Antero Science Dialogue: Discovering The Subsequent Earth

robertino



TeamUpForImpact #TimeForActionIndonesia #MudaMudiBumi #UntukmuBumiku #AnteroPlanetEarth Kondisi planet kita udah …

Hai hai [Musik] Hai Oke halo semuanya Selamat datang di antero lagi ya Jadi sama datang bisa antara sains dialogue sebelumnya Kenalin aku pakai yang bakal jadi moderator di diskusi antero kali ini gitu jadi seperti M2 temen-temen tahu juga Android apa antero itu sebuah diskusi science gitu cuman kita nggak

Bawain diskusi dengan apa ya enggak dibawain dengan dengan cara yang berat itu enggak kayak webinar webinar biasa atau kayak diskusi-diskusi sains biasa di antero kita bakal bawain semua topiknya dengan enjoyable dan tentu aja topik-topik yang kita bawain selalu keren dan seru banget gitu kalau teman-teman ingat gitu ya kalau

Ada temen-temen disini yang ngikutin antara antero yang sebelumnya kita udah beberapa kali bahas soal perubahan iklim dengan topik-topik yang sedikit mengerikan Mungkin aja tentang bencana yang akan datang karena iklim kita juga pernah ngebahas soal mungkin kasih kita ketemu sama alien gitu atau diskusi-diskusi lain seperti soal Perang Bintang gitu yang pernah juga Dibawain

Sama Kok bisa di antero gitu nah ngomongin soal antero antara sendiri merupakan satu diskusi yang digagas oleh kau bisa yang pengen eh membawa atau membuat anak-anak muda Indonesia jadi lebih pinter tiap harinya itu tentu saja dengan cara yang hibur nah ngomongin antero kali ini tema diskusi antara kita

Kali ini adalah soal discovering the subsequent atau menemukan bumi yang selanjutnya seperti yang Stephen Hawking sempat bilang kurang lebih Kita cuman butuh waktu kita punya waktu kurang lebih 100 tahun itu sebelum menghadapi dalam tanda kutip kepunahan gitu bisa karena banyak hal sebenarnya bisa karena hantaman asteroid letusan supervolcano atau

Bahkan kelebihan penduduk dan juga akan Dewi selanjutnya gitu nah eh kalau kita udah punya batas waktu yang sangat amat sempit itu kenapa kita nggak segera aja nih mencari tempat tinggal baru mungkin di bulan di Mars atau bahkan di Venus mungkin Nah mungkin sebelum kita masuk ke diskusinya aku akan sedikit kasih disclaimer buat

Teman-teman disini jadi hal yang pertama teman-teman diharap tetap aktif diskusi itu di kolom chat perlunya aja Kalo macetnya dengan pertanyaan dengan diskusi yang mungkin aja nanti akan ditampilkan dan ditanyakan nih ke pembicara pembicara gitu lalu yang kedua Eh dimohon ya Meskipun boleh aktif tapi dimohon jangan komen-komen yang berbau

Kekerasan Sara atau bahkan pornografi itu hal yang ketiga kalau misal teman-teman merasa diskusi kali ini tuh ini jangan lupa nih buat dicatat gitu hal yang penting gitu dan juga jangan lupa yang terakhir bersenang-senang tentunya nah Biar lebih seru lagi kau bisa melalui antero ini akan mengadakan sedikit problem teman-teman Jadi

Teman-teman silakan ikuti diskusinya sampai akhir catat yang sekiranya penting dan nanti teman-teman bisa bikin infografik atau microblock yang teman-teman kos di Instagram teman-teman masing-masing gitu nanti akan ada hadiah juga dari kau bisa nah tapi untuk Detailnya nanti di akhir sesi atau setelah antero ini akan ada postingan lebih lanjut di akunnya bisa jadi

Tungguin aja ya gitu oke nah daripada aku ngomong sendiri gitu kan nggak enak itu namanya diskusi pasti kita butuh ahlinya ya mungkin aku langsung aja akan perkenalkan ahli-ahli gitu ya ekspor skilled yang bakal nemenin aku diskusi hari ini Oke yang pertama ini ada Physician premana wardayanti premadi Jadi Ibu Nana

Ini lulusan astronomi Institut Teknologi Bogor eh sorry Jadi Ibu Nana yang merupakan lulusan astronomis itu Teknologi Bandung dan juga telah menempuh gelar S3 di Texas Amerika Serikat itu Halo Ibu Nana saya sehat-sehat Iya Sehat Bu Alhamdulillah Ibu juga sehat ya semoga ya Nah sekarang kita ada punya masih

Muda gitu laki-laki ada kak Aji Nayaka nikicio gitu nah kaji ini merupakan Pemuda peraih sederet penghargaan nasional dan internasional orangnya pinter banget dan lulusan kampus ternama di Amerika yaitu emit salo kaji Hai Halo apa kabar pakai baik Wah ini belakangnya sudah ada banner-banner emit gitu ya teranyar ingat ya Lunar mungkin bisa ini

Ya bisa jadi motivasi juga buat temen-temen kalau ada yang mau kek Aji gitu cm itu juga Ikutin terus diskusinya karena ini bakal seru banget temen-temen nah oke aku bakal Undang satu orang lagi seorang perempuan keren juga nggak kalah kerennya sama kaji dan Ibu Nana eh namanya adalah Kak verena puspawardani

Atau kita Panggil cafe jadi kafe ini merupakan program director query Indonesia Style Indonesia sendiri Bergerak dalam bidang Trinil energi acceleration dan kafe ini punya banyak insect mengenai teknologi energi baru terbarukan dan juga Inexperienced Jobs yang Tentu aja sangat amat relevan kalau kita bahas hari ini ya Oke kita sambut hai hai Cafe

Hai Oh masih adakah Faqih Faqih Halo Bu Nana dan Halo Haji Gimana kabarnya Cafe baik-baik ini kehormatan banget bareng sama Bu Nana sih sebenarnya dan Kaji juga mungkin sebelum kita mulai nih diskusinya ini akan ada sedikit kinot speech dari Ibu Nana yang mungkin teman-teman disini masih penasaran gede

Kayak bener ngga sih kita tuh udah enggak layak kita hidup di bumi apa benar kita harus segera menemukan bumi yang baru Nah mungkin buat mempersingkat waktu juga waktu dan tempat aku persilahkan ke Ibu Nana silakan Yo what’s Terimakasih banyak salam semua Salam sehat Salam hangat dari observatorium Bosscha di Lembang dimana

Saya berada sekarang sama terima kasih banyak untuk Undang saya untuk bisa berjumpa dengan teman-teman baru yang luar biasa kiprah dan pirasi nya terima kasih banyak nah saya mungkin mencoba untuk mulai masuk dalam konteks ya kita mendapatkan judul discovering the subsequent discovering the closest itu sebetulnya motivasinya apa begitu ya tadi kita

Sudah juga bicara atau dengar tentang bagaimana bumi itu apakah masih layak huni dan seterusnya jadi saya mencoba untuk masuk ke sana dulu dengan menyampaikan bahwa selama ini kita cuma punya bumi sebagai rumah kita sebagai tempat yang kita kenali suami ini wuih perumah kita bersama bukan hanya manusia tetapi makhluk hidup

Yang lain juga yang dari yang sederhana sampai yang sangat kompleks dan sangat beban seperti kita manusia nah di dalam slide ini kita bisa lihat beberapa hal sekaligus bumi tampak diutamakan dalam gambar ini adalah advokat atmosfernya tipis sekali jadi bagian yang gelap di sebelah kiri bawah itu adalah sepotong

Umi sepotong permukaan bumi + shock Spiky sekali lapisan atmosfer nya Hanya beberapa puluh kilometer dibandingkan dengan radius bumi yang ribuan kilometer kemudian ada bulan purnama di sana untuk melayani saja Ini gambar proyeksi jadi ukuran sebenarnya dari bulan tidak tidak muncul di situ tetapi yang yang Sri Tunjukkan adalah bahwa kita semua di

Bumi bisa hidup dan tumbuh berkembang dengan segala macam degree kompleksitasnya itu karena salah satunya kita terlindung oleh atmosfer kini di alam semesta ruang antarbintang ruang kantor planet itu adalah tempat yang tidak cocok sama sekali untuk makhluk hidup seperti kita jadi atmosfer yang tipis ini telah membuat kita terlindung untuk waktu yang lama sekali

Miliar tahun bahkan ih atmosfer sendiri juga berevolusinya dari yang tadinya Oksigen yang sedikit sampai Oksigen yang banyak dari yang karbondioksidanya banyak sekarang karbondioksidanya sedikit sehingga makhluk hidup seperti kita bisa hidup nah perkaranya sekarang kita makin banyak kita makin bukan hanya jumlahnya banyak keinginannya juga banyak dan beragam begitu semua ingin dipenuhi akibatnya a

Nih sekarang sudah tengah gitu ya untuk memenuhi Keinginan kita yang sangat-sangat macam-macam di kalau ditanya Apakah bumi masih layak hidup bumi sangat sangat layak hidup bahkan sekali lagi satu-satunya tempat yang kita bisa hidup jadi kalau kita mau babumi tetap layak hidup kita yang harus berusaha kan kita lari ke tempat lain

Untuk mencari tempat yang baru tetapi kita pelihara bumi sebaik-baiknya nah jadi itu adalah motivasi yang pertama yang saya harap bisa dimengerti dengan baik bisa dipahami dengan baik karena petinggi Aldi tempat yang lain bukan perkara mudah bukan sekarang sekedar seperti kita Turis ya masukin pakaian ke koper bawa makanan favorit masukin

Berangkat sampai di tempat di tempat tujuan kita tinggal bongkar cowl tetap pakai baju yang sama yang kita pakai sehari-hari mungkin tambah jacket atau kalau pergi ke pantai tinggal tambah kopi atau sunscreen Hai tapi kita nafas biasa kita makan minum biasa begitu tidak demikian kalau kita pergi ke keluar segala sesuatunya akan sangat

