar mahasiswa masyarakat mau belajar sama kamu Tyas yang hari ini untuk itu aku persilahkan kamu Tia untuk langsung saja memberikan pemaparan kepada teman-teman silahkan Kak Baik Terima kasih Mbak

Di Indonesia menarik dan penting karena kita tahu bahwa sejak covid tentu kita ingin keterpurukan dan ekonomi kita ini membaik dan bisa kita kasih dan salah satunya adalah tentu dengan mempercepat proses kebangkitan ekonomi dengan digitalisasi dan salah satunya juga untuk melahirkan banyak startup di tanah kemudian 50 peserta yang hadir dalam webinar kali

Ini yang diikuti oleh pelajar masyarakat Sumatera Utara secara khusus tapi juga mungkin ada beberapa yang bergabung dari daerah-daerah lainnya terima kasih sekali lagi dan kita langsung membahas tentang digital di tanah air khususnya pertama saya ingin kenalkan dulu digital itu apa sih kalau kita lihat di sini ruang digital itu sebuah ruang yang

Disitu kita berkarya dan mengisi dan saat ini secara digital tentu melalui web dan saat ini semakin pesat penggunaannya penggunaan web sendiri naik cukup signifikan dengan potensi seperti ini sudah seharusnya kita mengubah pola konsumtif menjadi pola produktif artinya web tidak hanya kita gunakan kita sebagai pengguna atau sebagai Mereka aja yang belanja

Secara on-line atau melakukan transaksi secara on-line tapi juga berjualan secara on-line melahirkan aplikasi-aplikasi baru secara on-line yang bisa mendatangkan nilai-nilai ekonomi baik bagi diri kita maupun bagaimana kalau kita lihat di knowledge kemenkeu Tahun 2022 tercatat sekitar 70 miliar dolar Amerika nilai ekonominya pada 2021 dan diperkirakan mencapai 146 miliar dolar

Amerika pada 2025 jadi potensinya itu sangat besar dan tidak hanya angkanya yang besar tapi perkembangannya juga amat pesat kemudian salah satu perkembangan ekonomi digital yang paling kelihatan sangat pandemi yaitu industri e-commerce dari transaksi jual beli melalui on-line yang mungkin teman-teman juga salah salah satu kontributor utama dari naiknya angka transaksi elektronik

Selama masa covid dan setelah masa covid juga berlanjut karena orang sudah mulai terbiasa atau lebih terbiasa untuk pembelanja melalui on-line dan lain-lain kemudian tren positif perkembangan ekonomi digital ini sejalan dengan perkembangan investasi Hasil studi Google termasuk nilai investasi ekonomi digital indonesia sepanjang Kota 1 2021 menunjukkan bahwa nilai investasi

Ekonomi digital mencapai 4,7 miliar dolar Amerika yang telah melampaui nilai tertinggi selama 4 tahun terakhir jadi trennya juga positif terus-menerus apa itu startup itu sebuah bisnis atau perusahaan Rintisan yang merupakan perusahaan yang baru beroperasi dan masih berada pada fase pengembangan tapi ketika dalam fase perkembangannya kita inginkan supaya teman-teman melahirkan atau membentuk menciptakan

Lebih banyak lagi tanah air saat ini bisa lebih diwujudkan lagi menjadi perusahaan lukisan yang mengacu kepada bisnis yang berbasis teknologi Jadi kalau zaman dulu kita bilang saat itu orang mengartikan sebagai sebuah perusahaan yang berkembang baru mulai tumbuh tapi kalau sekarang lebih diurutkan kepada perusahaan yang baru mulai tumbuh dan

Berbasis teknologi atau digital nah kemudian suatu perusahaan bisa dikatakan sebagai startup yang memiliki tiga faktor yang pertama adalah founder ada penciptanya atau pendirinya kemudian ada investor yang memberikan modal serta ada produk atau layanan Jadi kalau sudah ada produknya ada investor tapi tidak ada layanannya tidak ada jasanya tidak ada

Produknya itu bukan bukan disebut Kurang lebih 3 faktor ini harus ada untuk sebuah perusahaan disebut sebagai perusahaan startup lanjut Indonesia tadi saya sampaikan bahwa ini contoh-contoh yang sudah sebetulnya tapi mereka memulai dari nol gojek Traveloka Tokopedia Bukalapak dan mereka adalah perusahaan-perusahaan tanah air perusahaan-perusahaan lokal yang memang secara singkat

Sebagai perusahaan lokal Kemudian dari sini gojek sudah menjadi Unicorn kita lihat di situ ya go-jek saat ini sudah menjadi tanah air nah kemudian Tokopedia dan Traveloka sudah Indonesia sudah memiliki lebih dari kemudian pemerintah sudah menargetkan untuk melakukan gerakan jadi kita ingin sekali lebih banyak lagi di tanah air di luar Challenge

Masa depan jadi semua bisnis yang tidak ada foundation digitalnya itu adalah bisnis yang terancam keberadaannya di masa depan jadi ke depan itu tentu semuanya berbasis digital bahkan ketika kita sejak workplace kita juga untuk pertama kalinya merasakan pelayanan-kelainan kesehatan yang juga sudah dimodifikasi dengan pelayanan kesehatan yang sifatnya juga berbasis digital tidak hanya

Transaksi jual beli belanja on-line belajar juga banyak yang dilakukan secara on-line kampus-kampus sudah membuka kelas-kelas on-line baik itu yang berbayar maupun yang tidak berbayar atau digratiskan Indonesia memiliki 2.300 lebih startup perdesember 2021 hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah staf terbanyak kelima di dunia Jadi kita tuh angkanya cukup besar

Jumlahnya terbesar kelima di dunia ya Sehingga dari ratusan tentunya negara di dunia Jadi ini kenapa kita rajin dari DPR saya sendiri meskipun sedang kurang sehat tapi saya selalu menyempatkan untuk berbicara tentang pentingnya startup karena ini memang kita punya potensi disitu Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi starter terbesar sepanjang tahun 2021

Dan nilai investasi mencapai 5,96 digital potensi dan potensi Tapi tentu ada tantangannya Kenapa kita sebutkan tantangannya juga bukan untuk menakutkan tapi untuk mempersiapkan teman-teman yang juga ingin serius melakukan atau menjadi creator creator di dunia digital tantangan-tantangannya diantaranya disrupsi yang berjalan begitu cepat ya akan diciptakan dengan bantuan kemajuan teknologi selama dekade berikutnya

Sehingga kita harus beradaptasi kemudian tingkat inovasi digital masih rendah kita belum terbiasa melahirkan makanya tadi dari kita terbesar di dunia tapi yang menjadi Unicorn itu tidak banyak Nah karena kita tidak terbiasa untuk adanya peningkatan inovasi digital membuat melahirkan sebuah startup tapi kemudian tidak diangkat levelnya untuk menjadi sebuah perusahaan yang lebih

Besarnya masih rendah masih lebih banyak yang suka mengisinya dengan berita-berita bohong berita-berita fitnah dan lain-lain daripada melahirkan sebuah produk sebuah karya yang kemudian bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi lingkungannya sehingga mempunyai nilai-nilai pemerintah melalui ini kita lihat ada undang-undang yang bersama dengan DPR juga ya kemudian peraturan untuk komunikasi untuk

Menciptakan ekosistem digital dan inklusif dan kondusif dari sudah dibuatkan peraturan-peraturannya baik itu undang-undang maupun juga peraturan pemerintah kita lihat dari pemerintah juga masih di waktu kali ini dan pemerintah oleh perbaikan ekonomi pasca pandemi menjadi peluang untuk mentransformasi perekonomian dan berbagai aktivitas sosial ekonomi menuju ekonomi hingga tahun 2021 dapat sekitar 2300

Pemerintah itu juga kenapa pemerintah mendorong untuk tugas dan fungsi pemerintah yang kedua karena pemerintah juga memahami bahwa untuk perbaikan ekonomi pemerintah perlu dibantu dan kemudian juga cara membantunya adalah dengan lahirnya banyak pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan kemudian juga untuk terus mendukung terciptanya ekosistem digital yang baik dengan mempercepat dalam satu bulan ini silahkan di take

Out layarnya kurang lebih seperti itu bisa menginspirasi teman-teman semua untuk kemudian masuk ke arah apa perusahaan-perusahaan digital baik itu bisa bekerja sebagai perusahaan digital atau menjadi melahirkan perusahaan-perusahaan digital itu dan sebagainya mungkin dari saya itu terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kamu tidak terima kasih atas waktunya sudah hadir bersama dengan 250

