Mana Duluan Ada: Hutan atau Hujan?

robertino



Hutan dan hujan~~~ Kita tau kalau tumbuhan bisa berkembang karena disiram air yang turun dari langit, tapi di sisi lain, hujan …

Hutan dan hujan Kita tau kalau tumbuhan bisa berkembang karena disiram air yang turun dari langit tapi di sisi lain hujan pun bisa ada karena titik-titik uap air yang salah satunya datang dari pohon-pohon di hutan Nah, kalau gitu, maka pertanyaannya, mana yang duluan ada? Hutan… atau hujan?

Oke, untuk tau jawabannya, kita mesti tarik mundur ke masa lalu ketika bumi kita masih jadi bola bola merah membara yang luar biasa panasnya. Waktu itu, samudera lava di permukaan bayi bumi kita pelan-pelan mendingin mengeluarkan uap air, yang lalu menggumpal di atmosfer dan kemudian berjatuhan dalam bentuk titik-titik air bahkan sampai ratusan tahun lamanya.

Inilah proses yang juga menjadi awal mula bagi kehidupan Jadi pendeknya, jawabannya adalah… hujan! Kalau gitu caranya, apakah hutan engga ngaruh buat adanya hujan? Tentu aja, ada pengaruhnya! Karena fakta mengejutkannya, hutan ngehasilin uap air yang lebih banyak dibanding lautan dalam luas yang sama.

Ini karena hutan punya luas permukaan yang bisa jauh lebih banyak dari rumah para ikan. Ya, merekalah yang nyedot air dan karbon dioksida, ngolahnya jadi energi pake sinar matahari, daaan di saat bersamaan ngelepasin oksigen dan uap air yang menggumpal jadi awan-awan lucu di angkasa. Makanya, di mana ada hutan, di sanalah akan turun hujan.

Daan bisa dibilang, semua benda di alam itu kayak rantai yang saling berkaitan — termasuk hutan dan hujan. Jika kita ngeganggu rantai itu, bencanalah yang harus siap kita hadapi. Tapi itu berlaku sebaliknya. Satu benih kecil pohon bisa ngasih nafas untuk banyak makhluk hidup di bumi, menyelamatkan kita dari racun yang kita buat sendiri.

Dan itu baru satu Bayangin kalau ada jutaan pohon yang kita tanam hari ini mereka akan tumbuh menjadi hutan, dan menjaga kehidupan di planet biru satu-satunya yang bisa kita tinggali. Jadi, kalau diibaratin, hutan udah kayak pompa air raksasa yang membawa datangnya hujan. Makanya sekarang kita tau

Ketika udara terasa makin gerah, tanah makin kering, dan air buat mandi makin susah didapet menanam pohon adalah solusi terbaik untuk masa depan Dan seperti biasa, terima kasih.

33 thoughts on “Mana Duluan Ada: Hutan atau Hujan?”

  1. Begitu lihat video nya, gak pake lama gw tontonin sampe abis. Paling suka sama channel yang 1 Nah ini. Di antara channel Nah ini : Sisi Terang, Inspiratips, Kok Bisa, gw jujur paling suka sama channel Ko Bisa, panjang tapi berisi semua 👍👍
    Semangat bang!!

    Reply
  2. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.(Q.S Al Hajj ayat 5)

    Reply

Leave a Comment