Perbedaan membuat kita nggak bisa pakai baju ya bisa nafas biasa untuk minum kita harus mungkin recycle segala macem ke cairan yang ada di gambar berikut ini eh berikan semacam analogi oi bagaimana kita sekarang mencari planet yang lain artinya planet-planet yang menghindari bintang-bintang yang lain kita juga berdoa kenapa enggak planet-planet yang

Ada di tata surya sendiri ya kita sudah sudah eh apa namanya memulai upaya kearah sana kitab-kitab tahu ya kita sedang ada misi perspirant tentang helikopternya atau HP si kamera yang bisa terbang terbang itu namanya ejaan Unity sekarang sedang Dimas mempelajari apapun Hai yang ada di masopak ada makhluk hidup bahkan mungkin Apakah pernah

Sana Apakah pernah ada air di sana bagaimana Tara oksigennya the kandungan kimia yang lain bagaimana gravitasinya enix yang musti dicek dimaksud eh Hei bintang-bintang yang lain ada di dalam ini mah di dalam galaksi kita milkyway dimiliki ada ratusan miliar bintang sangat mungkin sebagian dari sekian banyak bintang itu diedar juga oleh

Sistem planet nyatanya demikian di sudah ada upaya kearah sana mencapai tetap menarik planet itu sulitnya Bukan foremost karena seperti kita planet yang tidak punya cahaya sendiri dia memantulkan cahaya bintang induknya seperti kita memantulkan cahaya matahari jadi mencari planet mencari objek yang gelap disekitar sesuatu yang perang sekali

Seperti yang ada di gambar itu seperti mencari kunang-kunang di sekitar mercusuar yang lampunya menyala candy sekali bukan lapisan kita sudah punya banyak teknik untuk itu dan sudah dijumpai ada banyak sekali exoplanet di planet yang mengitari bintang bintang lain tetapi kita masih belum tahu banyak tentang kondisi fisiknya atmosfirnya Supe memiliki

Kandungan apa saja tebal atau enggak untuk semua planet punya atmosfer yang cukup seperti Merkurius atmosfer successfully tidak ada tidak ada pelindung nah digambar berikut ini ada satu kompilasi saja jadi ini the ke hasil kira-kira beberapa tempat tahun yang lalu begitu teri emisi yang namanya Kepler mencari pfanne bintang-bintang lain bukan hanya menemukan

Planet dalam jumlah yang cukup banyak di bintang-bintang lain tetapi juga berupaya untuk mengetahui posisi mereka di sekitar bintang induknya Untuk apa kita tahu itu adalah karena kita ingin tahu apakah ada air dalam jumlah yang cukup dalam keadaan cair di planet tersebut Kalau ada air nah itu yang kita

Sebut sebagai habitat zone zona dimana makhluk hidup mungkin bisa hidup kalau dia butuh Air sebagai keperluan utamanya jadi bergantung pada Berapa besar bintang berapa panas bintang editable soalnya akan ada di tempat yang berbeda akan at planet yang sudah ditemukan tersebut terlihat Dimana mereka diedit olshop ini dimana tempat

Apakah mereka anda pada tempat yang air ada dalam keadaan cair kita bisa minum atau makhluk hidup di sana bisa akses dengan relatif mudah kalau ada air tetapi dalam keadaan beku atau ada di bawah permukaan tanahnya mungkin makhluk hidup yang ada dipermukaan akan sulit akses kan dan jadi disitu kita lihat

Sebarannya dan ada titik kecil Kalau teman-teman bisa lihat Mitra10 ntar ketinggian temperatur matahari rp5.500 dan energi sekitar 10 tarik garis ke sana itu bumi disitu ini bumi ada di tempat yang yang di liveable zone sementara planet-planet yang lain kebanyakan tidak jadi Walaupun ada planet belum tentu saja dia memenuhi

Syarat untuk air ke dalam keadaan air yang mudah diakses kalau ada makhluk hidup Oke Wow ini pemaparan yang keren banget yah yang bener menggugah kita semua gitu bahwa kita memang mencari planet baru tetapi Tentu aja kita nggak bisa melupakan gitu aja bumi yang udah jadi tempat kita hidup gitu bahkan kita udah

Berevolusinya buat bisa menyesuaikan diri di bumi itu teman-teman oke mungkin aku juga akan undang pembicara pembicaraan lain untuk naik dan kita mulai diskusinya gitu ya oke eh untuk memulai diskusinya nih Ibu Nana aku ada satu pertanyaan tadi kita sempet ngomongin soal hocking gitu ya yang apa namanya udah bilang gitu

Kayaknya deadline kita tuh cuma 100 tahun itu pun lari saat Hawking ngomong gitu Jadi mungkin sekarang udah kaya lewat sekitar berapa tahun 50 tahun kinada kali ya gitu atau bikin berapa apa ya 20 atau 30 tahun yang lalu hocking sempat berbicara seperti itu dan kita sekarang berarti kan udah kurang

Dari 100 tahun nih itu dan kayak kita tahu sekarang kita sekarang sedang menghadapi pandemi gitu yang belakangan ini juga cukup sering ya kita terkena pandemi gitu Hai Nah dari Ibu Nana sendiri nih kalau tadi katanya Hawking tuh terlalu pessimistic kalau dari Ibu Nana kira-kira bumi ini layak sampai berapa lama sih kalau

Halo Hihihi Wah itu jawabannya sangat bergantung pada kita jadi kemarin sih si openvix itu kan grup Ayo sekali semua supaya orang kepahaman tentang apa yang manusia sudah perbuat pada bumi yang membuat perubahan-perubahan yang menjadi temen jadikan bumi seperti ini sekarang tuh itu ya manusia jumlahnya makin banyak

Dan tadi yang saya sampaikan ini banyak sekali Nah berikutnya adalah kalau kita kita dia betul-betul sebetulnya itu kita perlu apa sih buat hidup manusia maksudnya bukan cuma ingin survei enggak kayak hewan yang penting Survive I make akan enggak terus tiba-tiba bisa kita dengar sih koloni semut misalnya Tapi

Kan enggak mereka sudah ribuan tahun koloni semut begitu aja ya ada apa gak ada inisiatif memperbaiki arsitektur oke apa enggak tapi manusia akan selalu ingin lebih baik lagi lebih kekinian SMP kadang-kadang lupa bahwa untuk itu tidak perlu sumber daya alam yang luar biasa gitu Nah karena kalau kita

Telusuri itu lagi sebetulnya nggak harus kayak gitu loh kita boleh tetap maju boleh tutup makin tinggi ya peradabannya tanpa harus mengorbankan lebih dengan segala sumberdaya alamnya sebabnya yang tadi itu kita kita kita assessment lagi Kita nggak perlu kayak setiap reuni bikin kaos setiap satu tirith udah puluhan puluhan Twitter sebenarnya untuk pabrik

Ya bukan nyucinya untuk di pabriknya Nah itu semua kalau kita hitung kan kita sebetulnya sudah sangat bisa berhemat usah dikit-dikit terbang untuk keperluan rapat sekarang bisa biar pakai Zoom ya Jadi itu semua membuat kita internet sebetulnya kita tetap bisa maju bisa pengen ke Keinginan kita yang mulia itu

Kita penuhi tapi dengan cara yang ngomong tidak mengorbankan bumi dengan itu saya pun saya optimis jadi pesimis kalau kita tetep itu seperti yang kita kita lakukan sekarang Tapi kalau kita paham bahwa sebetulnya kita bisa mengubah perilaku kita mengubah episode kita membuka cara kita berpikir maka saya akan lebih optimis ke arah sana

Karena itu lebih cepet solusinya Oke mungkin aku juga pengen nanya nih ke cafe soal deadline juga nih deadline manusia hidup di bumi itu sebenarnya seberapa parah kondisi kita tuh sampai banyak orang yang nge-like bahwa kita tuh harus segera pindah dulu Sebenarnya saya harus paket dengan gunakana sepertinya di mana yang paling prioritas buat

Manusia untuk bisa bertahan adalah bagaimana mempertimbangkan hidup kita sendiri di bumi yang sekarang gitu Nah kalau misalnya kita denger nih ada banyak sekali eh ra bahwa bumi harus diselamatkan bumi harus diselamatkan tapi tadi mendengar penjelasannya bunana sebenarnya yang perlu diselamatkan Ternyata manusianya ya Bu ya karena bumi itu bisa sudah bisa

Hidup sejauh ini sampai milyaran tahun dan bagaimana bumi itu berdarah-darah atau berubah kondisinya dari yang mungkin awalnya Seperti apa dia akan terus beradaptasi tapi manusia enggak sebenarnya kalau dari hasil yang disampaikan oleh eh intergovernmental panel on local weather change itu kumpulan ilmuwan yang memang fokus sekali mereview menganalisis segala bentuk penelitian Kai dengan

Perubahan iklim kenaikan suhu bumi yang diam dibahas di cop 2 16 gold itu kan sebenarnya yang paling maksimal harus bisa kita usahakan bersama supaya bumi bisa menjadi dunia yang layak huni untuk kita semua itu bukan sekitar satu setengah derajat Celcius jangan sampai bahkan lebih dari 2 derajat Celsius karena sebenarnya

Ketika suhunya lebih dari itu berarti akan ada banyak sekali dampak yang menyebabkan kita itu nggak bisa bertahan hidup Walaupun mungkin potensi kita untuk bisa beradaptasi juga masih bisa ya sama seperti kita sekarang beradaptasi dengan adanya pandemi gitu Tapi ketika kenaikan suhu rata-rata bumi itu sudah sampai bahkan misalnya bjorn 2 derajat Celsius