Teman-teman di Sumatera Utara sehat-sehat nanti kita bisa Insya Allah lanjutkan di sesi diskusi ya Kak Ya terima kasih kamu Tia Nah teman-teman tadi kamu Tia sudah menyampaikan Bagaimana luasnya potensi ekonomi digital dan startup di Indonesia nah tentunya angka-angka yang sangat besar ini bisa teman-teman gunakan tuh untuk menciptakan misalnya startup kecil gitu

Ya di Sumatera Utara atau misalnya memanfaatkan Bagaimana banyaknya e-commerce yang tadi kamu yang sudah sebut Tokopedia dan banyak lainnya teman-teman bisa manfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dan umumnya pertemuan ekonomi di Indonesia tentunya tadi kamu Tia juga sudah sampaikan bahwa teman-teman di Sumatera Utara ini punya potensi-potensi besar ya dalam rangka

Meningkatkan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan cara turut langsung dalam menciptakan atau mengembangkan startup teman-teman di Sumatera Utara jadi karena tadi kita sudah di inspirasi oleh perempuan yang sangat menginspirasi kita Semoga teman-teman bisa langsung melek dan langsung bisa memanfaatkan potensi yang teman-teman punya ya Nah teman-teman kalau tadi kita dengar dari

Ketua komisi 1 DPR RI sekarang kita akan dengarkan dari sisi pemerintah yaitu dari Dirjen Optika kemkominfor Republik Indonesia kepada Pak seni dipersilakan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera Om Swastiastu nama budaya salam kebajikan Salam sehat bagi kita semua Bapak Ibu tamu undangan dan para narasumber yang saya hormati juga rekan-rekan peserta

Kegiatan program literasi digital nasional dengan hashtag Indonesia Makin cakep digital Merupakan suatu kebanggaan bagi saya pribadi untuk turut hadir dan membuka kegiatan kelas generasi digital khususnya bagi rekan-rekan komunitas media serta para pemangku kepentingan majemuk lainnya di seluruh wilayah Indonesia termasuk wilayah 3t lalu kegiatan kali ini kegiatan saya untuk

Menyampaikan kesempatan dua kata kata yang saya harap dapat menjadi bara semangat untuk bapak ibu sekalian dalam pertandingan tangan mewujudkan Indonesia bapak ibu hadirin yang terhormat tepatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu dengan adanya telah kita untuk berinteraksi dan melakukan berbagai kegiatan aktivitas di ruang digital kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan

Bermasyarakat inilah yang kian mempertegas bahwa kita sedang berada di period percepatan transformasi digital pada awal Tahun 2022 ini melaporkan bahwa jumlah pengguna web di Indonesia telah mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya saya yakin angka ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun namun masjidnya penggunaan

Web di Indonesia harus kita akui membawa serta berbagai risiko seperti penipuan on-line hoax dan konten-konten negatif lainnya oleh karena itu peningkatan penggunaan teknologi ini perlu dibangun dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif bijak dan tepat guna survei nasional literasi digital yang

Kami lakukan tahun lalu menemukan Bahwa saat ini indeks literasi digital masyarakat Indonesia masih berada pada angka 3,49 dari skala 5 yang artinya masih dikategori segar belum mencapai kategori baik angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital agar selalu siap dalam mengawal percepatan

Transformasi digital nasional Bapak Ibu yang saya hormati Kementerian kominfo mengembang mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai Garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia dalam mencapai visi dan misi tersebut Kementerian kominfo memiliki peran sebagai regulator fasilitator dan Excel di bidang digital di Indonesia dalam rangka menjalankan salah satu

Badan tersebut terkait pengembangan SDM digital Kementerian kominfo bersama gerakan nasional literasi digital saderasi serta Mitra dan jejaringnya hadir untuk memberikan pelatihan literasi kristal yang menjadi kemampuan digital tingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia berbagai pelatihan literasi digital yang kami berikan berbasis 4 pilar utama yaitu kecakapan digital budaya digital etika

Digital dan keamanan digital hingga tahun 2021 lalu program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten kota pada 34 provinsi di seluruh Indonesia Bapak Ibu dan hadirin yang saya hormati peningkatan literasi digital masyarakat adalah pekerjaan besar Oleh karena itu kami tidak dapat bekerja sendiri

Diperlukan kolaborasi yang baik agar tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam proses transformasi digital ini prinsipnya adalah No person Let Me Excessive untuk itu apresiasi saya ucapkan kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam menyelenggarakan klasifikasi digital Pada hari ini saya berharap Kegiatan ini dapat mendorong terciptanya talenta tanpa digital baru di Indonesia yang

Lebih berkualitas dan siap dalam melayani mewujudkan Indonesia digital indonesia demikian sambutan yang dapat saya sampaikan selamat meneliti kegiatan tetap semangat dan semoga tuhan yang maha esa disertai langkah kita bersama dalam memajukan Indonesia Indonesia terkoneksi semakin digital semakin maju salam literasi digital wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih Pak semi selaku

Dirjen Atika kemkominfo Republik Indonesia Nah teman-teman tadi kita sudah mendengar pemaparan dari legislatif eksekutif Nah sekarang kita dengar nih pemaparan dari pakarnya dari yang memang sudah terjun langsung ke dalam dunia ekonomi digital di Indonesia kita sapa dulu Mas Jason Christopher selaku funding affiliate Apa kabarnya siang hari ini Mas Jason

Di sini sudah ada 250 orang teman-teman yang dari principally dari Sumatera Utara beberapa ada yang dari kota-kota lain nah di Sumatera Utara ini memang perkembangan startup digitalnya lagi sedang naik-naiknya nih untuk itu mereka teman-teman lagi bersemangat cari-cari ilmu terkait dengan gimana sih misalnya mau information di industri terkait begitu ya

Untuk itu senang sekali hari ini kita kedatangan Mas selaku funding affiliate dari Asian belief Capital Semoga nanti bisa memberikan input-input yang baik kepada kita semua terkait Gimana caranya agar kita bisa langsung information nih masyarakatnya di dalam dunia ekonomi digital khususnya startup di Indonesia Untuk itu saya langsung saja persilahkan Mas Jason untuk

Memberikan pemaparan kepada teman-teman silahkan seperti udah diperkenalkan tadi Nama saya Jason dan saya kerja di Capital jadi salah satu modal ventura atau finger Capital di Indonesia jadi mungkin hari ini saya akan coba lebih informasi sedikit ya Jadi kita mungkin lebih bisa berkolaborasi mungkin bisa lebih cerita-cerita sedikit tentang

Mungkin keseharian Saya di sini juga atau tetap yang biasa saya lihat tuh bagusnya Apa kurangnya apa dan bahkan kita mulai dari awal dengan startup itu sebenarnya apa sih gitu Jadi mungkin kalau kita mulai mungkin sekarang semua orang untuk ya tapi banyak banget orang yang mendefinisikan startup berbeda-beda dan memang startup itu sendiri bisa

Dibilang Nggak ada definisi persisnya karena contoh paling mudah kita bisa melihat hanya karena mereka contoh ya ada bisnis yang hanya menjalankan agensi seperti Mungkin kalian pernah dengar Wealthy Bryant berani guide yang dari Indonesia sekarang udah di udah di luar udah di us udah go internasional Mereka pun itu sebenarnya bisa dibilang ada di

Itu ditarik oleh satu company ini sebagai bisnis dan bisnis ini pun disebut dengan startup padahal Mungkin orang biasa ngomong harusnya berbasis teknologi atau misalkan ada hal-hal Lain Oh ya misalkan startup itu pokoknya kalau orang kerja di situ rasanya bawaannya anak muda semua enak gitu tapi sebenarnya apa sih salah satu

Fungsi inti dari startup itu biasanya Kenapa pondasinya itu karena mungkin startup itu biasa mereka mencari pendanaan itu yang mungkin Kalian juga sering dengar dengan namanya itulah yang bisa dibilang juga salah satu kerjaan sehari-hari dari para founder di starter ini gitu Jadi mungkin sekarang kita masuk sedikit ke fan

Rising Jadi kenapa startup ini melakukan enjoyable studying ini dilakukan karena mereka itu membutuhkan modal tambahan untuk mengakselerasikan mereka punya pertumbuhan kira-kira bisa dibilang kayak gitu tapi kalau dari sisi pertumbuhan itu kan sebenarnya banyak banget aspeknya Apakah kita mau ngomong dari pertumbuhan pertambahan produk yang dijual atau service yang dijual

Ya kan Apakah mereka mau menaikkan penjualan Apakah mereka mau bisa dibilang hiring orang baru atau mereka mau tambah lah sumber daya manusia yang lebih misalkan sebelumnya pekerjaannya di tempat-tempat yang lebih terkenal dan kita bisa lebih percaya dengan pekerjaan mereka itu kan hal-hal yang mungkin mereka butuhkan dari sisi startup

