Bisa Seberapa Kuat Gempa Bumi?

robertino



Indonesia diterjang 10 ribu gempa bumi tiap tahunnya. Alias, ini setara 27 gempa tiap harinya! Dan bukan cuma itu, Indonesia …

Di [Musik] Indonesia diterjang Rp10.000 gempa bumi tiap tahunnya alias ini setara 27 gempa tiap harinya dan bukan cuma itu Indonesia juga pernah jadi tempat terjadinya gempa bumi terbesar ketiga di dunia yang sampai nyebabin tsunami hampir setinggi gedung 10 lantai yang sampai ke mana-mana pertanyaannya kalau skala 9,1 itu aja gempanya udah segitu

Parah Apa jadinya kalau di suatu hari nanti ada gempa berskala 10-15 atau bahkan 20 sebenarnya bisa seberapa kuat sih gempa bumi itu [Musik] ternyata gempa yang paling kuat pernah tercatat ada di negara ini dengan skala 9,5 gempa ini ngasih Lan ombak gede banget sampai ke seberang ludra dan juga PIN

Kerusakan bahkan di Jepang dan Filipina Badal jaraknya itu sejauh 17 pulau Jawa yang dijejer lalu Apakah itu batasnya secara otomatis sebenarnya gempa terkuat itu tiada batasnya tapi ternyata aslinya gempa bumi itu ternyata paling mentok ada di skala 10 Kenapa begitu singkatnya jawabannya begitu karena gempa itu adalah kejadian dari aktivitas

Patahan lempeng bumi bahasa gampangnya adalah bayangin bumi itu kayak apel dan kita berada di kerak bumi yang kayak kulitnya apel tapi enggak kayak kulit apel yang cuma satu bagian kulitnya bumi ini ke bagi jadi banyak bagian yang gerak-gerak terus gerakan lempeng ini yang kadang nimbulin getaran-getaran hebat dan jadilah gempa bumi nah tapi

Untuk ngasilin gempa yang besar butuh patahan yang besar juga Hai dan kalau mau ada gempa sebesar skala 12 misalnya bakal butuh patahan yang lebih gede dari planet bumi sendiri alias mustahil kalau gitu gimana kalau gempanya kita bikin sendiri aja Oh iya ternyata jadi gempa itu emang bisa disebabkan sama aktivitas manusia

Misalnya dari ledakan bom atom atau pertambangan bahkan yang paling parah pernah ada proyek ini yang hasilnya gempa bumi dan bikin 80.000 orang tewas atau hilang dan angka 7,9 itu sebenarnya gede banget karena ngebaca skala ini tuh enggak kayak itung-itungan yang biasa diajarin pas kita SD jadi skala gempa bumi itu manfaatin perhitungan ribet

Yang namanya adalah logaritmik alias setiap naik 1 angka itu sebenarnya naik 10 kalinya jadi getaran gempa skala 8 itu 100 kali lipatnya gempa di skala 6 Oke Oke jadi biar bisa ngindarin semua kengerian ini Pertanyaan selanjutnya adalah bisa enggak sih gempa itu kita prediksi lucunya disaat teknologi kita sekarang

Udah bisa ngeramal hujan badai dan pergerakan Asteroid yang kompleks di luar angkasa nya tadi kita belum bisa tahu kapan dan dimana gempa akan terjadi kenapa begitu ini karena saat gempa itu kejadian tanda-tanda yang bisa kelihatan itu munculnya suka seenak jidatnya alias rendem banget Udah gitu kadang jauhnya berkilo-kilo KM

Debo bumi Jadi sebenarnya bisa kita maksimalin adalah antisipasi biar dampaknya enggak terlalu parah contohnya dengan bikin bangunan lebih Chocolatos enggaknya mah Amin dulu apa aja yang bisa dihasilkan dari gempa [Musik] pada akhirnya kita makin sadar kalau manusia di Planet ini cuma makhluk kecil yang cuma numpang ya jadi jangan

Macam-macam karena kalau marah dia bisa cek getar2 kita the muter balikin dunia kapan aja dan seperti biasa terima kasih hai hai Hai [Musik] [Musik] terima kasih menonton Kok bisa punya pertanyaan lagi tulis saja di kolom komentar di bawah gimana sih ST Paris Germain [Musik]

40 thoughts on “Bisa Seberapa Kuat Gempa Bumi?”

  1. Halooo, para pencinta bakso!
    Mimin mau ngasih informasi nih terkait beberapa koreksi di video ini:
    1) Kesalahan penulisan satuan (0:16)
    Kami nulis kekuatan gempa Aceh dengan “Magnitudo 9,1 SR”. Seharusnya, cukup ditulisin jadi “Magnitudo 9,1"
    2) Kesalahan penggambaran visual (1:44)
    Di scene ini, Mimin lagi ceritain analogi kulit Bumi kayak kulit apel. Tapi sebenernya, “kulit bumi yang gerak terus” yang Mimin maksud itu adalah patahan lempeng dunia, yang visualnya kayak gini https://images.app.goo.gl/YPVKb8EJvsSSJcPq8. Tapi setelah ngegambarin lapisan-lapisan Bumi, gambar pemetaan lempeng tektoniknya justru belum kami masukin.
    Mohon maaf atas kesalahannya, daaan tetap hati-hati ya kalo terjadi gempa! Keep asking, and stay curious!

    Reply
  2. akuuu pribadi langganan nonton kok bisa, rasanya nagih banget abis nonton sekali ehh keteterusan nonton karena animasinya menarik, punya ciri khas, penyampaian nya terstruktur, ngga monoton, topik yg diangkat setiap epp nya unik, nyantumin sumber, bisa jadi bahan pembelajaran pokoknyaaa kerenn bangett!! Terimakasih semuaa tim KOK BISA, semangat terus ngembangin karya yg bermanfaat lagi!!

    Reply
  3. Begitu lihat video nya, gak pake lama gw tontonin sampe abis. Paling suka sama channel yang 1 Nah ini. Di antara channel Nah ini : Sisi Terang, Inspiratips, Kok Bisa, gw jujur paling suka sama channel Sisi Terang, panjang tapi berisi semua 👍👍
    WALAUPUN GUA BIKIN KONTEN SEPI MULU, TAPI HARUS TETAP SEMANGAT

    Reply

Leave a Comment