Kenapa Orang Indonesia Males Baca?

robertino



Tahukah kalian? Dalam hal minat baca, negara kita ternyata peringkat dua dunia! Tapiii… dari belakang~ Pasti kalian mikir kalo …

Hai [Musik] taukah kalian dalam hal minat baca negara kita ternyata peringkat dua dunia tapi dari belakang Pasti kalian mikir kalau alasan itu karena buku itu ngebosenin dibanding stroll fwp apakah ini benar tapi ternyata kalian salah karena inilah alasan sebenarnya orang Indonesia males baca buku [Musik] siap-siap terkejut karena nyatanya

Masalah besar itu bernama jumlah buku kita nyatanya dengan penduduk sebanyak ini complete buku yang ada sekarang itu Cuma segini dan angka ini tuh sangat sangat sangat kecil udah kayak uang jajan kita pasman Demy enake simpelnya bayangin itu ibarat satu buku yang dibaca ditungguin sama 11 orang dan ini beda ke makanan

Yang tinggal dibagi buku tentunya nggak dipotong-potong itupun belum ditambah sebaran buku yang banyaknya terpusat di Pulau Jawa Padahal kalau kata organisasi yang satu ini setiap orang itu minimal Harus baca 3 buku tiap tahunnya dan Coba kalian inget-inget sendiri udah baca Berapa banyak buku di tahun ini tapi faktanya kalau lagi ada diskon

Besar-besaran peminat buku di kita emang banyak banget bahkan bakal butuh 33 stadium GBK buat nampung pengunjungnya doang tapi tunggu dulu sayangnya itu cuma berlaku di kota besar kalau lihat contohnya di tempat ini anak-anak di sini harus sampai menempuh puluhan kilometer buat keperpustakaan umum terdekat yang penyebabnya adalah buku-buku yang ada di SD mereka

Kebanyakan itu adalah buku dari bantuan pemerintah yang dari tahun 90-an Iya dari 30 tahun lalu ibaratnya siswa yang Hai baca buku di sini tuh udah sampai lulus dapat pacar putus dapat pacar lagi nyari kerja reunian nikah punya anak dan anak yang masih baca buku yang persis sama sungguh sangat miris

Apalagi kalau kita dibandingin sama negara lain yang bisa baca rata-rata 15-30 buku tiap tahunnya atau bahkan G negara ini dimana baca udah jadi tradisi sampai ada istilah buat orang yang baca buku sambil berdiri males baca buku sekilas kedengeran jadi masalah yang kita semua udah tahu tapi nyatanya syuting kita bahas barusan

Penyebabnya lebih dari sekedar males apalagi kalau bukunya masih belum banyak tersedia padahal lewat buku lah kita bisa menjelajah dunia sihir yang tersembunyi mengungkap misteri terbesar alam semesta nyendat-nyendat buat nyari tahu siapa pelakunya dan nyoba lusuri perjalan panjang nenek moyang kita dan seperti biasa terima kasih Hai [Musik] Terima kasih sudah nonton Kok bisa

Menyebabkan lagi tulis aja di kolom komentar di bawah preserve asking and keep curious [Musik]

20 thoughts on “Kenapa Orang Indonesia Males Baca?”

  1. Setelah membaca banyak isi komenan kaka kaka yang udah senior.. saya merasa percaya diri lagi untuk memperbaiki tingkat baca buku saya baik itu mengenai informasi, pengetahuan, dll .
    Sebelumnya waktu saya menginjak kelas 2 SD ketika saya baru saja pintar membaca ..saya sangat tertarik untuk membaca buku hingga kelas 5 SD,buku buku yang saya baca hanya sekadar pengetahuan dan wawasan.. tapii setelah menginjak kelas 6 saya mulai membaca buku yang membuat saya jauh lebih baik seperti mengenai ke jiwa'an atau psikolog, mengatur uang, Keagamaan.. Tapi ketika saya saat ini memasuki kelas 8 saya begitu malas untuk membaca buku walaupun itu hanya beberapa lembaran. Dulu bisa ngebaca 3-4 buku per minggu sekarang cuman bisa 1 buku yang tipis. SEDIH RASANYA MINAT BACA SAYA BERKURANG,, oh iyaa teman teman ada yang merasa Narsistik ga kalo setelah baca buku merasa Diri lebih baik daripada orang lain, kalo ada share pengalaman yaa 🕵‍♂

    Reply
  2. Bagi saya alasan kenapa orang indonesia malas baca buku karna bahasa, kalimat, dan kata katanya disajika dalam bentuk terlalu formal sehingga banyak istilah ribet yang sulit dimengerti dan kalimatnya juga agak panjang untuk nempel di kepala.

    Reply
  3. Aku sebelumnya juga pernah baca buku. Terutama komik, buku pelajaran yang ada gambarnya agar lebih menarik, dan juga waktu itu juga pernah baca majalah Bobo sama XY Kids. Setiap hari pas pulang sekolah aku pun disamperin majalah tersebut sambil dapat beberapa pengetahuan juga. Sampai sekarang pun aku juga masih inget dengan majalah tersebut. Baik berupa gaming, anime, sama yang lain2 juga. Pokoknya seru amat masih bisa liat gambar kenangan di majalah tersebut…..😢

    Reply
  4. Kalo saya pribadi lebih ke bingung buku apa yang mesti dibaca. Akhirnya yaa seperlunya aja. Mentok buku hadits, tafsir, gitu-gitu. Itupun dibukanya pas ada momen ustadz lagi ceramah, ada hal baru yang disampein, atau ada hal yang kontra dari keseharian, coba cocokin sama yang ada di buku-buku itu tadi. Gak banyak, ada 3 doang. Satu bukunya yang tebelnya yang hampir sejengkal juga jadi alasan buat males buka, eheh.

    Reply
  5. cuma mau curhat aja, sebagai salah satu rakyat indonesia yang ngga males baca buku faktor yang dijelasin di video ini bener adanya yaitu "kurangnya jumlah buku" selama setaun aku cuma mampu baca satu buku aja padahal aku bisa sanggup lebih dari itu cuma ya karna faktor ekonomi dan lingkungan yang ngga mendukung jadi bikin sulit untuk membaca buku, btw ini cerita yang pernah saya alami sendiri. saya udah nyoba ngatasinnya misal baca buku di perpus sekolah tapi ngga efektif karna tenggat waktu yang diberi dari perpustakaan sebentar banget untuk nyelesain satu buku, ada lagi kadang aku mau ke perpus umum tapi terlalu jauh jaraknya dari rumah

    Reply

Leave a Comment