Jadi contohnya kita sebut mungkin paling gampang kita pakai go-jek aja harusnya seenggaknya pasti pada lebih mengenal go-jek sebagai startup jadi awal mula gojek Kenapa gojek bisa tiba-tiba setelah ini tiba-tiba bisa dibilang atau sangat besar pergerakannya terutama ekonomi Indonesia itu pertama Karena pak Nadim awalnya itu mereka Jadi mereka ada satu tim yang

Mungkin dengan Kevin Alwi dan lain-lainnya mereka ada satu ide dan idenya itu mereka memberdayakan tukang tukang ojek ini Kenapa awalnya mungkin Oke awalnya dengan tukang ojek ini dan mereka awalnya katanya Mereka dengan hotline Jadi mereka hanya tahu telepon memastikan scheduling-bookingan jadi ada pelanggan disambungkan dengan tukang ojek ini awalnya kayak gitu tapi kenapa

Tiba-tiba sekarang bisa mengarang mereka bisa mempunyai aplikasi aplikasinya bisa dipakai untuk misalkan bisa melihat sekarang tukang ojek itu ada di mana sih lagi muter-muter kelihatan tuh icon-icon gojeknya lagi jalan bisa pesan makanan langsung dan lain-lain ya kan sebenarnya yang pertama kali Kenapa bisa tiba-tiba ada ini semua itu karena mereka juga

Ngambil funding atau mereka juga melakukan enjoyable racing Jadi mereka itu bisa dibilang disuntik modal dari perusahaan-perusahaan yang biasa disebut dengan Pancer Capital ataupun modal ventura Jadi kalian Mungkin sering dengar bisi atau yang mannequin Ventura Seperti contohnya pertama ya tempat saya kerja sendiri dan mungkin ada hal yang primer Is benchers

Dan dan lain-lain gitu Jadi mungkin sekarang kita masuk ke apa sih bensin Capital apa sih modal ventura Kenapa sih kita menyuntikkan modal ke startup startup ini mungkin kita ke arah situ dulu ya Jadi pertama kita kenapa kita menyuntikkan modal Itu dari sisi kita kita juga mengharapkan ada pengembalian

Ya kan nggak mungkin kita mengeluarkan dana terus udah oke thanks gitu kita nggak cuma kayak gitu tapi kita ada berharap sesuatunya apa kita itu berharap return atau revenue atau keuntungan jadi yang kita lakukan itu adalah kita bisa dibilang kita menglontarkan dana ke perusahaan-perusahaan ini atau startup ini lalu kita mendapatkan bisa dibilang

Porsi saham jadi kita bisa dibilang kita mempunyai berapa persen dari tangkap ini itu kan simpelnya kayak gitu Jadi mungkin beberapa Adik kalian yang udah lumayan Ngerti tentang startup ngerti lah kalau kita kita Emang mendapatkan sedikit porsi atau modal saham dari perusahaan ini gitu yang nantinya Bagaimana cara kita mendapatkan revenue

Kita akan menjual modal saham ini ketika perusahaannya udah jauh lebih macet jauh lebih besar transaksinya gitu jauh lebih besar bisa dibilang ekosistem yang lebih besar produk atau apapun itu yang dijual lebih banyak dan bisa dibeli keuangan lebih baik dan lain-lain ya kan jadi ini dimana kita bisa diambil kita mengambil resiko dengan kita

Menaruh modal di sini dan kita berharap perusahaan ini menjadi sangat besar dan nantinya pun kita bisa mendapatkan return saat contoh-contoh contoh dari kita itu mungkin kita bisa jual posisi saham kita ke investor lain atau ke modal venturaline itu beberapa yang kadang-kadang dilakukan tapi ada juga yang mereka menjualnya itu langsung ke publik

Melalui Ipo inisial mobil providing jadi Capital market ataupun bursa saham gitu Jadi contoh-contoh yang paling gampang kita pakai lagi ya mereka Gabung jadi satu dan mereka juga menjual saham ke kulit jadi dari penjualan saham Republik itu bisa saja ada beberapa dari sisi modal ventura itu yang melepas porsi saham mereka gitu jadi inilah

Contoh-contoh konkrit di mana kadang-kadang Bagaimana cara modal ventura atau finger Capital itu mendapatkan return atau revenue Nah sekarang mungkin kita lebih dari Kenapa sih waktu itu Misalkan go-jek bisa mendapatkan pendanaan Apa sih yang dilihat dari gojek gitu kan jadi kita itu mungkin seminggu sekali atau dua minggu sekali pasti ada

Orang yang datang ke kita bisa disebut dengan instructing Kalau mungkin pernah denger juga ya jadi banyak Firm mereka mereka mau jelasin tentang produk mereka bisnis modal mereka dan nanti dari sisi kita gereja kapital atau mannequin Ventura kita melihat nih Oh kita demen sama bisnis ini kenapa dan akhirnya

Kenapa kita bisa percaya dan kita mau mengambil resiko untuk menaruh dana di bisnis ini yang nantinya pun bisa jadi akan sangat besar dan kita bisa menjual porsi saham kita gitu contohnya Jadi sekarang kita masuk ke hal-hal Apa sih yang dilihat dari startup kalau misalkan mereka instructing jadi Hal paling pertama itu yang biasa

Banyak sekali gadget Capital atau modal ventura atau investor ngomong itu foundernya Siapa yang menjalankan operasionalnya ujung-ujung Siapa yang mempunyai visinya startup ini akan Mau Dibawa Kemana karena mungkin paling gampang kayak gini kalau kita melihat foundernya aja ya Jadi kalian kalian coba mau posisikan diri kalian sebagai dari sisi orang dari meja Capital dari

Misalkan bayangkan menjadi saya kalau misalkan ada yang tiba-tiba datang dan coba PC ke kita tetapi pas mereka datang atau mereka mungkin Zoom name ya Dan mereka lemes banget kayaknya visinya segitu doang Apakah dari sisi kita kita yakin sama founder ini apakah kita langsung ngomong Padahal kita aja nggak yakin ini apakah

Ini orang sebenarnya bisa nggak sih bener-bener menjalankan bisnis yang ujung-ujung ngerti nggak sih sebenarnya industrinya seperti apa Apakah benar mereka bisa naikin penjualan sebanyak itu karena kan pasti mereka sangat membutuhkan penjualan yang bisa dibilang setinggi-tingginya kan banyak sekali orang ngomong harus sama sekali pertumbuhannya harus 10 kali lipat dari penjualan dalam satu tahun

Dan lain-lain jadi balik lagi itulah aspek yang pertama kita lihat mungkin dari sisi tim ya kan dan hal kedua yang kita lihat mungkin bisnis modelnya ya kan bisnis mannequin di industri ini apakah kita melihat Masa sih bisa jalan gitu Apakah kita bisa bikin aplikasi berdasarkan bisnis mannequin ini apakah mungkin Kita sebenarnya belum

Tentu perlu aplikasi gitu nggak semua startup punya aplikasi juga kan dan hal ini pun mungkin paling gampang kita lihat dari sisi go-jek gitu kan kan pasti ada hitungannya nih jadi kalau nanti kita udah masuk ke finansial ya Ada hitungannya Kenapa go-jek itu naruh harga di Gosen atau digorengnya mereka atau digovitnya mereka transaksi

Transacti atau mungkin itungannya kenapa dari buyer mereka harus bayar segini misalkan 20.000 untuk pengantaran dari sini sampai sini Itu kan banyak yang dihitung contoh paling gampang motornya ini dari sisi ojek Bagaimana Sisi ojek itu memastikan kalau mereka kalau nganterin makanan ini dari restoran ini ke tempat pelanggan ini

Kita sebutnya 5 km ya kan itu nanti bakal ada perhitungan dari sisi bensin ya kan dari sisi waktu jadi nanti dari sisi ojeknya paling gampang melihat kalau misalkan saya aja habiskan perkiraan kita sebut aja 30.000 5 km bensin masa kita mau cuma dapat 20.000 hitungannya nggak masuk dong paling gampang seperti

Itu ya kan Nah ini yang dari sisi kita dari sisi mannequin Ventura kita juga mau lihat apakah benar dari semua Sisi memang ini terpenuhi memang hitungannya itu masuk bisnis modelnya apakah masuk kalau kita dia pertama kita melihat Oh Ternyata kita sebut pakai gojek lagi ternyata dari sisi driver ojeknya ini

Mereka butuh transaksi itu yang masuk langsung ke mereka itu sekitar Rp50.000 contoh seperti itu berarti dari sisi pelanggan mungkin harus membayar sampai 60.000 per transaksi karena 10.000 nya ini akan menjadi profitnya go-jek itu nangkap ya Saya ulang ya jadi misalkan 50.000 dari 50.000 itu bisa dibilang keuntungan bersih yang

