Benarkah Hantu Itu Ada?

robertino



Ngomongin hantu itu selalu… Seru! Sosok yang satu ini selalu sukses bikin kita ketakutan. Tapi benarkah hantu itu ada? Gimana …

Kalau lagi kumpul sama teman, cerita soal hantu itu selalu seru Meskipun kalau habis dengar ceritanya bikin kita takut ke rest room sendirian Cerita soal hantu nggak pernah habis untuk dibahas Meski begitu keberadaan hantu masih diperdebatkan Beberapa orang bilang hantu itu nggak ada, tapi banyak orang lainnya juga mengaku pernah menyaksikan wujudnya

Lantas pertanyaannya, apakah hantu itu beneran ada di antara kita? Nyatanya sampai saat ini belum ada ilmuwan yang berhasil membuktikan wujud sosok menyeramkan ini Para ahli pun berkesimpulan kalau perasaan melihat hantu atau mendengar hantu itu berasal dari adanya medan magnet kuat, suara berfrekuesi rendah sampai zat kimia yang mempengaruhi kerja otak

Tapi, sebelum bawa bambu runcing di kolom komentar Kita harus tahu kalau penelitian di ilmu sosial, kisah-kisah soal hantu justru bertaburan Artinya fenomena penampakan hantu memang banyak, dalam tanda kutip ditemukan dan nyatanya Fenomena hantu sudah ada sejak peradaban manusia dimulai Bagaimana ceritanya? Kalau ditelusuri, hantu dan makhluk gaib sudah ada sejak zaman mesir kuno

Kemudian peradaban berkembang, manusia bikin kebudayaan sampai kemudian muncul agama-agama yang ngejelasin soal roh dalam diri makluk hidup termasuk manusia dan disaat bersamaan ngejelasin soal kehidupan setelah kematian termasuk soal hantu Karena fenomena hantu ini berkembang dengan kebudayaan

Maka itulah mengapa di Britania Raya ada Banshee, di Thailand ada Mae Nak dan di Indonesia ada Kuntilanak Ngomong-ngomong soal Indonesia jaman dulu ada ilmuwan antropologi meneliti tentang hantu di Pulau Jawa Dia menemukan jenis hantu itu ada yang kerjaannya bikin takut, ada yang bikin orang kesurupan dan ada juga yang suka mencuri uang

Beda sama penelitian El Vocero Ciencia yang menekankan pada bukti eksperimen Para peneliti di Social Science banyak nanya orang-orang yang pernah ngalamin ketemu hantu dan dengan begitu menerima keberadaan hantu di masyarakat Meski keberadaannya terasa di tengah kita, sampai sekarang belum ada peneliti yang yang mampu membuktikan wujud hantu

Tapi, bisa jadi itu karena hantu adalah salah satu dari banyak fenomena yang belum bisa dipahami oleh keterbatasan akal manusia Pada akhirnya, jangan lupa cek bawah kasur kalian karena bisa jadi ada… sesuatu lagi nunggu disana dan seperti biasa, terima kasih

33 thoughts on “Benarkah Hantu Itu Ada?”

  1. Gw sih orangnya penakut kalo soal hantu tapi entah kenapa gw waktu kecil ngontrak didepan kuburan tapi biasa aja, dah gede depan rumah gw ada rimah kosong tapi biasa aja?

    Reply
  2. Seruuu banget ni kalo pembawaan videonya kayak ginii. Jadi lebih menarik wkwk. Menurutku bakal lebih bagus kalo ada sisi cinematicnya sih, kayak video hujan berlian di channel ""Inspiratips"" misalnya
    WALAUPUN GUA BIKIN KONTEN SEPI MULU, TAPI HARUS TETAP SEMANGAT

    Reply
  3. Hantu itu tidak ada,
    Adanya jin,
    Jin jahat biasa di sebut setan,
    Raja para setan adalah iblis,
    Jin termasuk ciptaan allah ada yg baik dan ada yg jahat, seperti manusia,
    kan udah di jelasin di Qur'an,
    Hantu cuma mitos
    Karna setan/jin jahat akan bisa menyerupai apa yg kita percayai. Maha besar Allah atas segala firmanya

    Reply
  4. Hai, kok bisa? gue nonton ini biar gak takut, biar Tersugesti di otak gue, bahwa hantu gak ada, tapi malah ditakut-takutin, dasar. situasi gue di Jalanan, motor mogok, nunggu temen. sekarang Jam 12.01.

    Semoga gue masih selamat, setelah mengirimkan komentar ini pada kalian.

    Reply

Leave a Comment