Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju?

robertino



Zaman sekarang, kebutuhan dasar itu bukan cuma sandang, pangan, papan, tapi juga: pendidikan! Tapi melihat berbagai …

Zaman sekarang, kebutuhan dasar itu bukan cuma sandang, pangan,… …papan, tapi juga: PENDIDIKAN ! Meski begitu, pendidikan di Indonesia bisa dibilang masih memprihatinkan. Indeks Pembangunan Manusia kita melorot di urutan bawah… …dan rating pelajar kita ada di barisan depan tapi dari belakang. Itu tentu aja, menyedihkan. Padahal, uang buat majuin pendidikan sampai 444 triliun rupiah…

…alias 20% dari anggaran negara! Tapi, kenapa pendidikan di Indonesia, belum maju juga? Kalau diibaratin, cari jawaban masalah ini mirip kayak mengurai benang kusut… …berisi seribu masalah — ribet banget! Tapi, salah satu akar masalahnya bisa jadi adalah: sistem pendidikan massal! Karena sistem ini bikin standar yang sama buat semua murid,…

…mendewakan nilai, mematikan nalar berpikir kritis,… …menyeragamkan kemampuan, dan di saat yang sama,… …menghilangkan jati diri dan keunikan setiap muridnya. Padahal, sistem pendidikan yang dibangun sama Bapak Pendidikan,… …jauh beda dengan sistem saat ini. Di sisi lain, masalah pendidikan ada di kualitasnya, bukan kuantitasnya. Faktanya, baik jumlah sekolah maupun anak yang bersekolah itu…

…meningkat dari tahun ke tahun. Namun itu enggak bikin pendidikan jadi oke, karena buktinya… …masih ada banyak sekolah yang belum sesuai standar… …dan kemampuan guru yang masih jauh dari harapan. Lantas, apakah kita membiarkan masalah ini begitu aja? Tentu saja, tidak! Pendidikan harus kita perjuangkan. Karena pendidikan adalah kunci kemajuan di masa depan!

Karena hanya dan hanya lewat pendidikan,… …kita bisa bantu petani ngerawat padi, bantu peternak menggembala sapi,… …mudahin dokter nemuin penyakit dan cari obatnya,… …ngeluncurin satelit canggih ke luar angkasa,… …ngerancang robotic yang bantu manusia, bikin akses web cepat buat semua,… …sampai menciptakan perdamaian dunia. Tapi untuk meraih semua itu kita harus berakit-rakit dahulu.

Semua dimulai dengan nganggep bahwa PENDIDIKAN itu…. …. HAK SEGALA BANGSA Makanya Kita Harus Bangun SEKOLAH keren di Desa – Desa Ngelatih Kemampuan GURU Setinggi Langit Sediain Makanan Berprotein Buat Perbaiki Gizi Anak INDONESIA Dan Ngerombak Ulang KURIKULUM PENDIDIKAN. Supaya Semua Anak Berkembang Sesuai Minat dan bakatnya masing – masing.

Terakhir Pendidikan INDONESIA AKAN MAJU Jika Kita Pelajar INDONESIA Memperbaiki Diri Kita Sendiri Walaupun Dapat Nilai Jelek Itu Seperti Diterpa Badai Mulai Sekarang Kita Musti Menghargai Proses Belajar Dan Buang Jauh – Jauh Cara CURANG Untuk Dapat……… Nilai yang Tinggi Pada Akhirnya Yang Benar – Benar Kita Butuhkan bukanlah Nilai Tetapi, Rasa Ingin Tahu

Kemauan Belajar Keberanian Untuk Bertanya Rasa tak cepat untuk berpuas diri Dan juga rendah hati dalam mengakui bahwa Semakin banyak kita tahu kita semakin mengerti bahwa kita tidak tahu apa – apa Dari sanalah kita terus mencari Terus belajar tentang diri kita Dan juga alam semesta

Kalo diurutkan Masalah yang harus dibenahi memang panjang dan berliku Tapi itu semua harus diperjuangkan agar anak Bangsa dari SABANG sampai MERAUKE Bisa cerdas dan berguna bagi manusia disekitarnya Dan itu didapat lewat senjata paling ampuh bernama PENDIDIKAN ! Seperti yang Bapak Bangsa Ini Bilang “Tujuan pendidikan adalah untuk mempertajam kecerdasan

Memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan” Dan seperti biasa Terimakasih 🙂 SUBTITLE BY DWIKY HARDIANSAH IG : dwikyhardi_

25 thoughts on “Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju?”