Dibutuhkan dari service yang diberikan oleh tukang ojek ini kita pakai Contoh angka itu dan dari sisi pelanggan itu mungkin Berani bayar sampai berapa sih Apakah mereka Berani bayar sampai 60.000 karena 10.000 10.000 nya itu yang dari 50.000-nya akan ditambahkan 10.000 nya itu akan diambil dari sisi gojek jadi pelanggan itu harus berani membayar

Sampai 60.000 Apakah mereka hitungannya masuk kalau ternyata pelanggan ngerasa masa pesan makanan doang harus sampai 60 ribu mendingan jalan sendiri misalkan kayak gitu kalau dari situnya nggak masuk mungkin dari sisi kita riset Capital kita ngerasa ini bisa modal masuk nih ngapain dari sisi buyer kita mau spam sampai 60 ribu cuma buat

Makanan diantar Misalkan contoh tapi kenyataannya gimana dari sisi ojek mereka hanya membutuhkan perkiraan 10.000 untuk pengambilan lalu pengiriman mereka ngerasa itu cukup dan ini akan sangat melayani kalau ada aplikasi yang bisa memperbolehkan mereka untuk mendapat orderan karena kadang-kadang mereka juga belum tentu dapat orderan ke sehari-harinya gitu kan tapi gara-gara

Aplikasi ini ini melayani dari sisi objeknya mereka bisa mendapat tadi 10.000 ataupun 15.000 per misalkan pengantaran contohnya seenggaknya itu di Jakarta ya kan dan Sama halnya misalkan dari sisi dari sisi pelanggan Oh kita cuma perlu bayar 20.000 sampai 25.000 untuk pengantaran dan kita nggak perlu pusing-pusing dan sangat bahagia juga

Gitu kan Kalau ada service seperti ini dan dengan waktu yang sama gojek pun akan mendapat bagian karena mereka mempunyai platform ini dan mereka kita sambungkan dari sisi pelanggan dan Sisi dari sisi pengojek-ojek ini ya kan jadi bisa dibilang stakeholder ataupun semua Sisi atau fungsi yang ada di dalam ekosistem ini semua terpenuhi

Jadi dengan begitu jadinya bisa dibilang bis mannequin ini jalan mungkin paling mudah dari itu dan ya kita bisa lihat sekarang gojek sebesar apa ya kan Nah dari situpun kita itu itu aspek paling mudah jadi dari sisi-sisi kita mau lihat apa Bener Bisa modelnya itu jalan jadi itung-itungannya kita lihat dan dari

Itupun ada sebutannya kita mau memahami lebih dalam sebenarnya keuangannya Bagaimana sih finansialnya Apakah kita melihat nanti Oh untuk sumber daya alam kan kadang-kadang kita bisa lihat kita pasti minta contoh mereka meminta pendanaan sebesar 500.000 atau sekitar mungkin 8 miliar gitu kan 8 miliar Indonesia Rupiah Terus ternyata mereka menggunakan dua

Sampai empat miliar nya itu untuk menggaji diri mereka sendiri itu contoh paling gampang Apakah benar Masa sih orang dari kita dari di situ kita nggak ngeliat kalau Oh ternyata mereka pakai 25% nya itu untuk gaji mereka sendiri dan kita langsung mikir dong Apakah benar wajar kita bayar segitu untuk

Sistem yang misalkan kita ngomong startup yang termasuk cukup kecil Apakah kita bisa belum percaya sama ini orang berdasarkan apa Misalkan seperti itu itu hal-hal yang kita pasti ngelihat dan kita jadi mikir kalau kita menggunakan ya kalau ternyata akhirnya ini nggak kemana-mana berarti dana kita hilang gitu aja dong kita hanya melayani mereka

Untuk mencoba menjalankan bisnis ini padahal kita sendiri nggak yakin kalau bisnis ini akan jalan dan dengan begitu ya ya masa kita mau masuk sih Masa kita mau make investments di firm firm seperti ini contohnya seperti itu gitu ya tapi mungkin sekarang lebih kita mikir dari sisi sebenarnya dari sisi kita kita dapat

Duit dari mana sih Dari Capital mungkin kan itu juga yang banyak di pertanyaan-pertanyaan kalian Okelah dari sisi startup founders semua mereka investasi dari bencana-bencana Capital ini tapi dari mana sih sebenarnya duit chapter ini lah Dimana kita bisa bilang perekonomian Indonesia digerakkan juga dengan adanya strata digital Itu dari sisi fitur Capital karena

Blazer Capital ini bisa mendapatkan dana dari investor-investor dari satu dunia contoh mungkin paling gampang ada banyak investor-investor dari Singapura ada banyak investor-investor dari luar negeri dari dari Amerika dari dari negara apapun itulah bahkan dari Thailand Jadi bagaimana cara mereka mempercayakan dana mereka ini kalau mereka nggak ada di Indonesianya langsung ya mereka bisa

Mengeluarkan dana ini ke bencana-bencana Capital ini untuk menggerakkan dana mereka dan nantinya mereka juga berharap sama mereka juga berharap keuntungan dari pemberian dana ini itu pergerakan bisa dibilang image sebagai platform seperti itu jadi mendapatkan dana dari investor Capital menggalang dana juga bisa dibilang juga melakukan untuk fan Rising

Semua uang Ini yang dari investor yang mungkin dari Singapura atau apapun ini masuk ke Indonesia dipakai dan dilontarkan untuk startup di Indonesia Itulah kenapa kita bisa bilang dengan adanya startup ada infrastruktur di luar ini semua luar negeri semua uangnya itu masuk ke Indonesia dan akhirnya apanya di startup

Gitu Dan kalau udah nyampe di startup akhirnya digunakan buat apa jadi nah ini kita ngomong ke funding Utilization Jadi kalau kalian nanti akan ada paching-ping ke gadgetnya kalian penggunaan dananya untuk apa aja nih Yang tadi kita udah mungkin kita udah sempat beberapa kali ngomong memperbesar transaksi ke mungkin dari sisi hiring

Orang-orang yang lebih penting dan fungsi-fungsi penting dari humorisses atau sumber daya manusianya dan misalkan dari sisi advertising biar orang-orang lebih tahu nih kita itu siapa sih sebagai startup contohnya jadi di sini kalau kita mungkin saya coba kasih lihat contoh paling gampang dari sisi gojek lagi dari sisi gopay

Oke jadi Mungkin kalian pernah lihat lah sedikit merchan merchan mungkin dari restoran kek ataupun dari tempat jual Makanan apa yang easy ataupun minuman yang mereka ada menyediakan gopay dan kalian tiap kali lihat cashback 5.000 kalau minimal pembayaran misalkan berapa atau maksimumnya maksimum diskonnya juga berapa misalkan ada kayak gitu contoh

Paling mudah ya kan jadi sekarang kita ngerti ini sebenarnya itu pergerakannya gimana sih pergerakan uang itu jadi Oke ada kita misalkan saya saya beli saya beli kopi kenangan itu kan saya beli kopi kenangan 20 ribu tapi kalau saya pakai saya pakai gojek saya bisa dapat cashback 5.000 itu dari mana sih mungkin kadang-kadang

Ada yang dipikir begitu kan ini baru kita bisa telusuri jadi ternyata 5 ribu rupiah itu apakah pertama yang menanggung dari sisi service provider Apakah dari kopi kenangan bisa jadi itu itu pertama itu kemungkinan pertama ya tapi kalau itu pun karena kopi kenangan juga kita bisa sebut sebagai startup kan Jadi mungkin mungkin mereka berani

Membayar dari sisi itu Tapi kalau kita mungkin lebih mengarah ke restoran atau rumah makan atau pun tempat jual makanan minuman yang lebih konvensional Apakah mereka mau tiap kali mereka bayar 5.000 untuk nalangin buyer yang pakai gojek ini yang pakai gopay itu kan berarti dari sisi restoran mereka keluarin 5.000 per transaksi atau

Mereka pembayaran 20000 ini ngapain Kalau mereka bisa pakai money dan mereka bisa pakai switch dan lain-lainnya kartu kredit debit apapun itu inilah baru kita telusuri lagi lebih dalam Oh ternyata yang menggelontarkan Rp5.000 ini per transaksi ini mungkin itu dari sisi gojeknya sendiri kenapa go-jek mau mengeluarkan 5 ribu

Rupiah ini itu biar orang itu obtain aplikasinya ya kan jadi dengan misalkan sama saya Saya lagi beli kopi dan saya melihat Oh waktu itu shopeepay dan lain-lain semuanya itu kita kalau misalkan kita pakai aplikasi ini kita bisa dapetin 5000 5000 per Transaksi dan itu berjalan sampai berbulan-bulan promo ini saya saya tidak