Nah ini yang mungkin bisa dikatakan potensi uh Hai musnahnya spesies manusia itu bisa-bisa terjadi gitu Kalau misalnya kita tidak bisa mempertahankan suhu satu setengah derajat Celcius sampai 2 derajat Celsius itu yang terjadi apa sih Pertama eh Kalau mungkin teman-teman acquainted dengan beberapa negara yang sudah menghadapi yang namanya suhu panas ekstrim atau

Gelombang panas nah ketika kenaikan satu derajat Celcius itu akan sekitar 14 persen populasi bumi terkena gelombang panas yang para setidaknya lima kali dalam sekali dalam lima tahun jadi misalnya nih kalau dulu kita 1020 tahun kebelakang suhu derajat yang suhu kenaikkan yang kita alami kan tidak belum sampai satu setengah derajat Celcius itu mungkin

Terjadinya sekitar 10 tahun sekali tapi karena adanya kenaikan suhu 100° celcius jadi ini intensif kalau misalnya kita bisa membatasi pemanasan international hingga satu setengah derajat Celcius maka kita bisa menolong sekitar 420000000 orang dari dampak gelombang panas Jadi kurang lebih Eh bisa lebih sedikit lah yang terkena korban gelombang panas itu kalau kita

Bicara gelombang panas belum lagi ada apa namanya dampak-dampak lain misalnya suhu ekstrim ada wilayah yang terkena gelombang panas ada wilayah yang terkena suhu dingin ekstrem tergantung dari posisi geografis dia jadi misalnya kalau temperatur rata-rata bumi itu pun naik satu setengah jam Celcius maka di beberapa wilayah di bumi itu akan turun

Sekitar 4,5 derajat Celcius di malam hari kemudian yang nggak di apa ya yang di diperingatkan oleh laporan ipcc ini adalah bahwa ketika kita membatasi pemanasan international hingga satu setengah derajat Celcius maka kita juga bisa sedikit mengurangi dampak kekeringan dan resiko terkait ketersediaan air kalau suhunya meningkat menjadi 2 derajat Celsius yang akan

Terkena dampak lebih banyak lagi lebih dari sekitar 61 juta orang terutama kita yang tinggal di daerah perkotaan yang sebenarnya tergantung sekali pada ketersediaan air bersih kalau misalnya ketersediaan air bersih kita tidak bisa dijamin maka itu juga akan mempengaruhi produktivitas kita nah terutama wilayah-wilayah yang di sekitar pesisir ya Nah di Indonesia

Kita itu negara kepulauan jadi di kota-kota besar di Indonesia itu berada di pesisir otomatis juga orang-orang yang tinggal di wilayah pesisir itu akan paling rentan terhadap ketersediaan air karena ada abrasi juga ada banjir rob juga kemudian ada percampuran dari air laut masuk ke dalam ketersediaan air bersih kita jadi

Ada banyak sekali disrupsi yang harus kita hadapi terkait dengan kenaikan suhu ini ada lagi yang juga Indonesia sudah mengalami ya sebenarnya dan akan lebih sering mengalami kalau terjadi kenaikan suhu rata-rata bumi misalnya mungkin teman-teman acquainted dengan siklon tropis roja yang baru terjadi bulan April kemarin 2021 di Nusa Tenggara Timur dimana harusnya

Hai siklon tropis ini terjadi berapa tahun sekali nah tapi dengan adanya kenaikan suhu rata-rata bumi akhirnya jadi semakin intensif curah hujan yang tinggi kemudian ditumpahkan nya lagi ke bumi juga tinggi ditambah lagi gelombang gelombang pasang dan lain-lain sehingga kalau misalnya kita tidak bisa beradaptasi terhadap kondisi tersebut maka otomatis itu juga akan mengakibatkan

Banyak sekali korban dalam hitungan jutaan jiwa Jadi kurang lebih Hai kalau misalnya kita bicara berapa tahun lagi manusia bisa bertahan itu betul sekali saya sepakat dengan Bu Nana tergantung dari apa yang kita lakukan pertama kita bisa melakukan cegahan kedua kita bisa melakukan adaptasi api adaptasi yang dipersiapkan misalnya tadi

Ketika kita bicara soal potensi kenaikan air buka laut banjir rob dan lain-lain berarti infrastruktur kota-kota besar yang ada di sekitar pesisir itu harus dipersiapkan supaya seperti di Jepang misalnya atau seperti di negara yang sifatnya kepulauan sama kayak di Indonesia perlu ada Seaworld misalnya atau perlu ada pengembangan wilayah-wilayah yang terlindung dari

Mangrove misalnya sehingga ketika terjadi banjir rob dan lain-lain kita tidak kehilangan sebanyak seperti ketika kita tidak punya apa ya amunisi lah gitu Hai kurang lebih seperti itu Kak Fakih Berarti mau bener sih Pantes aja kalo Si Hawking tuh bahkan sampai setakut itu dia kau kita bertahan 100 tahun

Ia lagi-lagi itu tergantung sama kita beli ya kalian mau susah liburan ke pantai nanti ombak gede mau liburan ke atas gunung nanti ujan deres gitu kan gak bisa replace di Instagram jadi itu tergantung Kalian juga gitu oke om mungkin Lanjut nih kalau kita ngomongin bumi baru kita masih bahas soal bumi

Baru nih gunana Tadi sempet di pemaparannya gunana Ada apa ya ketentuan-ketentuan yang membuat sebuah planet itu layak bisa disandingkan dengan bumi atau layak dijadikan kandidat bumi yang banget sebenarnya mungkin bisa dijelaskan lagi gitu apa aja sebenarnya persyaratan yang harus dimiliki sebuah planet agar bisa disebut sebagai kembarannya bumi yang layak di bumi

Hai apa syarat sebuah tempat gitu bisa menjadi layak huni kayak gini layak huni siapa layak Unipa mengubah Luk yang sederhana seperti bakteri mengubah itu mereka mereka hidupnya sederhana sekali nggak perlu banyak itu Tapi kalau kita sampai kepada makhluk hidup yang kompleks kita ordo primata yang lain dia mamalia yang lain

Tunggu tuh macam-macam tuh kondisinya terlindungi temperatur nya Enggak ekstrim eh atau panas dingin tuh bakal ekstrim perubahan musim juga enggak terlalu lama gitu Ya musim dingin ya 10 bulan musim panas musim yang lainnya cuman sisa dua bulan itu dia mau makan apa gitu kan sebetulnya bukan cuman temperatur sesaat tetapi temperatur

Rata-rata per tahun menjadi selain nanti kalau ada air b ini itu Hai yang orang jarang perhatikan juga mungkin adalah Eh tadi itu bagaimana musim itu terbagi dalam setahun Jadi cukup waktu untuk minum waktu untuk menyendiri ada makanan jadi ketika musim dingin punya makanan itu pak ya kita yang di propinsi nggak ngerasain itu

Soalnya itu yang di tropis tuh perubahan antara panas dan dingin ekstrem juga seberapa gitu segitu aja karena kita di negara kepulauan banyak air dan air itu membuat suhu itu template ekstrim Tuh tapi kalau kering sekali seperti Merkurius begitu air bersih mendekat matahari tapi jangan dikira Mercury sudah enggak punya dia

Bagian yang enggak mengarah ke Matahari dinginnya minta ampun karena enggak ada yang enggak ada atmosfer yang menjaga ada air yang membuat suhu itu bisa terjaga dengan dengan banyak baik Ih ketika eh kita pikir mana Yang anak topik itu adalah makhluk hidup itu perlu sesuatu yang stabil untuk dia bisa

Dipeluk untuk dia bisa bertahan Nah kalau ada planet bisa cukup air atau aku tapi yaitu misalnya dia rotasinya kecepetan atau rotasinya terlalu lambat nggak tahan juga makhluk hidup untuk kita begitu luar biasa karenanya karena gak ada satupun objek di alam semesta ini yang sesanti ke detail-detailnya itu punya kembaran

Setiap objek planet di dalam pembentukan pasti dia mengalami kondisi-kondisi yang unik yang membuatnya di membuatnya nggak bisa Sama persis dengan yang lain terlepas seperti atau sedia Tiada Satupun ada dua kuning Mirip ya masing-masing Sisi planet besar kayak Jupiter Saturnus pipanya vitamin bulan gak ada yang mirip Oke mungkin ini aku

Pengen eh Hai manggil kaji juga nih Aku pengen nanya gitu kan Kalau sekarang by Amerika Cina Rusia bahkan India dan Arab Saudi ya udah berlomba-lomba nih ya Meskipun tadi dibilang bahwa bumi tetap tidak akan tergantikan tapi tetep kita butuh eksplorasi gitu ke luar angkasa gitu Nah kalau di Indonesia sendiri nih kondisi

Resep astronominya atau eksplorasi luar angkasa nya kayak gimana sih kaji Hai akik jengkel Fatiha pertanyaannya sebelumnya terima kasih juga tadi untuk gunanya dan juga Cafe seringnya sangat-sangat Donald tentunya sebagai playground saya nih dibidang spesialis miring untuk melihat bagaimana teknologi itu berkembang untuk eksplorasi dan keadaan Adanya kemungkinan untuk hidup di Planet jin di

Selain bumi sesuatu yang sangat menarik dan sangat sangat seru Apalagi sebagai energi teknologi yang sangat canggih tapi sebenarnya saya sendiri sebenarnya lebih kepada melihat bumi juga bumi ini sangat banyak masalah yang bisa kita selesaikan harus selesaikan juga dan itu sebenarnya bisa menggunakan teknologi antariksa juga contohnya hai satu teknologi yang dipakai di ini

Dokter gigi itu ditemukannya justru kalau masalah itu berkaitan dengan sistem kompaknya itu dipakai di worldwide vogue jadi itu banyak sekali memang hal-hal yang sifatnya tadi keluaraga Saya enggak tahunya malah kepakai digital karena memang kebutuhan di luar angkasa itu sangat-sangat ekstrim gitu Harus bisa Harus bisa tahan panas dingin gitu jadi

