Tumor Abadi Ini Menolong Jutaan Orang

robertino



Walaupun kedengeran enggak mungkin, ternyata, hidup abadi nggak cuma ada di imajinasi kita aja. Nyatanya, ada seorang …

Hidup abadi ya inilah harapan yang udah dimimpiin banyak orang sejak zaman dulu kala walaupun kedengarannya nggak mungkin Ternyata hidup abadi Nggak cuman ada di imajinasi kita aja karena nyatanya ada seorang perempuan yang walaupun udah meninggal sel tubuhnya masih hidup dan tumbuh membelah sampai sekarang sel apakah itu [Musik]

Namanya sel Hela tapi bukan bukan Dewi yang galak bertanduk yang itu ya nama ini diambil langsung dari pemiliknya yang puluhan tahun lalu ngedatengin rumah sakit karena ngalamin pendarahan setelah diperiksa di rahimnya ditemui untuk warganas tapi yang bikin peneliti kaget tumor ini ternyata bukan sembarang tumor nggak kayak sel-sel tumor lain

Yang mati pasti ambil sebagai sampel sel ini malah terus-terusan membelah kenapa bisa kayak gitu [Musik] sebenarnya para peneliti juga belum benar-benar yakin tapi ada beberapa kemungkinan misalnya yang berhubungan sama satu virus yang jadi penyebab dibalik tumbuhan yang diderita oleh Tante tadi virus inilah yang dicurigai ngebikin sel halal bermutasi ngebelah

Dirinya terus dan nggak mati-mati bahkan ketika ditungguin di luar tubuhnya tapi justru karena sifatnya ini sel hewan jadi berjasa buat ilmu pengetahuan dan nolong jutaan orang kenapa bisa kayak gitu [Musik] simpulnya banget saya salah bikin para peneliti bisa ngegunain sel manusia asli di lab sebelumnya mereka ngegunain sel hewan

Yang hasil dari penelitiannya nggak bakal seakurat kalau pakai sel manusia Sejak saat itu sel Hela dipakai buat pembuatan vaksin polio di bawah jalan-jalan ke luar angkasa buat tahu efek radiasi pada sel sampai dipakai buat penelitian virus yang sempat ngebikin kita harus di rumah aja saking bergunanya dan dipakai dimana-mana kalau semua sel-hela yang

Pernah hidup di tumpuk jadi satu beratnya bakal lebih berat dari 12 juta gajah Tapi sayangnya kisah sel Abadi ini juga punya Sisi Gelap gimana ceritanya jadi sampai akhir hayatnya ternyata tante hendriata nggak tahu kalau sel tumor dari tubuhnya diambil buat diteliti keluarganya bahkan baru dikabarin soal kasus ini 20 tahun

Kemudian karena sayanya saat itu emang belum ada peraturan tentang persetujuan seseorang buat diteliti dan saat berbagai industri medis sudah dapat banyak uang dari hasil selnya tante Hela dan keluarganya malah nggak dapat apa-apa nyebelin banget untungnya sekarang peneliti wajib minta persetujuan ke orang-orang yang dijadikan subjek penelitian [Musik]

Ya itulah kisah Shell Abadi yang masih terus dipakai para peneliti buat nolong jutaan orang di seluruh dunia Jadi bahasan apalagi yang bikin kalian gado-garuk kepala dan harus kita bahas lanjutnya silahkan tambahin kolom komentar dan seperti biasa terima kasih [Musik] Terima kasih udah nonton Kok bisa punya pertanyaan lagi tulis aja di kolom

Komentar di bawah [Musik]

41 thoughts on “Tumor Abadi Ini Menolong Jutaan Orang”

  1. Dulu dosen w pernah bilang klo umur sel itu ditentuin dari telomernya (bagian ujung DNA) yang akan memendek sering berjalan waktu dan kalau udh habis sel bakal mati. Jdi telomer itu diibaratin seperti jam pasir makhluk hidup. Nah sedangkan pada sel Hela ini telomernya tidak mengalami pemendekan. Makanya sel Hela bisa hidup abadi (dalam artian tidak mati karena sebab internal)

    Reply
  2. Awal baca cerita sel ini dari buku Biologi tanteku waktu SD, disitu langsung ngerasa wah kok bisa. Terus lama-kelamaan lupa sama nama sel nya tapi tetap penasaran nama sel nya apa. Alhamdulillah bisa nemu lagi.

    Reply
  3. Pernh dlu baca berita tentang ini.. Cuman ga tau itu tumor yg tau ny darah manusia (inti ny aku ga paham krn diri masih bodoh) ..cerita itu Tahun 2012 di fb pada buat opini tentang suntik polio dll.. Setuju dan tdak stju kata ny sih gara2 ini sel kanker dan tumor mereka karna darah itu tercampur lebih rentan.. Aku ga bisa buktiin opini mereka karna zaman itu hp ga secanggih skrg ga bisa ss. Dan merrka bangga anak tidak suntik polio. Ada juga yg nentang karna itu kewajiban.. Cuman tulisan panjang lebar ga tau knp msih inget sdkit aj.. 😂

    Reply
  4. Alm.ibu ku terkena kanker ganas pas ketahuan ternyata stadium 4 akhir tetapi kata dokter kanker ini sdh ada bersama ibuku wkt dia masih remaja model kankernya pun termasuk unik dan langka krn merambat seperti akar anggrek tapi berbiji kecil seperti tanaman anggur. Biasanya yg terkena kanker usus mengalami sembelit dll tp Alm.ibuku g pernah merasakan sakit sebelumnya baru setelah sebulan sebelum meninggal dia drop dan 1 hari sebelum meninggal baru merasa perutnya sakit. Sebelumnya dia termasuk clean eating rajin jg check up ke dokter. Pas dirmh sakit datang prof dari malaysia dan dokter lainnya mengecek keadaan ibuku tdk lama kemudian dijelaskan mereka ingin izin mengoperasi ibuku lagi dan membedah tapi ibuku suruh aku menandatangani tidak ingin dilakukan pembedahan karena dia tdk ingin dijadikan bahan penelitian karena dokter jg sdh memprediksi kematiannya cm bisa bertahan sampai sebulan😢

    Reply
  5. bang apa yg terjadi jika sel HeLa ini ditransplantasikan pads sel manusia yg manusia hidup beneran, apakah akan membuat manusia tersebut abadi dan awet muda karena sel nya terus produktif atau jd lebih buruk?

    Reply
  6. Manusia ini kan terdiri dari berbagai sel hingga memmbentuk anatomi tubuh kita, apakah tumor bisa berevolusi menjadi multi sel yang akhirnya dapat membentuk sel syaraf seperti otak dan memiliki pikiran? Apakah bisa sperti itu ya?

    Reply

Leave a Comment