Temper dong masa saya nggak mau misalkan saya nggak mau diskon 5000 lumayan banget diskon 25% tiap kali saya beli kopi itulah waktunya dimana saya jadinya obtain dan bisa dibilang promo advertising yang dijalankan oleh startup startup ini berhasil ya kan orang-orang kayak kita yang dari retail-detail sebutannya pelanggan pelanggan ini jadi obtain hanya karena

Ada promo yang berburu rupiah ini jadinya Okelah dari sisi goreng mereka bayar 5.000 karena dapat diskon ini karena diskon ini harus ada yang nalangin tadi balik lagi ya 5.000 tapi yang penting kita dapat pelanggan baru yang akan lebih nyangkut dan kedepannya mungkin akan melakukan transaksi-transaksi lain di dalam aplikasi tersebut itu contohnya jadi

Kalau kita telusuri lagi Oke ya udah gojek yang nalangin gojek yang membayarkan 5000 tadi per transaksi gojek dapat uang ini dari mana untuk menahan 5000 rupiah ini agar nantinya bisa pelanggan sampai titik akhirnya pelanggan itu mendapat diskon 5.000 Ternyata kalau ditelusuri lagi dari modal ventura ataupun meja Capital gitu

Jadi gojek itu sebenarnya awalnya bergerak gara-gara itu juga jadi Kenapa mereka bisa banyak banget yang udah obtain aplikasinya gini paling gampang kalau misalkan nggak ada nggak ada promo-promo seperti ini apakah akan sebanyak ini yang dahulu gojek mungkin nggak karena mereka memang banyak banget promo-promo yang mereka lakukan sehingga

Mereka itu bisa dapat pelanggan itu banyak banget yang mau obtain gojek cocok paling gampang saya sendiri gitu sampai sekarang saya masih pakai gojek siang ini pun saya baru pakai gojek ya kan karena saya masih dapat diskon misalkan 30.000 dari 100 ribu misalkan Saya makan gitu diskonnya masih sangat besar sampai

Sekarang itulah yang kalau kita telusurin paling ujungnya lagi ternyata blazer Capital mendapatkan dana dari fbin investor dari luar jadi kalau kita belum telusuri dana ujung-ujung ternyata ini dari investor luar sampai ujungnya Akhirnya bisa dipakai oleh kita diskon-diskonan itu promo-promo itu kalau misalkan Tokopedia yang misalkan membagi-bagikan oh ya ada

Voucher ada Tokopedia itu ternyata ujungnya itu dari investor-investor ini gitu jadi Itulah kira-kira flow-nya kenapa pergerakan ekonomi itu bisa digerakkan dari sisi startup doang dan bahkan ada data-data di mana startup itu dibilang dari complete PDB itu sekitar 4,5% jadi PDB Kalau mungkin pada belum inget PDB itu produk domestik bruto ya

Atau bisa dibilang nilai akhir dari produk atau service yang diproduksi di suatu negara dan dari Indonesia sendiri itu sekitar 4,5-5% dan sampai sekarang modal ventura semakin banyak startup semakin banyak seperti yang kalian mau lakukan juga jadinya memang pertumbuhan ekonomi itu sangat digencarkan hanya dari startup ini sendiri dari dunia dunia startup ini ataupun

Modal ventura bahkan sampai belakangan ini kalau kalian sempat baca berita ada merah putih fan namanya ya kan ini ada future Capital yang bisa dibilang dibuat oleh menteri BUMN untuk menjalankan lebih dalam dari investasi starter ini dan jumlahnya itu sangat besar jumlahnya itu mencapai sekitar 4,3 triliun jadi kita bisa bayangin ya 4,3 triliun

Duit ini atau uang ini akan dipakai untuk memutarkan ekonomi Indonesia karena akan dipakai di make investments di startup Indonesia jadi kalau kita ngomong Apakah starter Emang sebesar itu impactnya ke negara sangat besar karena ini dunia yang bisa dibilang termasuk baru karena teknologi semakin teknologi semakin aneh-aneh variasinya dan semakin banyak yang ingin memulai

Karir di startup dan kita bisa ngomong dengan ada yang startup itu membuka peluang lebih banyak untuk pekerjaan ya kan contoh paling gampang dari izinkan sendiri kita ada satu platform namanya baru ini kan itu kita bisa mempererat memperkerjakan contoh-contoh itu casual employee atau pekerjaan casual mungkin dari sisi buruh pabrik atau dari sisi

Bantu Safety dan lain-lain kita bisa bantu dengan kita misalkan kita 3 menit aja registrasi kita langsung bisa bikin mereka CV 3 menit doang bisa bikin CV yang udah clear dan CB stage profesional dengan itupun itu makin besar lagi itu kita bisa bilang mengejar lebih banyak lowongan-lowongan pekerjaan dari sisi manapun itu

Itu salah satu contoh ya kan dan kalau kita mau ngomong dari sisi ada dari sisi agrikultur ya kan dari sisi logistik banyak sekali startup itu yang memberikan lowongan kerja untuk Republik Indonesia jatuhnya terakhirnya gitu dan kadang-kadang siapa yang menandakan kita ngomong lagi dari ujungnya ternyata dari luar Jadi ini kita bisa dibilang kita

Menerima fund dari atau kita menerima dana dari luar yang akhirnya kita sangat bus ekonomi Indonesia ini Itulah kenapa menurut kita dari sisi pemerintahan dari sisi kita pekerja korvet dari sisi Tata founder masyarakat bahkan masyarakat itu juga glad karena ada transaksi kita transaksi promo dan mempermudah pekerjaan mereka sehari-hari dari sisi

Apapun itu semua itu bisa dibilang profit atau menerima keuntungan dari adanya ekosistem santap ini itu mungkin dari sisi startup Ya tapi kalau sekarang kita ngomong kenapa sih Indonesia tetap selalu jadi target-target dari finger Capital ataupun dari investor-investor luar Kenapa investor luar nggak mau dana di contoh misalnya kita sebut Mesir kek di

Afrika kek di negara-negara apapun itu ya mungkin salah satu contoh paling gampang itu Indonesia itu populasinya 4 terbesar di dunia jadi kita bilang dari sisi sumber daya manusia banyak banget yang bisa dipakai masing-masing itu punya ability set yang beda-beda kita tinggal cari kita ketemu dan kalau kita mau ngomong juga dari

Sisi sumber daya manusia kalau kita bandingin dengan negara-negara luar kalau kita mau ngomong dari sisi beceknya important ya kita melihat Memang karena suplai yang sangat besar jadinya mau tidak mau bisa dibilang demandnya itu di mana yang tidak tertutup jadinya orang-orang ini kadang-kadang sellerynya ataupun gajinya mungkin tidak sebesar contoh di us ataupun di

Tempat-tempat lain gitu kan jadi dengan begitupun bisnis-bisnis itu pergerakannya menjadi semakin efisien kira-kira Itulah kenapa dari type discussion board direct investor investor investor luar Bahkan investor lokal sendiri berani mengeluarkan dana untuk stator di Indonesia gitu Dan mungkin untuk menutup terakhirnya dari kita itu kenapa sih mulai startup atau bahkan Kenapa nggak

Mulai kenapa jangan mulai startup ini saya tetap realistis kalau dari sisi-sisi banyak sekali startup yang nggak bisa carry out nggak bisa operasional itu nggak sebagus itu karena kenyataannya Mungkin memang tidak semudah itu kadang-kadang saat itu mungkin mungkin banyak banget kita dengar di luar-luar media-media Wah gojek jadi sangat besar

Pak Nadim akhirnya jadi menteri dan lain-lain apapun itu ya kan banyak banget story-story yang kayaknya Wah banget tapi kita juga selalu perlu melihat banyak banget loh risiko dari membangun startup ini Nah itulah kadang-kadang kita perlu lihat jangan hanya melihat baiknya saja dari startup kayak Iya sangat berbuah kalian akan bisa

Memberikan dampak ekonomi yang sangat besar di Indonesia kalian bisa memberikan bisa dibilang lowongan pekerjaan untuk sumber daya manusia di Indonesia banyak sekali Memang positifnya Tapi kita tetap harus ngelihat kita sedikit dan kita melihat Apakah benar saya bisa melakukan startup ini Apakah saya bisa mengoperasionalkan ini Apakah startup ini bisa akan menjadi sebesar itu

Jadi mungkin untuk menutup balik lagi saya terima kasih untuk semua yang udah berpartisipasi juga senang juga bisa sharing-sharing seperti ini dan mungkin hidup terus untuk startup Indonesia ya Karena untuk semuanya bisa berkarya terus dan Kalian juga yang ingin memasuki dunia catat Semoga semua berjalan dengan lancar saya saya juga mengucapkan aja lah untuk