Banyak yang akhirnya kepake juga di di bumi gitu Nah kalau tadi pertanyaan Indonesia ya Saya sendiri tidak bisa mewakili lembaga penerbangan dan antariksa kita tentunya walaupun saya punya banyak teman yang saya Saya bangga saya bisa punya cukup banyak teman dari krim tapi Setahu saya kita memang sudah mulai ada pengembangannya Selain itu

Perkembangan teknologi roket juga menurut saya ada perkembangan yang cukup baik dimana apalagi belakangan apa ya sip secara industri secara industri internasional memang teknologi roket ini semakin populer maka dari itu Indonesia pun juga sebenernya menjadi momen yang sangat tepat gitu ketika ke misalnya kemarin pernah ada berita mengenai kisah mistis additional investasi di tempat

Peluncuran roket di dia sebenarnya situs pencurian roket itu udah dari sejak dulu apa ya di di di dianalisa bahwa itu tempat yang cocok itu oke oke mungkin ini satu pertanyaan tambahan nih buat kajian Om aku penasaran gitu kan tadi siapa Ibu Nana dan Cafe gitu ya melihat bahwa banget eksplorasi luar angkasa itu

Memang penting maksudnya kita tetap perlu melakukan itu tetapi kita tetap nggak bisa meninggalkan bumi gitu ya gimana gimana kita udah revolusi dalam waktu yang sangat lama untuk memang bisa hidup Lower di bumi gitu nah M Ada enggak sih fungsi lain itu pun eksplorasi luar angkasa selain kaya mencari tempat tinggal misal

Kayak ini yang pernah aku dengar aja ya kayak misal kita menambang meteorit gitu atau yang lain bisa ngasih Oh ya Kalau saya sendiri Memang tidak pernah Ridhonya diset secara langsung di situ gitu untuk penambangan asteroid rimbang betul ada dan juga ada riset-riset gimana kita bukan hanya menambang tadi memang metallic gitu ya tapi

Juga air disitu karena air ini bisa digunakan untuk menjadi bahan bakar bilangnya traster atau yang roket leher Oke tapi dalam bukan roket yang dibakar sendiri tapi menggunakan teknologi switch gimana itu bisa digunakan lagi untuk misalkan kita mau ke Mars itu kan bukan sekarang Salah satu kenapa mau dibikin basecamp di

Bulan itu juga salah satu menjadi basket untuk kemarin itu kan selain itu juga kalau yang saya tahu sih jadi Ilham istilahnya itu namanya insitu useful resource utilization atau are you itu juga dipakai jadi kebetulan kemarin ini saya dikampus juga sempat riset ikut-ikutan riset dengan teman saya yang memang kan afiliasi dengan Jet

Propulsion lab Venture subject itu meriset untuk memproduksi oksigen dimer segitu karena karena untuk misalkan manusia kesehatan reproduksi gen tapi untungnya Memang Dimas itu sudah sangat banyak karbondioksida dan kitab sudah punya teknologi yang sangat lumrah sebenarnya untuk mengelektrolisis karbondioksida menjadi oksigen Kalau ngomongin soal bumi kita ini sebenernya permasalahan yang

Apa namanya salah satu permasalahan inti kenapa bumi kita itu bisa Sedang krisis GTA krisis iklim gitu sekarang itu adalah karena pemanfaatan energi yang mungkin bisa masih kotor jadi kita masih banyak memanfaatkan sumber energi dari fosil minyak bumi terus juga batubara dan lain-lain untuk sebagai sumber energi utama kita gitu Nah kalau

Ngomongin energi terbarukan nih apalagi dengan teknologi yang semakin maju gitu ya tadi tadi juga sempet point out banyak hal gitu eh soal energi soal apa namanya meng-convert karbondioksida jadi oksigen sebenarnya seberapa cepat kita bisa beralih dari energi fosil ke energi terbarukan itu atau bahkan mungkin seberapa cepat kita bisa memperbanyak lagi nih oksigen di

Bumi Hai Mungkin gaji bisa job oke mudah-mudahan Bisa berkontribusi dipercaya Nini Jadi kalau menurut saya jadi kalau menurut saya sebenarnya sumber daya energi di bumi itu sangat banyak ya Neverland Saya pernah iseng juga ambil kelas Lenovo power di kampus gitu Em tapi Setelah diuji ada ya photo voltaic terus di Indonesia

Juga kemarin sebut kemarin sempet kebetulan lihat pidatonya Pak Jokowi mengenai grenoble energi gitu kan Kalau nggak salah kemana yang waktu itu ke tinggi sedikit BBM Pertamina dan PLN Riau bilang ya nih saat ada sungai yang di Kalimantan ada satu sungai aja itu sudah menghasilkan 80.000 megawatt rumah dan itu biasa dengan kita Indonesia

Punya banyak sungai itu sangat Hai hydropower kita masih sangat terbatas sangat jarang didengarkan terus juga masih ada lagi geothermal akan kita lihat negara-negara sesama negara tropis seperti Brazil gitu mereka itu kalau masalah 70% itu dari hydropower jadi jadi justru yang Banyaknya tuh mereka dari hydropower kita masih belum memanfaatkan tuh bisa

Dibilang hampir yang sama Nah kalau kita udah siap nih sama pentingnya Energi apakah kita masih Ketergantungan dengan energi-energi kotak deposit di hai oke tadi menarik yang disampaikan oleh kaji jadi betul sekali ya Kak dalam berapa ya 20 tahun terakhir ini Perkembangan energi terbarukan itu pesat sekali ya terutama dari segi teknologi Jadi kalau

Di seluruh dunia itu oh antara tahun 2020-2030 2000-2020 ya sepanjang rentang dua dekade ini kapasitas pembangkit listrik terbarukan di seluruh dunia itu meningkat 3,7 kali lipat jadi bisa dibayangkan dari yang awalnya F terhitung sekitar 750 Wandi gawat berkembang menjadi 2799 jenis sekitar 2803 out nah perkembangan pesat di

Terutama di dekade terakhir atau 10 tahun terakhir itu karena disebabkan oleh tadi sempat disebutkan oleh Aji perkembangan luar biasa di pembangkit listrik tenaga pria dan juga pembangkit listrik tenaga Bayu jadi memang kalau di Indonesia hydro itu masuk ke dalam salah satu goal tapi kalau dari sisi potensi yang

Paling banyak dikembangkan saat ini yang cukup masif adalah PLTS dan PLTB terutama potensi suryanya potensi suaranya saja itu mencapai 20.000 gigawatt itu kalau menurut laporannya rekan kami dari organisasi bernama eyes are Institute for important Providers reform bisa dibayangkan Rp20.000 gigawatt itu kalau misalnya bisa dibawa semua pasti kita bisa depend on one other

Individual Rino berenergi dan kalau menurut laporan yang mereka itu Indonesia bisa secara teknis dan ekonomis ekonomi itu artinya bisa di di proyek seluruh masyarakat Indonesia bisa pakai itu bahkan juga bisa melayani kita mencapai bebas emisi di sektor ketenagakerjaan polisikan saja pada tahun 2045 jauh lebih cepat dibanding sektor transportasi dan

Industri Jadi kalau buat informasi ke teman-teman di sektor energi itu ada subsektor lagi ada sub sektor ketenagalistrikan Anda subsektor transportasi ada subsektor industri Jadi kalau misalnya eh teknologi-teknologi warbiasa yang sekarang berkembang dari kendaraan listriknya Tesla kemudian eh apa namanya roket dan lain-lain Gimana cara yang bisa kita nikmati itu kalau

Misalnya ada beberapa kondisi yang bisa kita penuhi satu untuk menjadi sebuah perubahan yang sistematis kita perlu terobosan diisi kebijakan Terus kalau kita ingin agar teknologi itu tidak hanya menjadi teknologi yang eh apa futuristik tidak bisa dijangkau kemudian Akhirnya bisa kita pakai nih di rumah itu dia harus ada terobosan dari sisi

Teknologi supaya teknologi Hai Bisa tepat guna bisa-bisa memenuhi potensi lokal bisa apa masuk dalam skala yang lebih kecil dan bisa digiplay ke seluruh Indonesia harus ada terobosan ya segitu kemudian trobon lain yang juga harus dipenuhi kalau kita mau supaya teknologi itu bisa bisa dipergunakan secara masif adalah terobosan dari sisi

Pendanaan nah ini juga yang tadi juga di Sebutkan oleh ke Aji bahwa Gimana caranya Presiden itu salah satunya misalnya dengan kunjungan ke berbagai negara bilateral assembly setelah siop 26 tujuannya adalah salah satunya mendapatkan investasi agar teknologi energi terbarukan kita itu bisa diproduksi secara masif dan bisa di Deeply ke mana-mana tidak hanya untuk

Ketenagalistrikan tapi juga untuk mendukung misalnya sektor transportasi kendaraan publik berbasis listrik kemudian juga industri yang skala besar tapi juga bisa 100% energi terbarukan Nah itu perlu investasi luar biasa jadi perlu ada terobosan di pendataan Jadi kurang lebih seperti itu sih Kak kalau Gimana caranya kita bisa mencapai

Kesana yah gitu Dan mungkin enggak sih 100% mungkin bahkan risetnya mengatakan 2045 kita sudah bisa Smartfren energi terbarukan cukup tipis 2045 pas banget 100 kemerdekaan Indonesia namun Kalau ngomongin soal ini ya soal implementasi atau kayak realisasinya kita juga perlu tindakan-tindakan kecil gitu dari kita dari dari rakyat di masyarakat apa yang