  1. Siapa yang udah nonton videonyaaa? Nah, sekarang mimin mau nanya nih kalau di mata kamu, apa sih yang udah bagus dan apa yang harus diperbaiki dari pendidikan di Indonesia? Ada yang mau dicurhatin ga soal sekolah/kuliahnya? Yang udah lulus, mungkin juga bisa curhat sekolah/kuliahnya jaman dulu. Yuk reply komen di bawah!

    Reply
  2. Saya optimis jika Prof. Yohanes Surya yang menjadi menteri pendidikan Indonesia maka pendidikan di negara kita bisa maju, terbukti pelajar yg dibimbingnya banyak yg berhasil meraih medali emas tingkat internasional.

    Reply
  3. Duit banyak dikucurkan ke pendidikan juga percuma kalo endingnya yang makan bukan peserta didik, tapi oknum-oknum tak bertanggung jawab. Inspeksi BOS bayar, ambil uang BOS bayar, laporan BOS bayar, bikin rencana anggaran bayar, aplikasi zonasi bayar, pemberkasan bayar, semua-semua disuruh bayar. Duit belum nyampe ke peserta didik udah abis duluan. F*CK!

    Reply
  4. Pantasan Indonesia kesihatannya payah jalannya payah perang kalah kerana tolol mendunia pendidikan itu penting mau maju majuin dulu pendidikan nya..salam iq130 paling rendah di dunia kayak iq kingkong

    Reply
  5. Ya, kualitas guru indonesia lah yang memprihatinkan karena sebagian dari mereka terlalu cuek dengan murid muridnya, seperti jarang masuk, sekalinya masuk langsung ulangan padahal belum ada dijelaskan materi-materinya

    Reply
  6. Pendidikan Indonesia tidak maju karena wakil rakyat tidak inginkan kesejahteraan guru kurang terpenuhi Lebel guru gaji kecil indentitas era orde lama dan era reformasi tak sesuai tuntutan kurikulum kurikulum berbasis teknologi informasi perangkat tak mampu lagi di beli semua mahal sedang gaji guru honorer kecil.

    Reply
  7. Menurutku, hal yang lebih berpengaruh dari infrastruktur itu guru sih min. Guru Indonesia kurang berkualitas karena gajinya pun sangat kecil .Recomended banget nih channel Ko Bisa, kontennya asik dan mendidik. Semangat dan sukses terus ya min!! Buat yang suka belajar dari channel bisa juga kepoin "Sisi Terang" dan "Inspiratips"😊😊

    Reply
  8. MAKANYA JANGAN SOK JAGO BISANYA TAWURAN DAN JOTOS ORANG, SEKOLAH KALO NGAK MALAKIN ANAK ORANG JOTOS TINJU TAWURAN. APA KATA DUNIA!!! DARI BABE MAMAD DODOWER AMPE SATPAM SAME AJE DASAR BUMPER BAJAJ BAJURI

    Reply
  9. INDONESIA SUSAH MAJU KERANA:

    1. SUKA MENGADU DOMBA

    2. TIDAK SUKA NEGARA TETANGGA MAJU… SEPATUTNYA MAJU BERSAMA-SAMA.

    3. TERLALU FANATIK DENGAN ISTILAH CLAIM BUDAYA SEDANGKAN NEGARA TETANGGA WUJUD DARI MASYARAKAT SUKU BUDAYA YANG SAMA.

    4. TIDAK MAHU BEKERJA KERAS. BILA SUDAH BEKERJA KERAS, SUKA MENGHINA ORANG YANG TIDAK BEKERJA KERAS.. ZAMAN SEKARANG ORANG KERJA BERSAMA TEKNOLOGI… BUKAN SOK GAGAH BANCUH SIMEN ATAU ANGKAT BATA

    5 . MERASA DIRI LEBIH HEBAT KERANA NEGARA BESAR… TAPI SEBENARNYA NEGARA INDONESIA KECIL AJA.