Semua apapun kalian lakukan dan Semoga semua bisa sukses terus gitu Sekian dan terima kasih oke Thanks mas Jason dari hulu ke hilir sudah dijelaskan Bagaimana perspektif Enterprise Capital ya Orang yang memberikan modal gitu kepada teman-teman jadi ternyata startup bukan hanya tentang misalnya kita punya ide lalu

Startupnya dibangun gitu ya Mas ya tapi ada masalah modal juga yang di sini menjadi urusan juga dan tadi Mas Jason juga bilang tuh bahwa nggak semua startup bisa di approve ya Mas ya sama Fancy Capital ya atau misalnya Enterprise capitalnya Mas Jason juga tidak semua jadi belum semua bisa di approve makanya

Harus ada mungkin laporan keuangan yang element yang baik gitu ya output yang baik dari produknya lalu misalnya impression ke masyarakat Bagaimana gitu ya Mas ya untuk kemudian nanti bisa akhirnya di approve diberikan modal lalu diberikan modal tuh bukan berarti bahwa akhirnya nggak punya tanggung jawab lagi nggak

Gitu ya Mas Jason ya tapi diberikan modal tapi nanti juga akan ada apa hitungan-hitungan return-nya atau pengembaliannya seperti apa dan lain-lain nah makasih ya udah buka mata kita terkait dengan permodalan ini ya nanti akan kita lanjutkan lagi di sesi diskusi Terima kasih Mas Jason nah teman-teman ternyata Tadi kita juga

Baru paham ya bahwa Indonesia ini menjadi salah satu tempat favoritnya Para investor yang punya modal Kenapa karena banyak sekali startup di Indonesia yang bertanggung jawab yang bagus yang karena salah satunya adalah karena penduduk Indonesia yang sangat banyak ini ya teman-teman Ya makanya harus bisa dimanfaatkan dengan baik tapi

Ingat tadi kata Mas Jason bahwa tidak semua startup akhirnya Kalian iseng-iseng mau ngediriin startup Lalu nanti minta modal pasti di approve nih sama timnya Mas Jason karena udah ikut webinar nggak gitu ya teman-teman ya harus ada pertanggungjawaban yang baik juga Nah agar kita lebih jelas lagi agar lebih paham lagi terkait dengan ekonomi

Digital dan juga startup di Indonesia sekarang saya buka termintanya jawab nih untuk teman-teman muda-mudi yang ada di Sumatera Utara dan juga di daerah-daerah lainnya yang be a part of webinar kita hari ini Gimana caranya Caranya adalah dengan menyalakan fitur rise Hand untuk 3 orang yang menyalakan fitur recehan Nanti akan

Saya pilih dan pertanyaan yang baik yang terbaik nanti akan mendapatkan hadiah dari Kementerian komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan DPR RI hari ini jadi teman-teman yuk proper hand yang ada di zoom terlebih dahulu karena saya akan pilih yang ada di zoom 3 orang kemudian nanti baru saya akan kalau

Waktunya Masih sempat saya akan bacakan dari teman-teman yang ada di YouTube gitu oke nomor satu yang pertama yaitu Mas Abdul Hafiz Mas Hafiz ya dan yang kedua yaitu Kak aspal dan yang ketiga Kak Nadia Oke saya persilahkan dulu Bang Hafiz Selamat siang Bang Hafiz pertanyaannya apa Halo Bang Hafiz selamat siang Bisa

Dianut dulu Bang microphone-nya Selamat siang saya dari SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu Saya pernah terpikir kan membuat aplikasi yang mana apa yang kita inginkan bisa kita capai gitu misalnya kan gini Saya lagi di rumah mager ketika itu pengen beli sesuatu gitu kan Kalau di go-pay kan dia terbatas nggak sesuai keinginan kita kan

Jadi bagaimana cara kita membuat atau membuat aplikasi yang kita yang mana kita menginginkan sesuatu bisa kita beli sesuai keinginan kita kan gitu secara instan Oke artinya aplikasi jasa gitu jasa jasa pembelian atau jasa penitipan ya mungkin itu saja Terima kasih baik terima kasih Bang Hafiz mungkin simpelnya pertanyaannya adalah apa sih

Tahap awal dari pembuatan begin up gitu ya kalau misalnya kita mau buat aplikasi itu pertama sekali yang harus kita pikirin tuh apa gitu ya Bang ya tapi sesuai yang sesuai kita inginkan bagaimanapun tipe aplikasinya bagaimanapun tipe startupnya tapi bagaimana sih cara awal mulanya sekali kita ingin membuat hal tersebut tuh step

Awalnya apa gitu ya Baik terima kasih Bang Hafiz selanjutnya saya persilahkan ke Asta silahkan Kasta Halo selamat siang dari Medan Saya mau bertanya Bagaimana cara membangun bisnis startup tanpa memiliki keahlian pemograman atau bukan keahlian di bagian it oke Gimana sih cara mau bangun startup tapi nggak punya keahlian IP gitu ya tapi

Sebenarnya Mas Jason udah bilang tuh kalau ternyata startup itu kan bukan cuma Tokopedia bukan cuma e-commerce gitu ya tapi ternyata misalnya jualan toko kopi jualan kopi yang di jualan juga secara on-line itu juga termasuk begin up lalu tadi Wealthy yang di invite dengan salah satu label itu juga saat

Masuknya gitu ya tapi nanti kita akan dengarkan lebih jelas lagi dari para narasumber Nah selanjutnya karena dia silahkan karena dia selamat siang Selamat siang sebelumnya terima kasih kepada kakak moderator telah mengizin saya untuk bertanya izin bertanya Kak berkaitan tentang apa sih tantangan terbesar dalam menjalankan startup bagi pemula dan Bagaimana solusi menurut versi

Seperti bapak atau kakaknya Oke baik ini mungkin banyak sekali yang temen-temen juga tanyakan ya apa sih tantangan terbesar bagi pemula-pemula yang ingin bangun startup lalu solusinya Bagaimana gitu nah teman-teman kita sudah punya tiga orang penanya Saya ulangi lagi yang tadi dari Hafiz yang pertama yaitu Bagaimana sih

Tahapan awal Kalau dia mau buat sebuah startup apa sih tahapan awalnya begitu yang kedua dari Asta Apakah bisa kita membangun sebuah startup tanpa adanya pengetahuan it yang baik gitu Apakah harus memang harus orang-orang it aja Yang bangun startup atau seperti apa dan yang ketiga dari Nadia apa sih tantangan

Terbesar bagi para pemula yang mau terjun ke dunia ekonomi digital ini Lalu bagaimana solusinya untuk menjawab pertama saya persilahkan ibu Mutia Hafiz selaku ketua komisi 1 DPR RI Silahkan ibu Mutia menarik ya pertanyaan teman-teman tadi yang sudah bergabung dan kelihatannya masih muda-muda semua tuh bener-bener belajar mungkin mahasiswa-mahasiswa yang

Mengikuti Nah tadi Kalau dari Mas Hafiz untuk tahapan awal mungkin step by stepnya saya minta tolong Pak Jason mungkin ya yang mungkin lebih meskipun beliau kan sebenarnya juga di pendanaannya tapi mungkin Mas Jason bisa berbagi sama anak-anak muda di Sumatera Utara untuk memberi gambaran Apa sih yang dilihat oleh

Investor gitu ya atau calon investor ketika memilih sebuah gitu ya supaya teman-teman tahu langkah-langkah awalnya Kemudian yang kedua dari bahasa nggak usah khawatir juga sih kalau misalnya ingin melahirkan sebuah startup tapi nggak punya background pertanyaannya ya kalau teman-teman ingat Jack Ma yang cukup fenomenal namanya ya yang melahirkan Alibaba bersama

Kawan-kawannya ada dua kuncinya nih bersama kawan-kawan satu jadi artinya tidak sendiri untuk mengerjakan startup itu Pilihlah teman-teman dengan keahlian yang berbeda-beda itu seorang yang mendalami ilmu jadi itu bahasa atau atau guru bahasa jadi itu yang kita lihat background masing-masing orang yang kemudian menjadi besar dari startup itu berbeda-beda sekali nggak

Semua paham mengenai it tapi yang jelas semua itu mempunyai tim yang kuat artinya tidak kerja sendiri Mungkin dia tidak punya background it Tapi dia bisa mengajak kawannya untuk kemudian melengkapi kemampuan di bidang lainnya yang paling utama adalah pertama keinginan Jadi kalau tadi bahasa sudah tergerak berarti paling nggak itu udah