Bisa kita lakukan sebenarnya Kapten dari sekarang yang sebenarnya paling mudah ya Beberapa hyperlink mudah yang bisa skala masif gitu ya skala besar adalah Ayo kita bisa loh mencari tahu tentang Apa itu pemanasan international dan perubahan iklim karena kalau dari berbagai riset yang ada di degree internasional mungkin teman-teman

Acquainted dengan surveinya yougov ya itu agak mengganggu sih sebenarnya bahwa ternyata masih ada 18 persen orang Indonesia yang percaya bahwa Oke iklim berubah tapi ini kayaknya gak ada hubungannya deh sama apa yang dilakukan oleh manusia gitu dan ada lagi survei terbaru yang juga mirip seperti itu sama-sama dari yogs juga

Nah pasti juga teman-teman terpapar dengan survei semacam itu ya Nah sebenarnya mengetahui informasi seperti ini sekarang kita mengalami yang namanya pandemi kita juga akhirnya jadi ada keinginan untuk terpapar informasi lebih lanjut mungkin teman-teman acquainted dengan MS Hai agenda pemulihan ekonomi hijau atau inexperienced Financial restoration atau yang teman-teman juga suka sampaikan adalah

Istilahnya Inexperienced economic system jadi bahwa sebenarnya rakyat kita itu bisa berkontribusi dalam membangun atau mengarahkan ekonomi Indonesia loh percaya atau tidak percaya caranya salah satunya adalah kita bisa mencari tahu lebih banyak tentang seperti apa sih pekerjaan masa depan lalu kita masih apa namanya pelajar misalnya kita bisa mencari tahu lebih banyak pekerjaan masa

Depan yang selain memberikan masa depan penghasilan yang layak tapi juga berkontribusi pada upaya perlindungan alam misalnya nah itu akan ada banyak pekerjaan yang apa namanya membuka peluang kita terjun ke jenis pekerjaan yang namanya Inexperienced Jobs cari tahu lebih banyak soal itu bisa kemudian eh Apakah itu kita bisa terjun

Ke perusahaan yang memang sudah memiliki prinsip selebriti atau keberlanjutan atau bahkan kita bisa ikut serta dalam gelombang teman-temannya sekarang banyak sekali mempelajari soal Bagaimana membangun startup karena bahkan Nia prediksi terakhir dari sebuah media massa itu juga dibahas di banyak media massa lain dan subsequent Yuni Kurnia Indonesia itu bergerak di isu local weather

And power kita mulai dari sekarang nih karir psw kita menuju ke pekerjaan seperti ini itu satu kedua mungkin teman-teman juga acquainted dengan berbagai gaya hidup hijau yang sudah banyak sekali diangkat oleh berbagai komunitas ya ada komunitas yang mengkampanyekan food plan kantong plastik ada komunitas yang apa namanya mengkampanyekan jaga hutan ada yang apa namanya

Mengangkat soal isu jadi pejalan kaki naik sepeda dan lain-lain Yang intinya adalah mengkampanyekan gaya hidup yang rendah emisi itu juga bisa jadi bagian dari kontribusi kita sebagai rakyat biasa menurut aku itu sih Kak Les jangan lupa untuk gayanya anak muda sekarang kan sebenarnya adalah kolaborasi ya karena dengan kolaborasi kita

Apa kita bisa sebenarnya melakukan hal-hal yang kita tadinya Berpikir itu adalah Not possible menjadi lebih pasti beli oke Wow ternyata sudah banyak yang bisa kita lakukan dan Kalau ngomongin soal Inexperienced Jobs mungkin kita akan membahas lebih dalam Nanti cuman mungkin aku akan tanya ke kaji lagi nih jadi

Salah satu sektor yang penting begitu di dikehidupan manusia gitu ya yang menjadi yang revolusi juga selama ribuan tahun gitu dalam kebudayaan manusia itu soal switch kini tadi Nah kayak gini kan eh be part of di program hyperloop ya dan eh menurut aku pribadi yg perlu kita menurut aku kayak sesuatu yang buah

Banget gitu kayak Wah ini kendaraan masa depan banget nih selain apa namanya ramah lingkungan gede karena energinya digadang-gadang akan menjadi energi yang sangat amat bersih Lalu bisa memberikan kecepatan gitu yang bahkan lebih cepat dari kendaraan-kendaraan public Yang ada sekarang gitu jadi kayak aku kepikiran hyper lebih itu oke keren banget gitu

Tapi sebenarnya seberapa Ini sebenarnya sudah seberapa jauh sih replace soal hyperloop ini dan seberapa cepat kita bisa menikmati Hai berlebih Apakah dalam 5 tahun ke depan atau bahkan keton depan kita udah bisa nikmatin mungkin gimana kaji Oh ya mungkin kalau yang belum sempet mungkin belum acquainted dengan air

Perlu jadi memang konsep evolusi itu pertama kali digunakan oleh informasi dan rekannya juga Oh sekitar 10 tahun yang lalu kalau masalah atau kurang dari itu m mengenai Gimana caranya kita membawa kecepatan pesawat ke daratan jadi magnet terciptalah konsep air perlu gimana kita meluncurkan kereta itu didalam terowongan yang vakum sehingga

Kita bisa mengeliminasi gesekan udara dan juga kita mengangkat keretanya sehingga mengangkat dengan cara melayang ya supaya mengeliminasi gesekan dengan daratan juga seperti itu maka setelah dihitung-hitung dianalisa sangat mungkin membawa kereta itu melebihi kecepatan pesawat didalam terowongan tersebut Jadi kalau Halo Mbak Retta Bullet Practice to yang di

Jepang dan di Cina itu biasanya 300 KPJ atau 350 km per jam kecepatan air peluk ini ditargetkan mencapai 1.000 KPJ itu jadi bisa hampir tiga kali lipat lebih cepat daripada bulat Rin nah memang sebenarnya itu menurut menurut saya konsep yang sangat baik karena kita bisa mungkin dari segi kenyamanan

Dilihat dari sistem akan tentunya sangat baik sekarang kalau misalkan dari tadi dari Jakarta ke Bandung misalnya mungkin kalau naik mobil tadi misalkan dua jam gitu ya mungkin ini bisa dengan airbrush misalnya 15 menit gitu itu sangat-sangat nyamannya tapi lagi-lagi ketika kita Hai ah ngomong mungkin sudah ke sana Kalau dari segi

Telepon teknologinya sekarang itu yang paling cepat adalah ada perusahaan namanya akhir jin hyperlux jadi memang nekat divestation Like a Virgin dan programnya itu sudah hampir setahun saya yang terakhir sedang akan di diploid dicoba dicoba lah di salah satu rute di Amerika itu waktu itu sudah ada sempat berita tertarik di

Kyyy dunia Emirat Arab dan juga di India cuma Saya kurang tahu apakah itu masih menjadi interface dari mereka atau enggak rahman30 nyak yang sebenarnya menginvestasi di teknologi produk ini karena informasi sendiri sudah beralih sebetulnya dari teknologi perlu tersebut jadi hirohman sendiri dia mengadakan kompetisi hyperlux yang dimana hutan kampus saya diametee juga ikut

Kompetisinya itu memang untuk menguji coba ide tersebut Apakah itu sesuatu yang value it gede untuk dipersulit oleh repair misalnya atau mungkin di oleh perusahaan lain tapi kami sih melihat bahwa informasi lebih apa ya mencari solusi yang realistis di diwaktu yang sangat lebih dekat lagi kalau menurut saya sih teknologi

Reproduksi vergine dulu tadi bisa dalam lima tahun lima tahun ini Mendapat mendapat izin dari dari rute yang di Amerika itu karena memang sudah diujicoba mereka a ngapai tidak sampai 1000 sih tapi seingat saya lebih dari 400/500 rupiah itu sudah dibuktikan karena mereka punya Facebooknya di padang gurun di Amerika

Tapi dari lama sendiri juga kan Kalau mungkin kita ikutin punya perusahaan deburring benih itu yang membuat terowongan terowongan di bawah tanah dan rombongannya itu sebenarnya dia bangun bukan untuk perlu tapi lebih untuk kendaraan lirik kiri mobil listrik yang memang mobil listrik berikutnya mobil listrik adalah otonomos Tarakan jadi

Memilih sakit udah bisa membawa sendiri yang dimana sebenarnya mungkin belum tentu kita butuh tadi 1000 KPJ kalau misalkan harga tiketnya misalkan 10 juta Gitu ya Apakah ya orangkan mau gitu misalnya ataukah orang akan mau lebih baik oke tiketnya 100200 ribu tapi M300 KPJ aja gitu jadi I’m I I’m

Menurut saya sih tuh menjadi yang lebih realistis gitu ya dan sebenarnya Kalau dari segi energi sendiri Sebenarnya ya untuk membuat untuk membuat Terowongan itu menjadi vakum itu membutuhkan energi yang sangat besar jadi kalau dibilang bersih siap merchesi belum tentu juga tergantung understand realisasinya nanti seperti apa Hai Oke jadi

Lagi-lagi sini soal kebutuhan juga dan kemampuan apakah nantinya orang mampu gitu Apakah ini bisa di Wealthy untuk kalangan biasa gitu sehingga janin kendaraan umum karena kalau sifatnya elit juga yang ya tadi misal kata Aji ongkosnya sekali jalan 10 juta Iya kalau yang bisa nikmatin sedikit orang juga

Kan enggak efektif juga Ya enggak biar oke mungkin kalo ngomongin soal perkembangan teknologi ini Haji pastikan Kita butuh dana ya dana riset khususnya yang Tentu saja besar gitu apalagi kalau misalnya perlu ini kan bahkan sampai bikin sayembara gitu nyari sumber pendanaan yang juga Tentu aja nggak sedikit gitu ya Nah kalau misal

Kita ngomongin soal riset gitu untuk mencari alternatif energi mencari alternatif kendaraan teknologi ramah lingkungan Gitu Weh gak sih sama apa yang nantinya di hasilkan gitu misalnya tadi ngomong soal Hai perlu Apakah dana sekian Milyar Greenback gitu ya misal Apakah itu gold sama hasilnya atau menurut kaji sendiri sekarang pakai misal Oh ya udah