    6. KORUPSI

    7. GAK RAPI DAN SUKA MELANGGAR HUKUM JALAN RAYA..

    8. KURANG MENJAGA KEBERSIHAN

    9. SUKA BERGADUH , BERKELAHI DAN SUKA RIOT.

    10. SUKA MELAKUKAN KRIMINAL DAN KESALAHAN.

    11. WARGA INDONESIA MASIH KURANG PENDIDIKAN .

    JANGAN KECEWA .. JADIKAN INI SEMANGAT UNTUK MEMBINA DIRI DAN NEGARA YA

    Reply
  10. Ketika saya berbicara masalah sistem pendidikan malah di bilang "ya udah anakmu ga usah sekolah didik aja sendiri" kira² seperti ini jawaban guru sekolah yang katanya negri favorit,

    Reply
  11. Jadi setiap 1 bulan dijemput dengan bis Sekolah bersama. Jacarta Utara, Jacarta Timur
    , Jacarta Barat, Jacarta Selatan
    Menuju Jacarta Pusat. Satu Tujan7 Pancoran.
    S1 Agama, S2 Budidaya S3 Miniatur, S4 Trasportasi, S5 Bumi. 🤫😁

    Reply
  12. Karena indonesia pendidikan jarang menulis sekolah sering telat untuk siswanya bolos itu pr bagi para guru.jam 9 baru masuk pr siswa laki-laki jarang baca buku keperpustakaan biaya sekolah mahal siswa berprestasi harusnya dapat beasiswa siswa murid tidak punya supaya terus sekolah.

    Reply
  13. Menurut gw faktor utama nya ada di guru sih… Soalnya ciri khas pendidikan di indo tuh lebih mendewakan nilai dibanding kejujuran , seperti halnya ngerjain soal aja… yg lebih di apresiasi malah yg nilainya tinggi tanpa di telusuri dia jujur apa engga , jadinya hal seperti itu yang memicu cara berfikir siswa utk mendapatkan nilai bagus dgn cara yg ga baik… Sebaiknya mindset dan cara berpikirnya hrs diubah dan tidak terlalu menekan siswa utk pintar dalam segala hal mata pelajaran , karena setiap anak punya bakat dan kepintaran di bidangnya masing-masing…

    Reply
  14. Pembahasan ini terkadang membuat saya agak buntu ya. Di satu sisi, kita harus mengurangi beban pelajaran pada murid, tapi di sisi lain kita harus memberikan mereka sesuatu yang berguna buat masa depan.
    Jika kita ingin memfokuskan pelajaran tertentu untuk materi tertentu, pada akhirnya nasib tidak mengkehendaki demikian. Misal, ada seorang anak yang ingin menjadi seniman dan kemudian sekolah dan masyarakatnya mendukungnya demikian, dan akhirnya dia berbakat menjadi seniman. Namun katakanlah sebuah masalah seperti banyaknya seniman sehingga satu anak ini tidak dapat membiayai hidupnya karena kalahnya persaingan yang ketat. Apa yang kita tawarkan solusinya pada anak itu?

    Reply
  15. harus diganti, ditambahkan, diubah, dan menghapuskan PPKN dari kurikulum sehingga menjadi:
    1. Sains{Biologi, Kimia, Fisika}
    2. Bahasa inggris
    3. pendidikan agama
    4. pendidikan seks{berhubungan dengan sains}
    5. Matematika

    Reply
  16. Jika ingin baik atau setidaknya ada perubahan positif terhadap pendidikan kita sebetulnya bukan persoalan kurikulum, melainkan adalah apakah kita memahami dengan baik filosofi Pancasila? Ketika berbicara mengenai sila ke 5 misalnya, apakah betul2 dunia pendidikan kita telah berkeadilan? Apakah guru sebagai ujung tombak pendidikan di tingkat dasar-menengah di berbagai daerah telah merasakan keadilan seutuhnyat? apakah siswa di seluruh Indonesia sebagai user dari pendidikan juga telah merasakan keadilan seutuhnya? Selanjutnya ketika berbicara mengenai konstitusi sebagai penjaga moral perilaku bangsa, apakah UUD 1945 Pasal 31, ayat 3 telah dipahami dan dijiwai oleh kita semua? kemudian turunannya yaitu Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 pasal 3, apakah ini juga sudah dijiwai oleh seluruh stake holder pendidikan? Jika hal tersebut telah dijiwai dan terpatri didalam jiwa kita semua, maka InsyaAllah problematika pendidikan kita akan teratasi dan pendidikan kita bisa maju karena di negara lain tidak punya Pancasila dan Undang-Undang yang kami sampaikan tersebut. Semoga bisa menjadi bahan renungan. Terima kasih

    Reply

Leave a Comment