Ada yang kedua keberanian dan kemudian yang ketiga nantinya yang juga amat mahal ya Selain tentu penggunaannya Tapi kalau ini bagaimana ide yang authentic ide yang berbeda dulu kan kita Nggak kebayang ya bagaimana kita mengirimkan barang-barang melalui ijazah transportasi on-line gitu jadi ide seperti itu yang terminalnya itu bukan karena dia berbeda

Aja tapi bisa merubah gaya dan perilaku manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari kemudian beli tiket kemudian kita bisa membeli tiket sendiri secara on-line Bagaimana kita bisa memilih Lodge bahkan memilih kamar-kamar hotelnya melalui situs-situs atau aplikasi-aplikasi di bidang perhotelan dan lain-lain itu dulu nggak nggak terbayangkan bahwa ada kemudahan-kemudahan seperti itu jadi itu

Yang menjadi kekuatan ide itu pembahasan nanti apa kalau background sih silahkan kalau punya teman yang ngerti itu lebih bagus lagi kalau tidak Nanti bisa apa namanya ya merekrut orang yang paham mengenai it kemudian tantangan yang ketiga apa yang ketiga tantangan bagi startup pemula lalu solusinya Apa tantangan buat swasta pemula

Mirip-mirip sih ya jawabannya bahwa pertama harus ada ide harus ada tim yang kuat harus gigih karena dunia ini memang kita nggak bilang dunia ini mudah ya kita ingin melahirkan apa penciptaan lapangan kerja kemudian bisnis yang mannequin baru seperti ini pasti tantangannya luar biasa Jadi pertama memang gigih kemudian tadi

Juga ada kalau yang nggak ngerti itu harus ada pelatihan-pelatihan dan kita dorong pemerintah untuk terus mengadakan pelatihan-pelatihan seperti itu kominfo diantara yang kita dorong terus untuk terus membuat ini kan yang hari ini kita lakukan siang sore ini kita lakukan adalah literasi digital tapi ada juga pelatihan-pelatihannya nah ini harus

Lebih banyak lagi supaya teman-teman tidak cuman di Set off pengetahuannya sehingga ada keinginan tapi juga dibantu bagaimana nanti apa membuat ataupun Menyalurkan dengan sumber-sumber pendanaan Nah untuk startup itu ada gerakan dari saya sampaikan 1000 digital startup kamu tidak salah di kota-kota besar dan Medan saya tidak sekarang Bahwa Medan juga salah satu diantara

Kota yang terpilih untuk mendapatkan 1000 digital oleh Kementerian komunikasi dan Informatika apa Seperti apa caranya karena di situ tidak hanya ada bantuan awal untuk pendanaan tapi juga langkah-langkah yang harus dilakukan pelatihan-pelatihan Dan lain-lain mungkin kurang lebih itu nggak salah Baik Terima kasih Bu Mutia atas Jawabannya kemudian terakhir Bu closing

Assertion untuk teman-teman di Sumatera Utara Silahkan ibu suaranya sedang sreg ya mungkin singkat aja Semangat teman-teman apa ini ini bukan sebuah pilihan aja sih bagi saya ini sebuah keniscayaan bahwa kita memang sudah beralih ke dunia digital dan tentu startup adalah bagian dari pengisi ruang-ruang digital yang ada di tanah air jadi internetnya sudah

70% lebih 77% gitu ya Berarti hidup kita ke depan akan banyak dilakukan di dunia maya ini bahkan menurut riset rata-rata penduduk Indonesia sudah menghabiskan waktunya sepertiga dari harinya atau lebih dari 8 jam di web dan itu rata-rata anak-anak mudanya sepertinya jauh di atas 8 jam karena rata-ratanya

Aja 8 jam Jadi kita harus mempersiapkan diri kita juga untuk kemudian menjadi pelaku-pelaku jadi nggak cuman kita nonton video musik atau apapun itu yang ada atau kita menjadi pembeli dari berbagai transaksi-transaksi ekonomi yang terjadi atau kita cuman menjadi ya konsumen pangsa pasar yang disasar tapi kita juga harus menyasa kita juga harus

Menjadi pelaku-pelaku disitu bukan hanya penikmat-penikmat apa yang kita lihat sekarang ada di dunia digital mungkin itu nggak salah dari saya baik Terima kasih Bu Mutia selaku ketua komisi 1 DPR RI atas waktunya Ibu Terima kasih sudah hadir bersama-sama kita Semoga sehat selalu sehingga kita bisa bertemu di webinar webinar selanjutnya Terima kasih

Ya kemudian Terima kasih Nah teman-teman tadi bu Mutia sudah menjawab tuh ya kita tentunya jangankan teman-teman saya aja sangat terinspirasi sekali oleh beliau karena tadi bahwa sebenarnya background apapun tidak masalah teman-teman Asalkan kita punya tim yang kuat mau belajar idenya Bizarre gitu ya idenya kalau bisa pure dari pikiran kita sendiri sekali

Lagi terima kasih Bu Mutia atas Jawabannya nantinya tentunya Kalau teman-teman mengikuti @mutia_hafid dan juga @dunia Mutia di situ banyak sekali info-info terkait dengan webinar bersama dengan Kak Mutia ya yang seminggu mungkin berkali-kali itulah dedikasi Bu Mutia terhadap teman-teman di Sumatera Utara Nah kalau tadi kita sudah dengar jawaban dari kamu

Tia selanjutnya saya persilahkan Mas Jason untuk menjawab Nih teman-teman pasti sudah penasaran apa sih jawabannya silakan mas oke thanks Jadi mungkin kita mulai dari pertanyaan pertama [Musik] maksudnya mungkin dari pertanyaan itu kalau persis idenya itu tadi mau coba kepikir apa tiba-tiba Mau beli apa Maksudnya kepikir apa apakah berarti

Aplikasinya harus membaca yang di otak gitu kalau misalkan kayak gitu mungkin itu berarti masih jauh teknologinya itu masih dari misalkan dari Amerika Serikat karena itu harus membaca dari neuron otak dan lain-lain Misalkan seperti itu tapi kalau misalkan kita ngomong ke dari sisi aplikasinya sendiri mungkin mau beli apa

Biasa orang karena itu adalah ada Tokopedia shopee dan lain-lain di mana Kita mau beli apa itu sebutnya market atau e-commerce market di mana Memang mereka jualan semua di situ karena mereka penjualan di situ dan pembeli ada di situ itulah platform Tokopedia dan performanya seperti Lazada dan lain-lain mempertemukan gitu nah

Sekarang kalau emang itu itu kan dari sisi idenya kalau kita pertanyaan bagian idenya tapi kalau kita ngomong tadi lebih ke step awal dari kalau kita mau mulai kita ada ide nih terus gimana cara kita jalaninnya ya kan ini kalau bikin startupnya ya kan itu pasti pertama pantengin dulu idenya ya kan kayak tadi

Mungkin idenya kita bisa bilang agak sedikit abu-abu apakah ini kita mau dari aplikasi yang mencet itu langsung datang mencetnya itu Contoh produknya itu produk apa langsung datangnya pakai apa apakah ada yang nganterin Apakah kita pakai logistik orang sebutnya 3pl atau terparty logistik Jadi kita pakai JNE dan lain-lain Untuk mengantarkan ataupun

Ada ide-ide lain yang mungkin bisa dibikin biar lebih clear nih bisnisnya ini sebenarnya arahnya ke mana sih Jadi pertama matangkan ide ya kan kedua itu mungkin tadi udah sebut dengan kabutnya juga dari sisi pencarian tim jadi saya personally saya sendiri melihat susah banget kalau satu orang ngerjain semua itu biasanya starternya

Nggak kemana-mana biasanya gitu kan karena kalau misalkan bisa ada 3-5 orang yang dari sisi kepalanya atau si stage CEO CEO gitu-gitunya jadinya akhirnya nggak pasti lebih baik dong ada lebih banyak otak dan pekerjaan itu yang dikerjakan lebih banyak jadi kedua mungkin dari cari orang ya kan ketiga kita sebutnya

Go to market go to market itu pertama kalian pertama kali kalian bisa mulai masuk itu gimana sih ke pasar Apakah dengan memperkenalkan aplikasi apakah dengan kalian bisa dibilang membakar duit atau kalian mengeluarkan duit untuk sisi advertising biar orang-orang tahu lebih banyak jadi bisa mulai dipikir Terus kalau ntar itu bisa kepikir nih

Kayaknya nggak masuk deh kayaknya dipikir-pikir kita bisa buang 100 juta tapi ternyata yang ngedownload aplikasi cuma dua ya mungkin idenya nggak jalan gitu Jadi dari situ mungkin kita harus validasi validasi sendiri baru kita tahu beneran Oh oke Ide ini bagus atau enggak Apakah ide ini belum bisa jalankan dan