Kayak misal ilmu sendiri kan Akhirnya sekarang beralih kaya Yaudah di samping dululah gitu ini Kayaknya masih belum efektif nih Jadi sebenarnya sih saya melihat [Musik] di dunia ini banyak sekali uang gitu Yang memang seharusnya bisa lebih efisien pemanfaatannya karena kita akan memang menganut ini yang menganut kompetisi karena kalau misalkan Desa perusahaan

Bikin produk yang pesan lagi produk lagi lalu yang menangnya yang dapat itu marketnya itu siapa Hai tapi nanti yang menang lalu yang kalau apa investasi yang tadi sudah sampai akhirnya dia kalah itu emangnya kalau di satu sisi sistem kompetisi terbuka itu sesuatu yang baik supaya inovasi menjadi lebih baik itu

Tapi the identical time seharusnya menurut saya kalau memang ada di hal yang dimana bisa dikerjasamakan mungkin lebih baik ya kerjasama sehingga uangnya itu tidak dibuang sia-sia saya bisa melihat di industri saya sendiri di satelit sini ada beberapa stafnya di luar negeri yang sudah mengumpulkan puluhan juta greenback

Gitu lalu idenya Dia buang aja gitu ya karena sudah Sudah dicoba lalu kayaknya Oke kalah nih itu enggak mungkin ya udah gitu jadi menurut saya agak cukup Sayang sebenarnya untuk karena uang yang banyak itu juga bisa dipakai untuk yang lebih Hai lebih strategis misalnya am yang mungkin menurut saya sih sulitnya mencari solusi

Untuk untuk untuk masalah ikut tapi tapi saya juga percaya bahwa investasi di teknologi itu yang memang Kayaknya tidak ada apa yang tidak ada jalan lain selain ya kita memang harus hati-hati gitu Ketika kita memilih investasi memiliki teknologi Apa yang perlu di reset ataupun dikembangkan itu harus yang memberi manfaat jelas itu dan

Menurut saya Hai itu sesuatu yang baik sih kalau misalkan Devi awal gitu ya apapun teknologi itu lalu kita kedepankan manfaat ekonomi dan manfaat lingkungannya terjadi baru-baru baru kita bisa lebih serius lagi nih apa mengeluarkan dana makin banyak untuk teknologi tersebut Tapi nih sebenarnya sama ya hampir sama kayak dibilang Cafe tadi bahwa kalau

Bisa Period sekarang itu kita lebih banyak kolaborasi daripada kompetisi ekajaya biar tadi duitnya nggak kebuang sia-sia buat Yaudah riset panjang akhirnya enggak ada implementasinya jadi sayang aja gitu bakal bisa dimanfaatkan di sektor lain hai oke Nah mungkin teman-teman di sini ada yang tertarik juga nih belajar soal satelit engineering nih kayak kaji gitu

Ya nanti bisa tanya-tanya juga ke kaji mungkin bisa jadi nanti kita Undang lagi kajikita buat diskusi yang lainnya nah tapi mungkin bisa ditulis di kolom di kolom komentar soal tampan temen-temen sekalian kira-kira teknologi apa yang bisa kita manfaatkan buat menjaga bumi gitu biar lebih selesaiin lagi gitu apalagi kita akan

Misi-misi utama kita terus bertanya seperti yang diawal tadi udah disebutin sampai guna bahwa meskipun kita melakukan eksplorasi ke luar angkasa meskipun kita melakukan eksplorasi teknologi yang mungkin bisa dimanfaatkan juga nih di luar angkasa gede kita tetap harus fokus sama ia rumah kita gitu bumi gitu Jadi mungkin teman-teman bisa tulis ya di

Kolom komentar gitu kira-kira teknologi apa atau inovasi apa yang bisa kembangkan untuk memajukan atau untuk memperbanyak lagi sustainable power di bumi itu oke m ini barusan udah ngomongin hal yang udah ini yang berbau teknologi gitu mulai dari satelit teknologi transportasi teknologi eh apa namanya Apa nama soal-soal sumber energi gitu ya

Pemanfaatan sumber energi itu nah eh kita akan ngomongin soal ini lagi sekarang pertanyaan-pertanyaan dasarnya lagi balik lagi ke awal kalau tadi kaji sempet ngomongin soal Ekonomi gitu bahwa ekonomi itu ya Yang yang yang menggerakkan menggerakkan apa kehidupan kita tuh salah satunya ekonomi gitu ya target-target utama dari semua negara

Kemungkinan ya kemajuan ekonomi bisa mensejahterakan rakyatnya gitu nah sayangnya masih banyak banget orang yang melihat bahwa untuk bisa menuju ke tujuan ekonomi gede atau kesejahteraan tuh kita harus mengorbankan lingkungan itu masih banyak banget orang menganggap bahwa ia kita mengeksploitasi bumi ini kan tujuannya juga biar kita untung gitu Nah mungkin

Aku pengen undang juga nih tadi aku bicara-bicara kita ada Cafe ada kaji dan Ibu Nana gitu gimana nih tanggapannya Apakah kita memang seperlu itu untuk mengeksplorasi demi memenuhi kebutuhan ekonomi kita gede apalagi manusia sekarang sama banyak atau sebaiknya kita mencari istilahnya mungkin tadi Kalau yang dibilang Cafe tuh Inexperienced Jobs kita atau

Inexperienced sektor gitu untuk kemajuan ekonomi kita dan apa sebenarnya bisa kita lakukan apa yang sebenarnya bisa memajukan ekonomi sekaligus melindungi bumi mungkin dari siapa dulu Ibu Nana dulu mungkin ya pertanyaan saya terima kasih aktif seringnya by opening a Hai Adit mendengarkan peti misalnya ya kita kita nggak bisa Menutup Mata bahwa Ada

Kesenjangan yang besar sekali berbicara ekonomi kah kita bicara pemanfaatkan teknologi ah kita bicara tentang pemahaman situasi kah greget yang besar sekali sayangnya Kevin besar sekali itu bukan hanya pada tadi itu tapi juga pada dampaknya umpamanya ya kita nggak bisa pungkiri ya salah satu ilustrasi aja Jakarta isinking itu

Bahkan beberapa tahun yang lalu muncul di koran enggak kurang dari New York instances gitu beberapa inci per tahun itu naik ke permukaan air laut masuk ke Jakarta Siapa yang kenal sebetulnya Yahoo amandemen yang tinggal di pesisir kan naik ayam nelayan yang hidupnya senang hati sebetulnya gitu dan dan cuma-cuma

Ngerjain itu profesinya tidak punya pilihan yang lain selama ini itu juga jadi kesenjangan adalah kesenjangan mengakses atau punya opsi sehingga bisa makan ini saya akan yang lain ya nggak bisa naik kapal terbang yawes Apa arti tapi tidak punya opsi itu sebabnya salah satu yang saya pikir perlu diupayakan

Adalah memperkecil hole itu semua sektor tadi pemahaman pemanfaatan teknologi ekonomi gitu ya semuanya senggang enggak terpisah sebetulnya Kenapa karena menurut saya dengan begitu nomor satu mereka percaya belief atau crashlands dengan lebih baik sehingga sains ini yang kemudian mendrive tadi angka-angka yang disebutkan oleh Apa itu darimana datangnya Islam warung saintifik wei oke

Misalnya apa yang tadi bisa seperti Hai terluka Apa itu mungkin kalangan tertentu yang bisa memanfaatkan ngusir sediakan juga mesti make investments juga untuk yang ada di energy Mito Financial lessons segitu jadi enggak ada yang merasa Tertinggal begitu enggak ada yang merasa Tertinggal saya pikir bercita-cita yang lebih jauh bisa kita peroleh

Gimana endemi time kita berusaha juga tadi yang menjaga bumi menjaga segala macam yang menjadi Resort hidup kita itu bisa dilakukan jadi seperti itu juga tentang Inexperienced konsekuensi kita aja konsekuensinya di semua banyak sekali dari konsekuensi itu dirasakan oleh masyarakat banyak di mana sebetulnya pelaksanaannya adalah orang-orang yang sedikit adik jadi kalau game-nya

Diperkecil saya berharap sekali ada beberapa izin bisa dibereskan yang menuju PS mungkin begitu maaf jawabannya panjang sekalipun Hai keren sini menggugah sekali ya jawaban dari Ibu Nana gitu jadi memang karena kita sendiri juga emas menghadapi banyak masalah sehingga mungkin tidak bisa secepat negara-negara lain ya Bu ya Tapi tetap kita harus step-by-step kita

Harus tetap mau melangkah lebih meskipun sedikit-sedikit yang penting kita mau berbenah gitu karena ia itu tadi yang kita pertaruhkan adalah kehidupan kita semua sebagai manusia di Bumi gitu oke mungkin eh lanjutnya aku tadi penasaran soal Inexperienced joox.internet yang sempat di singgung nih sama Cafe mungkin bisa dijelasin kayak

Ini kan berarti soal ini ya prospek kedepan gitu bahwa ada satu jenis pekerjaan yang memang potensial buat di glidiab diaplay sama anak-anak muda di dilaksanakan semua anak-anak muda biar ada keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan gitu Hai silakan kakek halo halo kita bisa bilang bahwa revolusi industri adalah salah satunya menyebabkan sekarang terjadinya

Pemanasan international Kita kan nggak mungkin yah tidak bekerja Kak maka kita bisa memilih jenis pekerjaan apa nih yang kontribusinya paling sedikit terhadap kerusakan alam Itulah sebabnya sekarang ada gelombang yang namanya Inexperienced Jobs naik lagi sejak ada repot dari ILO tahun 2007 itu tidak terlalu naik tapi sekarang setelah ada pandemi kemudian ada yang

