Kenapa Kita Sering Rebutan Budaya sama Negara Sebelah?

robertino



Tanyakan pertanyaan aneh anda di sini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! ‘Kok Bisa’ ngga cuma sekedar mencoba menjawab …

Berita tentang negara yang pernah ngaku-ngaku budayanya kita kaya wayang batik sampai gamelan Tapi kalian tahu nggak ada budaya yang kita kira adalah asli Indonesia padahal gak sepenuhnya asli dari sini pertama musik yang bikin joget ini dia ini memang muncul di Indonesia tapi ada pengaruh ini ya Melayu sampai timur tengah malah ada

Sentuhan dari negara baratnya Terus siapa yang pakai ini ke sekolah iya kebaya pakaian ini ternyata bukan cuma milik kita aja tapi juga milik negara tetangga dan lagi diajuin barang-barang buat bisa jadi budaya bersama ya budaya Emang rumit Enggak cuma musik atau pakaian tapi juga makanan sastra bahasa bahkan agama semuanya nyebar berkembang

Dan diturunin dari generasi ke generasi makanya bisa jadi ada yang mirip ya Bahkan sama si budayanya sampai kadang bikin ganteng bukan cuma di negara Indonesia dan Malaysia aja bahkan di negara-negara lain juga jadi lestarikan dan memahami budaya Emang penting banget asal jangan budaya bilang OTW padahal masih mandi

34 thoughts on “Kenapa Kita Sering Rebutan Budaya sama Negara Sebelah?”

  1. Gw malu sm org indo, yg tiap liat kebudayaan mirip sm negara tetangga dianggap mencurinya atau mengklaimnya. Kyk batik, pakaian adat, sampe rendang sekalipun klo beberapa hal td bisa dimaklumi lah ya masyarakat minang udh ada disana mgkn sejak ratusan tahun lalu, & sbg org malaysia apalagi generasi muda mereka taunya rendang udh ada disana sejak mereka lahir ya nganggep rendang dari malaysia. Bhkn permainan tradisional dr bambu tinikling filipina dianggep punya indonesia pdhl rangku alu di indo beda, gw malunya org indo msh kekanak-kanakan beda sm org malay yg bersikap dewasa & menjadikan kemiripan itu sbg budaya bersama.

    Reply
  2. Pada dasarnya banyak budaya yg asalnya dari majapahit bukan Indonesia, iya bukan Indonesia karna beberapa daerah majapahit di zaman sekarang udah jadi negara berbeda jadi wajar kalau beberapa negara bisa sama, budaya itu adalah bawaan dari masa lalu dan di masa lalu belum ada Indonesia Malaysia dll jadi bukan berarti budaya cuma punya 1 negara

    Reply
  3. Memang bang dulunya ada negara melayu yang dipisahkan koloni yang sekarang menjadi negara Malaysia,Singapura, brunei,Filipina dan Indonesia makanya budayanya sama dan dulu malaysia,Filipina dan Indonesia (maphilindo coba disatukan kembali sebagai negara melayu yang terpisah oleh koloni maphilindo bisa jadi negara jika sukarno menyetujui penggabungan ini tanpa konflik

    Reply
  4. Memang ada budaya yang kebetulan muncul di negara yg berbeda.. namun saat awal kemunculannya belum ada internet kan… jadi budaya tsb memang asli dari negara masing2 dan bukan karena meniru negara lain

    Reply

Leave a Comment