Itulah Di mana kalian akhirnya oke saya bisa mulai startup ini jadi jangan tiba-tiba tapi tiba-tiba pas mulai ngerjain gimana nih itu mungkin dari saya kalau itu untuk pertanyaan pertama tadi Mungkin lanjut ke pertanyaan kedua sebenarnya sama persis kayak kak Mutia jawabannya Jadi intinya kolaborasi seperti saya ngomong tadi otak satu

Dengan otak tiga ya pasti otak tiga lebih pintar gitu kasarnya dan memang banyak banget sebenarnya founder founders atap itu yang it-nya mungkin nggak terlalu kuat gitu tapi memang mereka justru itulah Dimana mereka mencari orang IT atau kadang-kadang disebutnya CTO ya kan itu dimana dia yang bener-bener ngerti ujung ke ujung dari sisi teknologinya

Bikin aplikasi kek bikin sistem kayak apapun itu tuh tapi balik lagi ya Nggak semua startup juga harus diarahkan ke teknologi tapi itu untuk jawaban yang pertanyaan kedua dan pertanyaan ketiga Itu tantangan terbesar dalam menjalankan startup bagi founders dan solusinya apa kalau tantangan terbesar itu ada banyak jadi kalau saya pertama sih memastikan

Memang mannequin bisnis ini bener bisa modelnya dengan paling gampang hitungannya dan apakah orang tuh validasi pasarnya Apakah mereka benar-benar menyukai Apakah ada sebutannya Apakah ada bisa dibilang keuntungan dari bagi para pengguna ataupun bisa dibilang kalau misalkan kayak Tokopedia gitu ya dari sisi penjual Apakah kita bisa memberikan sesuatu bagi mereka dari sisi pembeli

Apakah kita bisa memberikan sesuatu bagi mereka ya kan jadi kalau Tokopedia dari para pembeli semuanya Gampang tinggal pakai aplikasi kelihatan semua tinggal scrolling udah tahu beli apa Dianterin 315 hari kadang-kadang nyampe gitu kan tapi bisa dibilang lagi misalkan kalau dari sisi penjualnya udah clear oke Saya mau jualan barang saya daripada cuma

Tunggu orang lewat di toko saya misalkan mereka jualan di mall atau di mana Dengan ini semua orang dari satu Indonesia bisa melihat saya punya toko dan kalau memang saya punya harga paling murah orang bisa beli saya punya barang dengan begitu semua itu clear jadi hitungannya itu masuk banget Dan dari

Situ kelihatan Oh validasi mannequin bisnisnya jelas nih bisa-bisa jalan gitu dan dari sini kalau ditanya tadi solusinya apa untuk tahu validasi jalan atau enggak itu harus banyak riset ya kan lakukan perhitungan sendiri tanya-tanya ke teman paling gampang ya kan tanya-tanya ke keluarga mungkin bahkan baca-baca sekarang dengan adanya

Web kalau kalian lihat Pasti kalian bisa menemukan jawabannya gitu Jadi itu kira-kira jawaban untuk tadi 3 pertanyaannya Oke baik Mas Jason nah terakhir Mas tolong berikan closing assertion untuk teman-teman di Sumut mungkin berupa semangat motivasi dan lain-lain silahkan jadi untuk semuanya yang ikut Zoom Ini yang dari Sumatera Utara ya

Agan semangat terus startup itu sangat seru sangat banyak sangat banyak variasinya banyak banget ide yang masih belum kita dengar langsung juga ya kan dan sebenarnya kalau kalian lihat yang saya barusan ngomong juga kalau kalian emang niat kalian mencari kalian riset Kalian pasti bisa kalian pasti bisa menemukan informasi yang kalian mau dan

Kalian juga bisa melakukan atau mengejar misi-misi kalian atau gol-goal kalian dan eventry kalau memang kalian mau membangun karakternya sebesar goto kalau memang kalian melakukan semua validasi pasarnya jelas kalian mencari tim yang kuat kalian bener-bener memikirkan matang-mateng ujung ke ujung seharusnya kalian bisa ke sana asalkan memang benar validasi pasarnya jelas dan

Semua faktor-faktor memang kalian pikirkan jadi untuk terakhirnya semangat terus buat semua kalau memang kalian mau bikin startup pikirkan baik-baik ya kan ini sesuatu yang besar sesuatu tanggung jawab yang besar yang bagian Jangan berharap cuma dengar kucing-kucing ke mode-model Ventura semua akan langsung menggelontarkan dana mungkin juga nggak segampang itu Jadi

Mungkin hal-hal yang saya bisa rekomendasikan pertama mungkin mulai dengan bekerja di dalam serta dulu ya kan kenali dulu cara kerja startup itu bagaimana dan jangan langsung baru dulu langsung Oke saya mau langsung starter Apakah kalian benar-benar tahu kalian itu bisa dengan kalibernya seberapa itu kan yang akan dilihat dari sisi modal ventura

Jadi kalau kalian memang sudah melakukan semua persiapan Saya cukup yakin kalian pun semua itu pasti bisa dilakukan mungkin itu aja dari saya Oke terima kasih Mas Jason atas waktunya sudah hadir bersama teman-teman di sini Semoga nanti selanjutnya kita bisa berkolaborasi belajar-belajar bareng Mas jasan ke depannya ya Thanks mas Jason sehat selalu

Nah teman-teman luar biasa ya hari ini kita dapat banyak sekali ilmu dari ketua komisi 1 DPR RI dari Dirjen Atika kemkominfor Republik Indonesia juga dari funding affiliate dari Asian belief Capital teman-teman pastinya apa yang sudah teman-teman dapat ini jangan lupa juga untuk disebarkan ke teman-teman lainnya agar hal-hal penting yang sangat

Bermanfaat ini bisa terus menebar ke seluruh Sumatera Utara nah teman-teman Terima kasih ya sudah hadir dalam webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan DPR RI pada siang sampai sore hari ini teman-teman Semangat terus karena sekarang di media sudah banyak yang sampaikan bahwa covid lagi kembali naik lagi Indonesia jangan

Lupa juga teman-teman harus selalu jaga kesehatan selalu jaga prokesnya Semoga kita semua dapat terus menggali potensi diri masing-masing dan terus menjaga kesehatan sehingga kita bisa sama-sama memberikan sumbangsih untuk Indonesia saya Saras Savitri beserta crew yang bertugas undur diri wallahul muwafiqilakum warahmatullahi wabarakatuh saya kembalikan ke Ega Terima kasih Kak Sarah sudah memandu

Jalannya kita pada siang baik teman-teman sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak-banyak terima kasih kepada ketiga narasumber yang sudah sangat luar biasa Terutama ada yang disampaikan oleh ibu Mutia Hafid selaku ketua komisi satu DPR RI kemudian juga ada Pak Samuel abrinjani pengharapan selaku Dirjen Ali dan juga selaku funding affiliate ASEAN Trans

Capital teman-teman saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah mengikuti webinar ini dari awal hingga akhir jangan lupa keseruannya dibagikan di Instagram teman-teman jangan lupa di tag add multi_rafit kemudian di tag juga @dunia Mutia dan juga @siberkreasi dan sebarkan keseruan ini ke teman-teman kita baik teman-teman sebelum kita tutup acara kita pada

Siang hari ini alangkah baiknya kita mendengarkan gitu ya kita tutup acara hari ini dengan hiburan yang akan disampaikan oleh optimistic saya Andika Yoga undur diri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh wabarakatuh [Musik] Denting Piano kalajem mari menari nada merambat pelan di kesunyian malam saat datang rintik hujan sama sebuah bayang yang pernah terlupakan [Musik]

Hati kecil berbisik untuk kembali padanya 1000 kata menggedang seribu sesal di depan mata seperti menjamah waktu aku tertawa kala memberimu dosa [Musik] Oh Maafkanlah Oh Maafkanlah [Musik] Rasa Sesal didasar hati diam tak mau pergi Haruskah aku lari dari kenyataan ini Pernah ku mencoba tuk sembunyi namun senyummu tak mengikuti [Musik]

Roti kecil berbisik untuk kembali padanya 1000 kata menggedang seribu sesal di depan mata seperti menjamah waktu aku tertawa [Musik] kala memberimu dosa [Musik] Oh Maafkanlah Oh Maafkanlah Rasa Sesal didasar hati yang tak mau pergi Haruskah aku lari dari kenyataan ini Pernah ku mencoba tuk sembunyi namun senyummu tetap mengikuti Haruskah aku lari dari

Kenyataan ini Pernah ku mencoba tuk sembunyi [Musik] namun senyummu tetap mengikuti [Musik] in the event you pondering [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik]

NGOBROL BARENG LEGISLATOR – Potensi Ekonomi Digital dan Perkembangan Startup di indonesia

Leave a Comment