Namanya Inexperienced Financial restoration Bagaimana membuat kita semua menjadi lebih punya date tahan terhadap satu penyakit sekarang kemudian nanti kedepannya diharapkan kita bisa punya daya tahan terhadap ketika terjadi dampak perubahan iklim maka opsi Inexperienced Jobs ini bisa jadi salah satu daya ungkit juga untuk membuat ekonomi kita jadi bisa lebih hijau jadi ada

242 konsep itu sebenarnya yang disampaikan oleh sekarang ini paling banyak oleh PBB ya bagaimana membuat kita lebih resilient terhadap anemia dan juga dampak perubahan iklim adalah Grinding within the economic system and creating Jobs ranking jam Seperti apa creating Jobs yang mendukung sektor-sektor penting pembangunan yang sekarang banyak sekali lebih menghasilkan emisi contohnya

Sektor olahan yang basisnya misalnya hutan perkebunan pertanian kemudian juga ada sektor energi tadi ketenagalistrikan transportasi industri kemudian ada juga sektor limbah yang mana sekarang juga sudah ada apa upaya supaya kita lebih ke bergerak ke round ekonomi kemudian ada juga sektor industri yang bagian dari yang membuat sektor-sektor ini menjadi

Bergerak lebih masif dan juga terakhir adalah Hai transportasi dan eh dimana transportasi itu penyumbang salah satu penyumbang yang cukup besar dari emisi di sektor energi jadi lima Issue penting dalam pembangunan ini adalah sebenarnya ladang buat teman-teman kita nih sekarang masih belajar misalnya di sekolah mencari tahu lebih banyak Apa

Sih pekerjaan yang kira-kira di sektor-sektor ini yang ternyata kedepannya adalah eh apa namanya eh eh hai hai Hai peluang ya peluang supaya kita bisa apa satu mendapatkan kehidupan yang lebih baik memungkinkan kita punya penghasilan yang layak dan juga ada kesempatan untuk opsi lebih banyak meningkatkan pengetahuan lebih tinggi atau pendidikan

Lebih tinggi pekerjaan yang layak dan seterusnya seperti apa sih gambarannya Inexperienced Jobs sebenarnya kalau dari yang diteliti oleh kursi Indonesia masih berkisar soal sektor energi terbarukan tapi sebenarnya tadi pagi Kebetulan saya juga ada sesi dengan Kementerian ESDM bahwa kalau kita mau mengembangkan industri energi terbarukan kita perlu juga peranan dari

Teman-teman yang misalnya bergerak di hukum teman-teman yang bergerak di kemudian ketenagakerjaan teman-teman yang bergerak di eh apa eh softskill bahkan karena komunikasi penting di salah satunya dan ada banyak lagi keterampilan atau industri di luar sana yang diluar dari energi terbarukan yang perlu mendukung bagaimana caranya supaya energi terbarukan ini bisa diploid ke

Seluruh Indonesia jadi memang eh ternyata Inexperienced Jobs itu kalau tadinya banyak dibahasnya erat kaitannya dengan energi terbarukan sebenarnya tidak juga karena misalnya jadi arsitek bisa jadi bisa termasuk Inexperienced Jobs gak bisa karena ternyata sekarang banyak kali Trump yang bergerak ke arah beling bilding misalnya kemudian ada lagi yang nanya kak kalau misalnya

Eh apa ya kita ini jadi youtuber itu termasuk Inexperienced Jobs gak Oh bisa aja ketika misalnya porsi dari apapun yang kita lakukan itu sebenarnya berupaya untuk kita pastikan ya berupaya untuk salah satunya Hai Aapa menjaga alam misalnya kontennya kah atau bagian dari apa yang dihasilkan itu diperebutkan kembali ke masyarakat

Misalnya seperti itu jadi indikatornya cuma dua sebenarnya Inexperienced Jobs itu satu dia harus memenuhi kehidupan kita secara layak atau Sejahtera ya dalam arti kata kemudian satu lagi adalah bagaimana kita memastikan bahwa pekerjaan kita itu tidak memberikan dampak lingkungan yang yang buruk gitu kepada sekitar kita jadi hanya itu sebenarnya indikator jadi nik

Insoft job bisa termasuk ke dalam jobs-id.com kerjaan pekerjaan yang di sektor-sektor penting bangunan tadi tapi juga semua sektor pada dasarnya bisa bergerak Hai Kak Issue gereja kira-kira seperti itu Kak gampangnya Oke berarti aku nih termasuk ini dong ya orang yang udah masuk ke karena Inexperienced Jobs gede kan

Battle in konten gitu soal lingkungan soal ijo-ijo gitu bisa-bisa mungkin juga teman-teman disini bisa mulai Nia dipikirin inisal kayak proyeksi kedepannya punya cita-cita apa dipikiran juga kira-kira Apakah ini udah Sesuai dengan prinsip Inexperienced tadi gitu Nah mungkin kalau misal teman-teman pengen ikut berkontribusi dia dari sekarang dipikirin nih Halo aku trelby

Saya dikaitkan sama sustainability nya lingkungan gitu Hai dedek Oke mungkin ini sebenernya diskusinya bakal seru banget kalau kita lanjutin tapi sayang sekali kita punya batas waktu jadi Enggak kerasa juga kita udah di akhir sesi diskusi dan sekali lagi terima kasih banyak buat para pembicara tapi mungkin Sebelum kita akhiri gitu ya kita lihat

Di kolom komentar kilogramme banget nih komen-komen dari teman-teman sebelum kita akhir mungkin juga bisa kasih closing assertion nih ke temen-temen yang nonton antero hari ini mungkin dimulai dari Haji dulu deh hai oke aeq-100 Maaf menarik banget tadi udah pengen menambahkan Iya aku tahu tentang di dunia perikanan jadi itu menarik sekali Gimana kalau

Sekarang itu memang sudah jualan nih ikan yang lebih fenomenal itu harga bisa lebih mahal gitu jadi dan itu di Jadi kalau di Eropa atau mungkin dirinya yang jeruk ST terutama yang saya tahu kalau mereka kalau tunaikita ditangkap dengan ada laporan yang jelas lokasi penangkapan dimana apalagi di Indonesia itu sebenarnya

Penangkapan ikan tunanya menarik sebenarnya menggunakan alat pancing satu-satu gitu jadi jadi Biasanya jadi yang itu menjadi Nilai plus gimana kalau kita pernah nonton movie netflix dokumenter yang sisir situ Itu kan salah satu faktor motornya industri perikanan karena baik X atau ikan-ikan yang ditangkap di luar yang sangat saya ditangkap merupakan

Lumba-lumba dan kura-kura dan neneknya Nah itu kan karena menggunakan jaring itu kan karena apa kabar di luar yang yang besar bisa menggunakan jaring sedang kalau Indonesia kita justru menggunakan alat pancing satu-satu gitu jadi sangat bisa dihindari penangkapan yang bukan ikan tuna misalnya itu maka mendapat nilai plus sehingga kalau kita

Dapat sertifikasi lain-lain di Indonesia jadi bisa krim tester insentifikasi gitu untuk ya saya jadi harus hati-hati nangkepnya saya harus dengan melaporkan penangkapannya dengan jujur juga menghemat bensin sebisa mungkin gitu kan sehingga nilai ke situ bisa menghasilkan uang yang lebih tinggi lagi Menurut saya itu sesuatu yang sangat baik yang sangat

Optimis juga dari dari segi ya kayak dari segi kirim Motion ini karena memang banyak cukup banyak dari kita gitu yang have been tentang masalah lingkungan sangat kebersihan dan pergi terbarukan dan sebagai macamnya tapi sebenarnya proporsi itu sangat sedikit ketimbang orang mungkin kita kita yang melihat bahwa yang penting murah yang

Penting ekonomis gitu kan karena itu ya memang realisme kalian bisa Jadi kalau ketika kita bisa membuat sesuatu apa ya keputusan untuk mengambil gerakan menggunakan photo voltaic panel sebagai macam yaitu sebagai sesuatu yang ekonomis atau sesuatu yang biasa gitu mungkin akan lebih lebih cepat lagi transformasinya dan saya lihat sih mulai mengarah ke arah

Sana gitu jadi sehingga gimana nih kita tuh udah enggak pakai photo voltaic panel rumah kita bukan sekedar karena kita mau keren bersih kayak gitu tapi ya karena memang itu yang murah itu Hai bagus gitu dan kayak yang lain justru jelek dan mahal misalnya gitu jadi kayak sesuatu pilihan yang yang yang regular aja gitu

Depannya bisa saya juga ingin mengajak teman-teman antero disini juga untuk kita supaya kita bisa have been tentang clements tapi selain itu kayaknya pasti deh temen-temen yang nonton ini pasti teman-teman yang sangat banget tadi kita dengan science pasti penonton kau bisa semuanya The place the emergency udah bagus gitu tapi selain itu juga kita

Ingin Gimana caranya kita bisa jadi Tetap optimis juga tentang Hai sedang plak penyelesaian masalah premium sini yang saya nonton documentary rentang lensa oleh sedikit Endro terus juga hari ini ketemu dengan Cafe ketemu dengan fragmen eh merasa Oh kalau skilled seperti David Endro seperti ini apa optimis gitu ya ah

Hai bumi save siapa saya untuk tidak optimis itu jadi menurut saya sih saya harus optimis Oke Tetap optimis bahwa kita bisa melakukan perubahan ya menjadi yang lebih baik oke terima kasih kaji buat closing assertion nya Lanjut nih ke cafe silakan Cafe closing assertion jadi menuju ke inexperienced Jobs itu ada banyak

Banget caranya tidak harus tidak harus memilih bekerja di perusahaan yang besar kita mungkin jauh dari sana dan lele tidak tapi Minangkabau yang juga teman kita yang sudah mulai dari diri sendiri dan hidup efisien dan juga mengembangkan bisnis yang bergerak di sektor Inexperienced Jobs dari hal-hal yang dia lihat sehari-hari di sekitar dia

Jadi mungkin buat teman-teman antero tidak ada yang Not possible buat kita untuk menjadi bagian dari perubahan karena kita harus have been bahwa setiap individu itu bisa menjadi Agent of Change untuk perubahan sistem hai ketika kita mulai dari diri sendiri mungkin itu yang bisa aku sampaikan dan yang paling penting adalah menurutku

Pembelajaran sampai saat ini yang terpenting dari Kesuksesan kita kedepan untuk bisa menjadi bagian dari perubahan adalah berkolaborasi Karena tanpa kolaborasi kita nggak bisa membuat yang Not possible jadi pasti B salah satunya nanti kalau misalnya teman-teman mau tahu informasi terkait eh apa saja yang bisa kita lakukan itu bisa buka di

Tim afford impression.com tim up for Affect hai kira-kira oke pergi itu KPI impression.com eh doa ya oke thanks cafe jadi bener sih meskipun kita gerak sendiri-sendiri tapi kalau kita lakuin ya rame-rame gitu ya Meskipun kita gerakan punya gerakan kecil-kecil gitu Tapi kalau kita semua mau berat gitu itu akan ngasih dampak

Yang gede temen-temen dan care aku ngetik dari kata AKP tadi ya kita sewaktu bisa jadi agen of Change gitu jadi nggak perlu kaya minder Oh aku cuman ini cuman apa namanya petani gitu misal atau kayak aku cuman hobi rebahan gitu Tapi ketika kita hobi rebahan Adi disandingkan dengan pola hidup yang

Apa ya pro-lingkungan gitu Itu ya itu udah 11 hal yang baik teman-teman jadi nggak usah minder gitu apapun yang kita lakukan gitu sekecil apapun kita harus berusaha untuk memaafkan memiliki pola hidup yang hai pro-lingkungan gitu oke mungkin untuk menutup ada sepatah dua patah kata dari Ibu Nana silakan ibu

Hai semuanya Terima kasih banyak pengetahuan Saya belajar banyak sekali siang ini dari semuanya nggak ada yang partikel buat saya yang mungkin mohon teman-teman udah denger semua gitu pertama tadi nggak harus ngerjain besar-besar gitu ya Mulai dari diri sendiri itu adalah penting gitu nyetok frequent komunitas situs adalah tersusun atas individu-individu kan kayak kita-kita

Jadi siapa yang menggerakkan komunitas Ya individu-individu ini dimungkin yang tiang barangkali kita bisa lakukan adalah mengenkripsi hal baik yang yang ke arah sana tadi ya jadi kita enggak enggak enggak cuma comply with Instagramnya selebritis yang gonta-ganti baju kota ganti pacar apa-apa tapi yang yang urusan seperti ini gitu ya jadi jadi apa

Selebriti yang yang yang does the brand new Celeb itu adalah mereka yang doing good works begitu mm ketika Goodnight recordsdata itu adalah yang saya percaya gitu itu Pak tadi datang dari individu Apa kabar datang dari komunitas Apakah dia datang dari company dari authorities semua itu kan tersusun atas Bagaimana baiknya individu memahami dan

Menjalankan hal baik hati sedikit highly effective sekali satu lagi yang perang kali kau ya kalau buat saya tuh dalam sekali gitu dampaknya yaitu ini pepatahnya katanya pepatahnya orang-orang Indian di Amerika yaitu bahwa kita itu tidak mewarisi bumi dari nenek moyang kita kita itu meminjamnya dari anak cucu kita namanya barang pinjaman kembali dalam

Keadaan sebaik-baik mungkin itu aja terima kasih banyak sekali buat kesempatan belajar hari ini pepatah terakhir tadi itu menohok Ya sebenernya kita bukan mewarisi tetapi meminjam dari anak cucu kita jadi kita harus memberikan sebagus mungkin buat anak cucu kita ya Bu ya oke mungkin untuk menutup diskusi kita kali ini aku

Juga akan menyimpulkan nih hasil diskusi kita tadi udah keren-keren banget ya Nonton ya mungkin kalau bisa kusimpulkan jadi eksplorasi luar angkasa itu memang saat ini sedang gencar dilakukan gitu ya kita juga di bumi sedang mengalami satu krisis iklim kita sedang mengalami krisis lingkungan gitu dan kita tahu bahwa bumi kita sedang tidak baik-baik

Saja gitu tapi hasil riset itu ternyata menunjukkan bahwa tidak ada sama sekali planet di luar sana atau kayak exoplanet ataupun bahkan bulan di luar sana yang punya kemiripan identik ini mirip sedikit aja tuh mungkin ada tapi yang identik banget sama bumi itu enggak ada temen-temen jadi ketika kita udah nyaman dengan bumi dan

Yang kita tahu bahwa bumi kita ini satu-satunya tempat kita tinggal gitu kita tidak akan pernah bisa Indah atau kayak mengungsi gitu ya ke tempat lain gitu di luar angkasa sana gitu Jadi satu-satunya yang bisa kita lakukan saat ini tentu saja berkolaborasi dengan bisa kita lakukan saat ini Tentu aja ya

Bergerak kita ya biar bumi kita nya tetap sehat dan kita tetap bisa mengembalikan ke anak cucu kita nanti dengan kondisi yang sebaik-baiknya gitu oke mungkin am diskusi kita udah selesai dan aku pengen minta temen-temen Disini yang nonton ya Eh untuk mengisi nih mengisi suggestions worm yang udah disiapkan oleh teman-teman panitia

Hai aja di silakan teman-teman kasih penilaian sejujur-jujurnya ke acara ini ke aku sebagai moderator ketiga pembicara keren kita hari ini gitu ya Dan itu akan melayani kita buat mengembangkan antero yang lebih baik lagi kedepannya penonton dan jangan lupa juga kayak aku bilang di awal tadi kita sedang ada problem gitu Jadi kalau

Temen-temen tadi udah ngikutin diskusinya dari awal sampai akhir silakan dirangkum dibikin satu postingan infografik ataupun microblock di Instagram yang nantinya teman-teman add di Instagram masing-masing untuk Detailnya nanti akan diupload di informasinya akan diupload di instagram-nya Kok bisa jadi tungguin aja setelah ini teman-teman Oke sekali lagi terima kasih banyak buat teman-teman

Yang udah nonton dari awal sampai akhir Terima kasih juga ketiga pembicara kita hari ini yang keren-keren banget ya ada Ibu Nana ada kafe dan Kaji Semoga isu tentang kelestarian bumi ini dan diskusi kita hari ini yaitu bisa membawa dampak yang besar setidaknya ke kita sendiri dan jangan lupa untuk menyebarkan pesan

Kebaikan ini Biar semakin orang semakin banyak orang lagi yang the place dengan isu lingkungan dan semakin sadar bahwa bumi kita sedang tidak baik-baik saja Oke aku pakai pamit dan sampai jumpa di antero selanjutnya

29 thoughts on “Antero Science Dialogue: Discovering The Subsequent Earth”

  1. Waduh Negara kita udah kehilangan Banyak pelanet pelanet luar Angkasa😮kalau kaya gini.. 🤔🤔🤔🤔

    Aduhh diriqu udah banyak kehilangan Benda-benda langit luar Alam semesta.. 😭😭😭😭😭😭😭😭😭

    Reply
  2. Aduh kok masih berada di pelanet bumi🌎 yang sudah tidak lanyak dihuni… Benar benar Indonesia sekarang udah ketinggalan jaman..

    Setauku Rayat rakyat Indonesia🇮🇩
    Udah sampai ke luar Alam Semesta👍 / . Luar Angkasa..

    Kenapa sekarang masih… Bumi🌎 yang tidak lanyak huni.. Aku jadi heran banget.. 🤔🤔🤔🤔🤔🤔

    Reply
  3. Terimakasih penjelasannya channel "Ko Bisa?". Kagum banget sama usaha manusia untuk menjelajahi alam semesta. Semoga channel edukasi semakin banyak yaa. Rekomendasiku "Kacamata Lab", "SolarBalls Indonesia", "Inspiratips"

    Reply
  4. Bukan mencari tempat barunya bro yg susah, buat kendaraan nya itu gimana? Berapa bahan bakar yg harus dibuat semisal nuklir dan sejenisnya yg ngejamin kendaraan yg kita tumpangi tidak kehabisan bahan bakar saat dalam perjalanan

    Reply
  5. Sesungguhnya satu satunya tempat kita dibangkitkan setelah mati adalah dibumi, kalo orang bisa tinggal di mars, berarti bisa mati di mars, dibangkitkan di?….

    Next earth is hoax

    Reply
  6. Manusia layak nya makluk hidup endemik , yg tdk bisa hidup selain di tempat nya , apabila manusia bisa keluar dari zona endemik tersebut maka akan butuh evolusi yg cukup berkepanjangan butuh pengorbanan bagi umat manusia utk berevolusi di tempat yg bukan semestinya mreka hidup!!!

    Reply
  7. Bahkan kalau udh ketemu planet layak huni masih ada problem jarak sama bumi, yah harus bertahap sih minimal sumber daya tatasurya udh bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik beserta system bintang tetangga. Mungkin agak oot komen saya kalau umat manusia udh dalam skala 2 atau 3 Kardashev scale bisa dibilang tantangan sesungguhnya sih sumberdaya (menurut saya), climate change dan next earth di era itu udh jadi dongeng yah era segitu yang mana planet gk layak huni mungkin bisa di diterraforming bahkan matahari jadi bahan energi (Dyson sphere). Dan mungkin banyak hal absurd di era sekarang jadi hal biasa diera itu (umur panjang misal 200 thn++).

    Reply

Leave a Comment